Analisis kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi pada perusahaan yang listing di BEI tahun 2010-2011 / Surya Kusuma

Kusuma, Surya (2019) Analisis kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi pada perusahaan yang listing di BEI tahun 2010-2011 / Surya Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kusuma, S. 2019. Analisis Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Akuisisi pada Perusahaan yang Listing Di BEI Tahun 2010-2011. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Trisetia Wijijayanti, S.E., M.BA. Kata Kunci : Akuisisi, kinerja keuangan, current ratio, debt to equity ratio, net profit margin, total asset turnover Tujuan utama perusahaan dalam menjalankan usahanya adalah untuk meningkatkan nilai perusahaannya. Untuk mengetahui performa perusahaan, dapat dilakukan dengan mengukur kinerja keuangan perusahaan. Kinerja keuangan perusahaan dapat mengalami peningkatan maupun penurunan. Perusahaan dapat meningkatkan nilai perusahaannya dengan melakukan ekspansi. Ekspansi perusahaan dapat dilakukan dengan melakukan akuisisi. Akuisisi diharapkan mampu meningkatkan kinerja keuangan perusahaan di masa depan. Namun tidak semua akuisisi berjalan sesuai harapan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi pada perusahaan yang listing di BEI tahun 2010-2011. Rasio kinerja keuangan yang digunakan pada penelitian ini adalah CR (Current Ratio), DER (Debt to Equity Ratio), NPM (Net Profit Margin) dan TATO (Total Asset Turnover). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling diperoleh perusahaan sebagai sampel penelitian yaitu sebanyak 10 perusahaan. Penelitian ini menggunakan pengamatan selama 7 tahun, yaitu 1 tahun sebelum akuisisi dan 6 tahun sesudah akuisisi. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat 1 rasio yang mempunyai perbedaan secara signifikan yaitu debt to equity ratio sesudah akuisisi menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan mengalami perubahan yang signifikan, terjadi peningkatan sesudah akuisisi. Selain itu terdapat 3 rasio yang tidak mempunyai perbedaan secara signifikan yaitu current ratio, net profit margin dan total asset turnover. Kinerja keuangan perusahaan setelah akuisisi menunjukkan kondisi keuangan yang semakin meningkat pada 3 rasio, karena hasil perhitungan rasio tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan kinerja keuangan sesudah akuisisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97097

Actions (login required)

View Item View Item