Pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan smartphone Xiaomi di Indonesia / M. Berril Kholif Arrahman

Arrahman, M. Berril Kholif (2019) Pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan smartphone Xiaomi di Indonesia / M. Berril Kholif Arrahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arrahman, Muhammad Berril Kholif. 2019. Pengaruh Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Smartphone Xiaomi Di Indonesia. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sopiah, M.Pd, M.M Kata Kunci: Harga, Loyalitas Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan Perkembangan pada era digital saat ini berkembang sangat pesat dari tahun ke tahun,seperti kemajuan handphone atau yang biasa kita sebut dengan ponsel atau smartphone, diantaranya yaitu Xiaomi sebagai perusahaan mobile internet yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek dan telah menjadi sebuah trend penggunaan smartphone di Indonesia. Xiaomi banyak diburu oleh konsumen karena mempunyai spesifikasi tinggi namun harganya sangat murah jika dibandingkan dengan merek ponsel lainnya dengan spesifikasi serupa. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana tingkat loyalitas pada pengguna smartphone Xiaomi di Indonesia. Tingkat loyalitas pelanggan diduga dipengaruhi oleh harga yang ditawarkan oleh Xiaomi dan juga tingkat kepuasan pelanggan yang dirasakan oleh konsumen. Tujuan dalam penelitian ini antara lain untuk: (1) Mendeskripsikan dari harga, loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan; (2) Menjelaskan pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan; (3) Menjelaskan pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan; (4) Menjelaskan pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan; (5) Menjelaskan pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna smartphone Xiaomi di Indonesia, yang membeli atau menggunakan lebih dari satu kali, dengan jumlah populasi infinite. Sampel yang didapatkan melalui rumus dalam penelitian ini sebanyak 420 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik (non probability sampling). Penentuan sampel menggunakan teknik (purposive sampling). Sementara teknik analisis data menggunakan analisis jalur (Path). Berdasarkan penelitian yang didapatkan, disimpulkan bahwa: (1) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan smartphone Xiaomi di Indonesia; (2) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan smartphone Xiaomi di Indonesia; (3) Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan smartphone Xiaomi di Indonesia; (4) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan pelanggan smartphone Xiaomi di Indonesia. Berdasarkan klasifikasi interval, harga dikategorikan “sesuai”; loyalitas pelanggan dikategorikan “tinggi”; dan kepuasan pelanggan dikategorikan “tinggi”. Adapun beberapa saran yaitu: (1) melihat kompetitor terlebih dahulu sebelum menetapkan harga; (2) menjaga kualitas dan manfaat yang dirasakan konsumen; (3) menambahkan nilai atau menonjolkan diferensiasi produk dengan kompetitor; (4) untuk peneliti selanjutnya menggunakan atau menambah variabel dan objek lainnya agar penelitiannya lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97096

Actions (login required)

View Item View Item