Pengaruh citra toko terhadap minat beli melalui persepsi kualitas pada produk private label (studi pada konsumen salon Rudy Hadisuwarno jalan Simpang Gajayana Malang) / Muchamad Zaini Achsan

Achsan, Muchamad Zaini (2019) Pengaruh citra toko terhadap minat beli melalui persepsi kualitas pada produk private label (studi pada konsumen salon Rudy Hadisuwarno jalan Simpang Gajayana Malang) / Muchamad Zaini Achsan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Achsan, M. Z. 2019. Pengaruh Citra Toko Terhadap Minat Beli Melalui Persepsi Kualitas Pada Produk Private Label (Studi pada Salon Rudy Hadisuwarno Jalan Simpang Gajayana). Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing Dr. Titis Shinta Dhewi , S.P, M.M. Kata Kunci: Citra Toko, Persepsi Kualitas, Minat Beli Seiring berkembangnya tren sosial di Indonesia, persaingan antar pebisnis salon semakin ketat untuk menarik minat beli konsumen. Minat beli juga dapat dipicu apabila toko tersebut mempunyai suatu citra toko yang positif dan dianggap baik oleh konsumen. Namun adanya persaingan antar peritel sejenis seperti saat ini, terkadang juga membuat konsumen membandingkan kualitas antara satu produk dengan produk lainnya. Sehingga produk juga berkaitan dengan persepsi kualitas yang akan dinilai oleh konsumen. Dengan perbandingan kualitas tersebut, banyak pebisnis yang mencoba untuk mengemas produk dari merek toko mereka sendiri atau yang biasa disebut dengan private label. Salah satu objek yang dapat digunakan adalah produk private label dari Salon Rudy Hadisuwarno. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: (1) Deskripsi dari citra toko, persepsi kualitas dan minat beli; (2) Besarnya pengaruh langsung citra toko terhadap persepsi kualitas; (3) Besarnya pengaruh langsung persepsi kualitas terhadap minat beli; (4) Besarnya pengaruh langsung citra toko terhadap minat beli; (5) Besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung citra toko terhadap minat beli melalui persepsi kualitas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang belum pernah melakukan pembelian dan berminat untuk melakukan pembelian produk private label (merek pribadi) milik salon Rudy Hadisuwarno. Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini sebanyak 152 responden. Teknik sampling dalam penelitian menggunakan purposive sampling. Sementara teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis jalur. Hasil uji analisis jalur menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan citra toko terhadap persepsi kualitas; (2) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan persepsi kualitas terhadap minat beli ; (3) Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan citra toko terhadap minat beli (4) Terdapat pengaruh tidak langsung positif dan signifikan citra toko terhadap minat beli melalui persepsi kualitas. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan maka peneliti memberikan saran yaitu: (1) mencari lokasi yang lebih strategis lagi, agar lebih diketahui dan dikenal bagi khalayak umum; (2) Menonjolkan karakteristik dari produknya dengan penjelasan lebih lengkap dan menarik pada bagian kegunaan produk misalnya “sampo oily scalp, cocok bagi anda yang beraktivitas di luar ruangan” dan sebagainya; (3) Diperlukan strategi persuasif dalam menyebarkan informasi termasuk media sosial misalnya syarat mendapatkan diskon harus dengan mention beberapa teman; (4) Peneliti menyarankan menggunakan variabel trust sebagai intervening karena faktor kepercayaan juga bisa sebagai salah satu alasan konsumen untuk menyukai suatu produk atau jasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97108

Actions (login required)

View Item View Item