Brand awareness sebagai variabel mediasi pengaruh iklan terhadap minat belanja online menggunakan e-commerce Shopee (studi pada followers instagram Shopee Indonesia) / Evin Tiarrochma - Repositori Universitas Negeri Malang

Brand awareness sebagai variabel mediasi pengaruh iklan terhadap minat belanja online menggunakan e-commerce Shopee (studi pada followers instagram Shopee Indonesia) / Evin Tiarrochma

Tiarrochma, Evin (2019) Brand awareness sebagai variabel mediasi pengaruh iklan terhadap minat belanja online menggunakan e-commerce Shopee (studi pada followers instagram Shopee Indonesia) / Evin Tiarrochma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Tiarrochma Evin. 2019. Brand Awareness sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Iklan Terhadap Minat Belanja Online Menggunakan E-Commerce Shopee. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Agus Hermawan M Bus GradDipMgt M. Si. Kata Kunci Iklan Brand Awareness Minat Belanja Belanja Online E-Commerce Era digital berdampak pada perkembangan teknologi yang membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih mudah. Salah satu produk digital yang sedang populer adalah e-commerce. E-commerce adalah tempat dimana semua orang dapat berbelanja secara online tanpa harus datang ke toko. Salah satu platform digital belanja online adalah Shopee Shopee menarik perhatian peneliti karena memiliki tayangan iklan yang menghibur dan mudah diingat melalui pemilihan musik yang digunakan dalam iklan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah iklan Shopee mempengaruhi minat belanja online melalui brand awareness sebagai variabel intervening. Studi dilakukan pada follower di akun Instragram Shopee Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan pendekatan simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei menggunakan google form melalui direct message Instagram. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 165 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis jalur. Berdasarkan uji statistik deskriptif diketahui bahwa iklan Shopee tergolong baik brand awareness Shopee tergolong tinggi dan minat berbelanja online menggunakan e-commerce Shopee tergolong tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Shopee berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap brand awareness Shopeee iklan Shopee berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap minat belanja online menggunakan Shopee serta brand awareness berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap minat berbelanja online menggunakan Shopee. Berdasarkan hasil uji sobel diketahui bahwa brand awareness mampu memediasi hubungan pengaruh iklan terhadap minat belanja online menggunakan Shopee. Temuan yang membedakan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa brand awareness Shopee sebagai variabel intervening lebih berpengaruh terhadap minat belanja online dibandingkan iklan Shopee. Saran yang dapat diberikan peneliti terhadap perusahaan diantaranya sebaiknya Shopee mempertahankan ciri khas musik yang digunakan dalam iklan dan terus berinovasi agar penonton tidak bosan dengan tayangan iklan Shopee. Shopee sebaiknya lebih fokus terhadap peningkatan kualitas layanan promosi penjualan dan penawaran menarik lainnya serta menambah program atau kampanye baru. Sebaiknya Shopee meningkatkan reputasi kualitas produk dan layanan agar pelanggan puas dan merekomendasikan Shopee.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97122

Actions (login required)

View Item View Item