Manajemen modal kerja usaha tani cabai di Kecamatan Donomulyo Malang Jawa Timur / Yeni Elviana Sanggaeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen modal kerja usaha tani cabai di Kecamatan Donomulyo Malang Jawa Timur / Yeni Elviana Sanggaeni

Sanggaeni, Yeni Elviana (2019) Manajemen modal kerja usaha tani cabai di Kecamatan Donomulyo Malang Jawa Timur / Yeni Elviana Sanggaeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sanggaeni Yeni Elviana. 2019. Manajemen Modal Kerja Usaha Tani Cabai di Kecamatan Donomulyo Malang Jawa Timur. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ibu Lulu Nurul Istanti S.E. M.M. Ak. Kata Kunci Manajemen Modal Kerja Usaha Tani Cabai Donomulyo Usaha tani cabai merupakan aktifitas pembudidayaan cabai untuk diperdagangkan. Budidaya cabai menarik namun juga berisiko oleh sebab itu petani cabai harus mampu mengelola modal kerjanya untuk meminimalisir kerugian akibat anjloknya harga cabai ataupun gagal panen. maka diperlukan pembahasan mengenai manajemen modal kerja usaha tani cabai. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yaitu kondisi modal kerja yang mencakup banyaknya kebutuhan modal kerja sumber permodalan komponen modal kerja dalam usaha tani cabai. kemudian mendeskripsikan pengelolaan kas yang mencakup upaya petani cabai menjaga ketersediaan kas strategi untuk meminimalkan kebutuhan-kebutuhan kas dan bagaimana mengelola persediaan yang dilakukan oleh petani cabai di Kecamatan Donomulyo Malang Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan manajemen modal kerja dalam bentuk hasil wawancara dengan 10 petani cabai di Kecamatan Donomulyo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh 6 simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama Kebutuhan Modal Kerja Usaha Tani Cabai di Kecamatan Donomulyo antara lain pembibitan pengolahan lahan perawatan dan pemanenan. Rata-rata modal kerja yang diperlukan untuk 1000 pohon cabai kurang dari Rp 2.000.000. Kedua Sumber Modal Kerja yang utama adalah modal sendiri utang bank dan pinjaman dari pengepul cabai. Ketiga komponen modal kerja usaha tani cabai yaitu orangnya (petani cabai) kas dan persediaan. Keempat pengelolaan kas yang dilakukan dengan cara membuat cadangan modal kerja dan cadangan umum. Kelima upaya untuk meminimalkan kebutuhan kas yaitu dengan strategi leles yaitu menekan biaya produksi dengan cara memanfaatkan barang yang masih bisa dipakai ulang. Keenam persediaan barang diutamakan untuk satu musim tanam. Dengan penelitian ini diharapkan dapat membantu para petani cabai lebih cermat dalam menentukan sumber modal kerja yang lebih menguntungkan serta pengelolaan modal kerja yang tepat tanpa menganggu tingkat likuiditasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97080

Actions (login required)

View Item View Item