Pengaruh budaya organisasi dan knowledge management terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja pegawai variabel intervening pada pegawai Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Surabaya / Amrizal Arif

Arif, Amrizal (2019) Pengaruh budaya organisasi dan knowledge management terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja pegawai variabel intervening pada pegawai Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Surabaya / Amrizal Arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arif, Amrizal. 2019. Pengaruh Budaya Organisasi dan Knowledge Management terhadap Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Kerja Pegawai sebagai Variabel Intervening pada Pegawai Kantor Pusat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Surabaya. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Syihabudhin, S.E., M.Si. Kata Kunci: budaya organisasi, knowledge management, kepuasan kerja, kinerja pegawai Ketatnya persaingan usaha saat ini, menuntut seluruh perusahaan untuk mampu mengelola bisnisnya dengan tepat. Salah satu asset yang penting dalam bisnis adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk menjaga asset ini, salah satunya dengan mengembangkan budaya organisasi dan knowledge management di dalam perusahaan. PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) merupakan salah satu BUMN yang terus memperhatikan hal tersebut, dengan memiliki tiga nilai inti budaya organisasi yaitu costumer focus, care, dan integrity serta selalu meningkatkan pengetahuan pegawainya, diharapkan dapat meningkatkan kinerja pegawai serta kepuasan pegawainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Bagaimana kondisi kinerja pegawai, kepuasan kerja, budaya organisasi, dan knowledge management di kantor pusat Pelindo III; (2) Apakah budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai di kantor pusat Pelindo III?; (3) Apakah knowledge management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai di lingkungan kerja kantor pusat Pelindo III; (4) Apakah budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di kantor pusat Pelindo III; (5) Apakah knowledge management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di kantor pusat Pelindo III; (6) Apakah kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di kantor pusat Pelindo III; (7) Apakah kepuasan kerja dapat menjadi variabel intervening yang signifikan pada pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai di kantor pusat Pelindo III; (8) Apakah kepuasan kerja dapat menjadi variabel intervening yang signifikan pada pengaruh knowledge management terhadap kinerja pegawai di kantor pusat Pelindo III. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis jalur. Adapun populasi yang digunakan pegawai pada bagian Human Capital and General Affair Directorate dan Commercial and Operation Directorate dengan jumlah pegawai 109 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportion Random Sampling, dengan hasil 86 sampel dari kedua bagian tersebut. Hasil yang diperoleh dari penelitian, menunjukan bahwa: (1) Budaya organisasi dan knowledge management kantor pusat Pelindo III dikategorikan sangat baik, sedangkan kepuasan kerja dan kinerja pegawai kantor pusat Pelindo III dikatgorikan baik; (2) Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja; (3) Knowledge management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja; (4) Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; (5) Knowledge Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; (6) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; (7) Kepuasan kerja dapat menjadi variabel intervening pada pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai; (8) Kepuasan kerja dapat menjadi variabel intervening pada pengaruh knowledge management terhadap kinerja pegawai. Saran yang dapat diberikan pada pihak manajemen yaitu dapat meningkatkan kepekaan terhadap situasi yang terjadi di sekitar lingkungan kerja Pelindo III, mendalami kembali kesesuaian job procedure dengan model bisnis yang sekarang dijalankan, melakukan evaluasi terhadap prosedure promosi jabatan, dan mengevaluasi target kerja pada masing-masing pegawai Pelindo III.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97091

Actions (login required)

View Item View Item