Analisis faktor yang menentukan consumer purchase decision pada ayam goreng Nelongso Jalan Surabaya Kota Malang / Didik Cahyono

Cahyono, Didik (2019) Analisis faktor yang menentukan consumer purchase decision pada ayam goreng Nelongso Jalan Surabaya Kota Malang / Didik Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyono, D. 2019. Analisis Faktor yang Menentukan Consumer Purchase Decision pada Ayam Goreng Nelongso Jalan Surabaya, Kota Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Djoko Dwi Kusumajanto, M. Si. Kata Kunci: Analisis Faktor, Consumer Purchase Decision, Bauran Pemasaran, Perilaku Konsumen Industri kuliner di Kota Malang memiliki kondisi persaingan yang cukup kompetitif. Namun demikian, masih terdapat peluang yang bagus bagi pelaku usaha untuk tumbuh dan berkembang. Salah satu pelaku usaha kuliner di Kota Malang yang mampu memanfaatkan peluang tersebut adalah Ayam Goreng Nelongso. Keberhasilan yang diperoleh adalah karena kemampuan Ayam Goreng Nelongso dalam mencapai penjualan yang ditargetkan. Hal tersebut berarti terdapat kemampuan Ayam Goreng Nelongso dalam mendorong konsumen untuk melakukan pembelian (consumer purchase decision). Karena itulah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berperan dalam menentukan consumer purchase decision pada Ayam Goreng Nelongso Jalan Surabaya, Kota Malang. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor konfirmatori (confirmatory factor analysis/CFA). Faktor-faktor yang diuji antara lain produk, harga, lokasi, promosi, budaya, sosial, kepribadian, dan psikologis. Lokasi penelitian adalah di Outlet Cabang Ayam Goreng Nelongso yang beralamat di Jalan Surabaya No. 16, Kota Malang, Jawa Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedelapan faktor yang diuji terbukti berperan dalam menentukan consumer purchase decision pada Ayam Goreng Nelongso Jalan Surabaya, Kota Malang. Faktor produk memiliki initial eigenevalues sebesar 2,626, faktor harga memiliki initial eigenevalues sebesar 2,171, faktor lokasi memiliki initial eigenevalues sebesar 2,363, faktor promosi memiliki initial eigenevalues sebesar 3,153, faktor budaya memiliki initial eigenevalues sebesar 1,809, faktor sosial memiliki initial eigenevalues sebesar 2,101, faktor kepribadian memiliki initial eigenevalues sebesar 1,792, dan faktor psikologis memiliki initial eigenevalues sebesar 2,199. Faktor promosi menjadi faktor dominan yang menentukan consumer purchase decision karena memiliki initial eigenvalues terbesar diantara faktor-faktor lainnya. Pemilik Ayam Goreng Nelongso Jalan Surabaya, Kota Malang sebaiknya mempelajari secara lebih dalam tentang sejauh mana faktor-faktor tersebut mampu mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengobservasi secara langsung kepada konsumen melalui kuesioner ataupun wawancara singkat. Pemahaman tentang kemampuan masing-masing faktor dalam menentukan consumer purchase decision akan membantu perusahaan dalam menetapkan bauran pemasaran. Selanjutnya, Ayam Goreng Nelongso Jalan Surabaya, Kota Malang juga perlu meningkatkan kegiatan promosi dengan menambahkan jenis media sosial yang digunakan. Adapun media sosial yang memungkinkan untuk ditambahkan adalah Twitter, Line dan Facebook.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97132

Actions (login required)

View Item View Item