Pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja karyawan SBPU PT. Mayangkara Group Blitar / Abd. Rahman

Rahman, Abd. (2019) Pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja karyawan SBPU PT. Mayangkara Group Blitar / Abd. Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rahman, Abd. 2019. Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja Karyawan SPBU PT. Mayangkara Group Blitar. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lohana Juariyah, S.E., M.Si. Kata kunci : Persepsi Dukungan Organisasi, Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja Komitmen organisasi merupakan salah satu faktor yang turut menentukan keberhasilan perusahaan. Salah satu faktor yang mempengaruhi komitmen organisasi yaitu persepsi dukungan organisasi dan kepuasan kerja karyawan. Dukungan organisasi yang baik akan meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen organisasi, serta semakin tinggi kepuasan kerja yang dirasakan akan semakin meningkat komitmen organisasi. Penelelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi dukungan organisasi, kepuasan kerja, serta komitmen organisasi pada karyawan SPBU PT. Mayangkara Group Blitar, dan juga untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 66 responden dari 107 karyawan. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik random sampling dan teknik pengujian data yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path). Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa persepsi dukungan organisasi dirasakan dengan baik; kepuasan kerja termasuk kriteria puas; dan komitmen organisasi termasuk kriteria tinggi, kemudian dari hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) persepsi dukungan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi; (2) persepsi dukungan organisasi berpengaruh postif dan signifikan terhadap kepuasan kerja; (3) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi; (4) berdasarkan analisis path terdapat pengaruh tidak langsung persepsi dukungan organisasi terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan terkait dengan persepsi dukungan organisasi perusahaan harus memeberikan informasi sebelumnya, sebelum pemindahan penempatan karyawan dilakukan. Terkait dengan kepuasan kerja perusahaan harus mempertimbangkan karyawan yang berpotensi sesuai dengan kemampuannya. Terkait dengan komitmen organisasi perusahan harus lebih meningkatakan pemberian motivasi terhadap karyawan. Unuk peneliti selanjutnya yang ingin membahas penelitian yang sama dapat dimanfaatkan sebagai rujukan dengan menambah variabel seperti budaya organisasi dan motivasi yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja dan komitmen organisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97118

Actions (login required)

View Item View Item