Pengaruh online credible reviews terhadap purchase intention melalui e-trust pada marketplace Shopee (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang tahun angkatan 2015-2018) / Cahyaning Putri Justikarini

Justikarini, Cahyaning Putri (2019) Pengaruh online credible reviews terhadap purchase intention melalui e-trust pada marketplace Shopee (studi pada mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang tahun angkatan 2015-2018) / Cahyaning Putri Justikarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Justikarini, Cahyaning Putri. 2019. Pengaruh Online Customer Reviews terhadap Purchase Intention melalui E-Trust pada Marketplace Shopee-Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Tahun Angkatan 2015-2018. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr Titis Shinta Dhewi, S.P, M.M. Kata kunci: Online Customer Reviews, Purchase Intention, E-Trust. Teknologi informasi yang dikenal dengan internet telah berkembang pesat dan mencakup semua informasi yang dibutuhkan. Internet mengubah cara berbisnis, bersosialisasi, dan juga mengubah pola perilaku, salah satunya adalah cara berbisnis melalui e-commerce yang menarik perhatian konsumen. Pada kenyataannya masih banyak orang yang belum berani melakukan transaksi melalui e-commerce karena belum mempercayainya. Oleh karena itu untuk menumbuhkan minat beli pada situs e-commerce, maka harus diperhatikan bagaimana tingkat kepercayaan yang dirasakan konsumen terhadap situs e-commerce tersebut. Tujuan dalam penelitian ini antara lain: (1) Deskripsi pengaruh online customer reviews terhadap purchase intention melalui e-trust pada marketplace Shopee; (2) Besarnya pengaruh langsung e-trust terhadap purchase intention; (3) Besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung online customer reviews terhadap purchase intention melalui e-trust. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif dan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Tahun Angkatan 2015–2018 yang belum pernah membeli tetapi sudah berkomunikasi dengan toko yang ada di Shopee, berjumlah 182 mahasiswa. Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini sebanyak 138 responden. Teknik sampling penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sementara teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path). Hasil uji analisis jalur (path) menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung positif signifikan online customer reviews terhadap e-trust; (2) Terdapat pengaruh langsung positif signifikan e-trust terhadap purchase intention; (3) Terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung positif signifikan online customer reviews terhadap purchase intention melalui e-trust. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran yaitu: (1) Shopee Indonesia sebaiknya meningkatkan control dalam hal bagaimana penjual menjalankan kewajiban sesuai prosedur Shopee sehingga kosumen tidak kecewa dan memberikan kesan buruk yang dapat mengurangi kepercayaan; (2) Peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian pada toko online yang tidak bergabung dalam marketplace dan peneliti juga menyarankan untuk menggunakan variabel website quality sebagai variabel eksogen dan perceived risk sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97104

Actions (login required)

View Item View Item