Pengaruh good corporate governance terhadap kinerja perusahaan (studi pada perusahaan syariah yang terdaftar di BEI tahun 2015-2017) / Siti Nurul Lailiya Kamalin

Kamalin, Siti Nurul Lailiya (2019) Pengaruh good corporate governance terhadap kinerja perusahaan (studi pada perusahaan syariah yang terdaftar di BEI tahun 2015-2017) / Siti Nurul Lailiya Kamalin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kamalin, Siti Nurul Lailiya. 2019. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi pada Perusahaan Syariah yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lulu Nurul Istanti, SE, MM, Ak. Kata Kunci: Kinerja Perusahaan, Good Corporate Governance, Disclosure and Transparency, Board Composition, Shareholder Right, Ownership Concentration Pada tahun 2011-2016 saat ekonomi Indonesia mulai melemah, Index Saham Syariah Indonesia mencatatkan pertumbuhan yang lebih tinggi dari IHSG. Fenomena ini disebabkan pada Indeks Saham Syariah Indonesia tidak terdapat emiten dengan jumlah hutang yang sangat tinggi, sementara di tengah lemahnya kondisi ekonomi kinerja emiten yang memiliki rasio utang tinggi mengalami tekanan yang berimbas pada harga sahamnya. Sebagai alternatif cara untuk mendisiplinkan direksi good corporate governance dapat digunakan sebagai mekanisme untuk mengawasi kinerja direksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi variabel, menguji pengaruh good corporate governance yang diproksikan melalui disclosure and transparancy; board composition; shareholder right; dan ownership concentration terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang akan dianalisis menggunakan data sekunder. Sampel yang diperoleh dari metode purposive sampling terdiri dari 21 perusahaan syariah atau 63 data perusahaan. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif serta analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 25.0. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan pada perusahaan syariah klasifikasi Tobin’s Q kurang baik, disclosure sangat baik, Board baik, shareholder sangat baik dan ownership cukup baik. Hasil pengujian hipotesis pada perusahaan syariah menunjukkan bahwa disclosure, board, dan shareholder secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, sedangkan ownership secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Perusahaan disarankan untuk memperbaiki penerapan GCG untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Investor sebaiknya lebih memperhatikan informasi yang sudah disampaikan perusahaan. peneliti selanjutnya disarankan mengutamakan pada satu sektor saja dan menambah proksi good corporate governance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97119

Actions (login required)

View Item View Item