Analisis perencanaan karir karyawan di PT. Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Pesantren Baru Kediri / Rivera Mailia Endhar

Endhar, Rivera Mailia (2019) Analisis perencanaan karir karyawan di PT. Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Pesantren Baru Kediri / Rivera Mailia Endhar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Endhar, Rivera Mailia. 2019. Analisis Perencanaan Karir Karyawan di PT. Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Pesantren Baru Kediri. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Elfia Nora, S. E., M.Si. Kata Kunci: Perencanaan Karir Karyawan Sumber daya manusia merupakan salah satu sumber daya yang dibutuhkan dalam perusahaan dan sebuah perusahaan dikatakan dapat beroperasi dengan baik jika memiliki sumber daya yang dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuannya. Para karyawan akan menunjukan kinerja yang baik, jika karyawan merasa perusahaan mengakui keberadaannya dan menjamin karirnya selama mereka bekerja dalam perusahaan. Perusahaan dapat membantu karyawan untuk meraih karirnya dengan cara melaksanakan perencanaan karir, karena dengan adanya perencanaan karir dapat membuat karyawan memiliki kesempatan untuk membentuk perencanaan karirnya dengan menyesuaikan kemampuan, keahlian, dan keinginannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana mekanisme perencanaan karir karyawan di Pabrik Gula Pesantren Baru Kediri, (2) untuk mengetahui manfaat perencanaan karir karyawan di Pabrik Gula Pesantren Baru Kediri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang didapatkan dengan melakukan wawancara kepada manager sumber daya manusia, asisten manajer sumber daya manusia, asisten muda sumber daya manusia dan asisten manajer areal dan budidaya. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh simpulan mengenai perencanaan karir karyawan di Pabrik Gula Pesantren Baru, bahwa mekanisme perencanaan karir yang ada di perusahaan menggunakan analisis peran kompetensi untuk memenuhi analisis kebutuhan karir individu. Setelah itu, penilaian kinerja individu menjadi dasar penentu perencanaan karir karyawan. Perusahaan juga memberikan dukungan untuk perencanaan karir karyawan dengan cara melakukan pengarahan dan motivasi yang dilakukan oleh atasan untuk bawahannya, serta menyediakan informasi bagi karyawan mengenai syarat dan ketentuan untuk dapat memiliki jenjang karir yang baik di perusahaan. Perencanaan karir karyawan juga memberikan manfaat yang baik bagi karyawan, antara lain dapat membantu karyawan internal yang memiliki kompetensi dan keahlian untuk dapat dipromosikan, dapat mendorong karyawan untuk menunjukan kompetensi dan keahlian yang dimiliki dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya, serta perencanaan karir juga dapat memberikan rasa kepuasan kerja pada karyawan. Saran bagi perusahaan untuk perencanaan karir karyawan diharapkan perusahaan dapat memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mendiskusikan perencanaan karir mereka, sedangkan bagi karyawan dapat terus mempertahankan usahanya untuk menunjukkan kompetensi dan keahlian yang dimiliki dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97130

Actions (login required)

View Item View Item