Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan Ahass Pitoe Jaya Motor di Malang / Dody Rizkyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan Ahass Pitoe Jaya Motor di Malang / Dody Rizkyanto

Rizkyanto, Dody (2019) Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan Ahass Pitoe Jaya Motor di Malang / Dody Rizkyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

xi ABSTRAK Rizkyanto Dody. 2019. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Ahass Pitoe Jaya Motor di Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mohammad Hari M.Si. Kata kunci relationship marketing loyalitas pelanggan. Banyaknya kompetitor dalam sebuah pasar membuat persaingan bisnis kian ketat. Untuk dapat menjaga kelangsungan hidup dan meningkatkan daya saing perusahaan perlu menciptakan nilai tambah unik pada perusahaannya. Persaingan yang semakin ketat juga disebabkan oleh meningkatnya intelektual dan semakin kritisnya konsumen akibat kemajuan dalam penerimaan informasi yang begitu cepat dan mudah. Salah satu strategi yang dilakukan perusahaan adalah melalui relationship marketing. Relationship marketing dibutuhkan perusahaan agar pelanggan mereka loyal tidak berganti menggunakan jasa kompetitor. Salah satu perusahaan yang menerapkan relationship marketing adalah Ahass Pitoe Jaya Motor Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Deskripsi relationship marketing dan loyalitas pelanggan pada Ahass Pitoe Jaya Motor Malang (2) Besarnya pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan pada Ahass Pitoe Jaya Motor Malang secara parsial dan simultan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan penelitian eksplanatori. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini tergolong infinite population yaitu pelanggan Ahass Pitoe Jaya Motor Malang yang menggunakan jasa servis atau melakukan pembelian onderdil minimal 2 kali atau lebih. Sampel dihitung menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 150 responden. Teknik menyebar kuesioner menggunakan purposive sampling. Kuesioner yang dibagikan menggunakan skala Likert dengan 5 skala pilihan jawaban. Uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif uji asumsi klasik (uji normalitas uji multikolinearitas uji heterokedastisitas) lalu dilanjutkan dengan analisis regresi linier berganda yang meliputi analisis koefisien determinasi ( 119877 2) dan uji hipotesis (uji t uji F uji dominan). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh beberapa kesimpulan yaitu (l) Variabel kepercayaan memiliki deskripsi baik variabel komitmen memiliki deskripsi sangat baik variabel komunikasi memiliki deskripsi sangat baik variabel penanganan konflik memiliki deskripsi sangat baik variabel kompetensi memiliki deskripsi sangat baik dan variabel loyalitas pelanggan memiliki deskripsi sangat baik (2) Hasil uji asumsi klasik telah memenuhi asumsi normalitas multikolinearitas heterokedastisitas (3) Hasil uji t menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara relationship marketing (X) yang meliputi kepercayaan ( 119883 1) komitmen ( 119883 2) komunikasi ( 119883 3) penanganan konflik ( 119883 4) kompetensi ( 119883 5) terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada Ahass Pitoe Jaya Motor Malang. Hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara relationship marketing (X) yang meliputi kepercayaan ( 119883 1) xii komitmen ( 119883 2) komunikasi ( 119883 3) penanganan konflik ( 119883 4) kompetensi ( 119883 5) secara simultan terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada Ahass Pitoe Jaya Motor Malang. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka peneliti memberikan saran sebagai berikut (1) Ahass Pitoe Jaya Motor dapat mempertahankan serta meningkatkan pelayanan relationship marketing (kepercayaan komitmen komunikasi penanganan konflik kompetensi) karena mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan diantaranya yaitu dengan memberikan pelayanan ekstra kepada pelanggan. (2) Bagi peneliti selanjutnya perlu dikembangkan lagi subvariabel relationship marketing lain yang mungkin berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97107

Actions (login required)

View Item View Item