Pengaruh elektronik word of mouth (e-wom) terhadap minat beli melalui persepsi konsumen pada mobile marketplace Shopee ID / Susi Simanjuntak - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh elektronik word of mouth (e-wom) terhadap minat beli melalui persepsi konsumen pada mobile marketplace Shopee ID / Susi Simanjuntak

Simanjuntak, Susi (2019) Pengaruh elektronik word of mouth (e-wom) terhadap minat beli melalui persepsi konsumen pada mobile marketplace Shopee ID / Susi Simanjuntak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Simanjuntak susi. 2019. Pengaruh Elektronic Word of Mouth Terhadap Minat beli Melalui Persepsi Konsumen Pada Mobile Marketplace Shopee ID. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Sopiah M.pd M.M. Kata Kunci Elektronic Word of Mouth Minat Beli Persepsi Konsumen. Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat berpengaruh pada segala aspek kehidupan manusia. Seiring berkembangnya teknologi informasi kebiasaan berkomunikasi masyarakat juga berubah total dengan menggunakan media sosial. Konsumen saat ini peluang dan berkeinginan lebih mengedepankan kemudahan bertransaksi. Minat bisa tercipta ketika konsumen mendapatkan informasi melalui elektronik word of mouth dan memiliki persepsi positif terhadap suatu produk sehingga tercipta minat beli. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan (1) kondisi elektronik word of mouth minat beli persepsi konsumen padamobilemarketplace Shoppe ID (2) pengaruh positif dan signifikan elektronik word of mouth terhadap persepsi konsumen (3) pengaruh positif dan signifikan persepsi konsumen terhadap minat beli (4) pengaruh positif dan signifikan elektronik word of mouth terhadap minat beli (5) pengaruh positif dan signifikan elektronik word of mouth terhadap minat beli melalui persepsi konsumen. Populasi dalam penelitian ini tergolong pada infine population (populasi tak terhingga).Dengan menggunakan rumus Danniel Terrel diperoleh sampel sebanyak 315 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan penyebaran kuesioner melalui google form. Uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis digunakan statistik deskriptif kemudian dilanjutkan dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) variabel elektronic word of mouth persepsi konsumen dan minat beli menunjukkan deskripsi baik (2) elektronik word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen di Shopee ID (3)persepsi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadapminat beli di Shopee ID (4)elektronik word of mouthberpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli di Shopee ID (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung antara elektronik word of mouth terhadap minat beli melalui persepsi konsumen Shopee ID. Bedasarkan kesimpulan tersebut makapeneliti memberikan saran sebagai berikut Pihak perusahaan Shopee ID lebih memperhatikan informasi atau promosi yang disamapaikan kepada konsumen melalui jaringan internet memperhatikan komentar konsumen di platform sehingga perusahaan dapat menyaring komentar dan saran yang disampaikan oleh konsumen menyaring pendapat dari konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97128

Actions (login required)

View Item View Item