Analisis perbedaan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi horizontal (studi kasus pada perusahaan yang melakukan akuisisi dan listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2011) / Nimas Zahrotul Fauziah

Fauziah, Nimas Zahrotul (2019) Analisis perbedaan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi horizontal (studi kasus pada perusahaan yang melakukan akuisisi dan listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2011) / Nimas Zahrotul Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fauziah, Nimas Zahrotul. 2019. Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Akuisisi Horizontal (Studi Kasus Pada Perusahaan yang Melakukan Akuisisi dan Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lulu Nurul Istanti, S.E., M.M., Ak. Kata kunci: akuisisi, current ratio, debt to equity ratio, net profit margin, return on asset, total asset turnover, price earning ratio Kinerja keuangan penting bagi perusahaan untuk dapat mengetahui sampai mana tingkat keberhasilan dan pertumbuhan perusahaan. Perusahaan yang sedang mengalami pertumbuhan dapat melakukan perluasan usaha dengan cara melakukan penggabungan usaha yaitu akuisisi. Akuisisi adalah pengambilalihan baik sebagian atau kesuluruhan saham atau aset perusahaan lain, dimana perusahaan yang telah diakuisisi tetap dipertahankan keberadaannya. Diharapkan dengan melakukan akuisisi perusahaan dapat meningkatkan kinerja keuangan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi horizontal. Kinerja keuangan diukur dengan mebnggunakan rasio keuangan yang terdiri dari; current ratio (CR), debt to equity ratio (DER), net profit margin (NPM), return on asset (ROA), total asset turnover (TATO), dan price earning ratio (PER). Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi yang mengambil data dari semua perusahaan publik yang melakukan akuisisi dan listing di BEI tahun 2011. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 5 perusahaan. Uji non parametrik yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah Paired Sample T-Test dan Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan analisis penelitian, ditemukan bahwa kondisi variabel CR, NPM, ROA dan TATO cenderung mengalami penurunan sesudah dilakukan akuisisi. Sedangkan DER dan PER cenderung mengalami peningkatan sesudah dilakukan akuisisi. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan terhadap variabel CR, DER, NPM, ROA, TATO, dan PER antara sebelum dan sesudah akuisisi. Bagi perusahaan yang akan melakukan akuisisi sebaiknya menganalisis dan mengetahui kinerja keuangan perusahan target agar tidak mengalami kerugiaan sesudah dilakukan akuisisi. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menganalisis dari sisi perusahaan yang diakuisisi agar dapat melihat kondisi kinerja keuangannya tidak hanya dari sisi pengakuisisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97114

Actions (login required)

View Item View Item