Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan perputaran modal kerja terhadap Return On Equity (ROE) dimoderasi oleh nilai tukar rupiah terhadap US dollar pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI periode 2013-2016 / Merdiana Ningtyas

Ningtyas, Merdiana (2019) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan perputaran modal kerja terhadap Return On Equity (ROE) dimoderasi oleh nilai tukar rupiah terhadap US dollar pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI periode 2013-2016 / Merdiana Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ningtyas, Merdiana. 2019. Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Return on Equity (ROE) Dimoderasi Oleh Nilai Tukar Rupiah Terhadap US Dollar pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI periode 2013-2016. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. H. Ely Siswanto, S. Sos., M.M. Kata Kunci : Return on Equity Ratio (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), Perputaran Modal Kerja, Nilai Tukar Rupiah terhadap US Dollar Profitabilitas memiliki arti penting bagi perusahaan karena dengan mendapatkan keuntungan maksimal sesuai dengan yang ditargetkan, maka perusahaan dapat berbuat banyak bagi kesejahteraan pemilik, karyawan, serta meningkatkan mutu produk dan melakukan investasi baru. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis (1) pengaruh debt to equity ratio (DER) terhadap return on equity (ROE); (2) pengaruh working capital turnover terhadap return on equity; (3) moderasi nilai tukar rupiah terhadap US Dollar terhadap pengaruh debt to equity ratio (DER) dan working capital turnover terhadap return on equity (ROE). Menurut tingkat eksplanasinya, jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016 sebanyak 144 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini yaitu 28 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016 yang menggunakan denominasi US Dollar dan laporan keuangannya telah diaudit dan dipublikasikan. Adapun untuk menentukan ukuran sampel digunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari laporan keuangan perusahaan manufaktur tahun 2013-2016. Sedangkan Teknik analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Debt to Equity Ratio (DER) dan Working Capital Turnover tidak berpengaruh terhadap Return on Equity (ROE). Dengan demikian uji regresi moderasi tidak dapat dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97112

Actions (login required)

View Item View Item