Pengaruh electronic word of mouth terhadap purchase intention kamera Sony Mirrorless melalui brand image (studi pada komunitas fotografio Instanusantara) / Desy Bariyyatul Qibtiyah

Qibtiyah, Desy Bariyyatul (2019) Pengaruh electronic word of mouth terhadap purchase intention kamera Sony Mirrorless melalui brand image (studi pada komunitas fotografio Instanusantara) / Desy Bariyyatul Qibtiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Qibtiyah, D.B. 2019. Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Purchase Intention Kamera Sony Mirrorless melalui Brand Image (Studi Pada Komunitas Fotografi Instanusantara). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Handri Dian Wahyudi S.Pd., S.E., M.Sc. Kata Kunci : Electronic Word of Mouth, Purchase Intention, Brand Image, Sony Fotografi merupakan bidang komunikasi visual yang banyak diminati di Indonesia bahkan di dunia. Fenomena perkembangan dunia fotografi saat ini membuat kamera digital khususnya mirrorless semakin banyak digemari oleh fotografer maupun orang yang memiliki hobi fotografi. Seiring dengan berkembangnya fotografi dan banyaknya peminat kamera mirrorless, perusahaan harus memikirkan cara yang tepat untuk menarik minat beli dari konsumennya. Sebelum memilih produk konsumen seringkali mencari informasi melalui ulasan konsumen lain di internet dan akan memilih merek yang dikenal daripada yang tidak dikenal. Tujuan dalam penelitian ini antara lain untuk mengetahui: (1) Deskripsi electronic word of mouth, brand image, dan purchase intention kamera Sony Mirrorless; (2) Pengaruh langsung electronic word of mouth terhadap purchase intention; (3) Pengaruh tidak langsung electronic word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota komunitas fotografi Instanusantara. Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini sebanyak 188 responden dengan menggunakan google form. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sementara teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis jalur. Hasil uji analisis jalur menunjukkan bahwa: (1) Konten electronic word of mouth kamera sony mirrorless yang didapatkan dalam kategori baik, brand image kamera sony mirrorless mempunyai kategori baik dalam benak konsumen, dan bahwa purchase intention kamera sony mirrorless masuk dalam kategori tinggi; (2) Terdapat pengaruh langsung secara positif dan signifikan electronic word of mouth terhadap brand image; (3) Terdapat pengaruh langsung secara positif dan signifikan electronic word of terhadap purchase intention; (4) Terdapat pengaruh langsung secara positif dan signifikan brand image terhadap purchase intention; (5) Terdapat pengaruh tidak langsung secara positif dan signifikan electronic word of mouth terhadap purchase intention melalui brand image secara parsial. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan maka peneliti memberikan saran yaitu: (1) Agar dapat meningkatkan minat beli hendaknya Perusahaan Sony harus melakukan kegiatan yang mengajak komunitas fotografi untuk turut aktif mengikuti kegiatan mereka dan aktif di internet seperti web dan media sosial. (2) Diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan mengganti variabel lain yang berkaitan dengan kamera atau luxury goods. (3) Pada deskripsi karakteristik responden diharapkan peneliti selanjutnya menambahkan kategori status untuk mengetahui minat dari responden.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97087

Actions (login required)

View Item View Item