Pengaruh customer relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan (study kasus nasabah Asuransi Bumiputera Kantor Cabang Celaket Malang) / Santri Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh customer relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan (study kasus nasabah Asuransi Bumiputera Kantor Cabang Celaket Malang) / Santri Maharani

Maharani, Santri (2019) Pengaruh customer relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan (study kasus nasabah Asuransi Bumiputera Kantor Cabang Celaket Malang) / Santri Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Maharani Santri. 2019. Pengaruh Customer Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan Studi pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera Cabang Celaket Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M. Kata Kunci Customer Relationship Marketing Kepuasan Pelanggan Loyalitas Pelanggan Untuk memenuhi kebutuhan yang belum pasti di masa depan maka manusia memerlukan asuransi. Dalam mempertahankan posisinya pelaku usaha asuransi dituntut untuk memiliki customer relationship marketing untuk mempertahankan pelanggan agar tidak beralih pada asuransi yang lain. Hal tersebut dapat terjadi jika pelaku usaha dapat memenuhi harapan pelanggan. Dengan terpenuhinya harapan pelanggan membuat pelanggan akan melakukan pembelian ulang pada jangka waktu yang lama serta akan menjadi pelanggan yang loyal terhadap produk tersebut. Tujuan dalam penelitian ini antara lain untuk mengetahui (1) Deskripsi pengaruh customer relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan (2) Besarnya pengaruh langsung kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (3) Besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung customer relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera yang telah berkunjung minimal tiga kali sebanyak 76 responden dengan sampel sebanyak 64 responden. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil uji analisis jalur menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara customer relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara customer relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (4) Tidak terdapat pengaruh secara tidak langsung antara variabel customer relationship marketng terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan maka peneliti memberikan saran yaitu (1) Menjaga hubungan baik dengan nasabah (2) Melakukan pendekatan langsung ke nasabah dan melakukan peningatan kualitas pelayanan dan produk (3) penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan variabel lain yang mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97085

Actions (login required)

View Item View Item