Penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran sejarah di SMP Islam As Shidiq Bululawang Malang / Muhammad Agus Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran sejarah di SMP Islam As Shidiq Bululawang Malang / Muhammad Agus Wahyudi

Wahyudi, Muhammad Agus (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran sejarah di SMP Islam As Shidiq Bululawang Malang / Muhammad Agus Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TPS (Think-Pair-Share) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMP ISLAM AS SHODIQ BULULAWANG MALANG Muhammad Agus Wahyudi ABSTRAK Hasil observasi awal pada siswa kelas VII SMP Islam As Shodiq Kuwolu Bululawang Malang diketahui bahwa (1) Selama ini metode yang digunakan dalam pembelajaran sejarah adalah ceramah tanya jawab dan diskusi. Metode ceramah masih menjadi pilihan dalam penyampaian materi sehingga siswa cenderung bosan dan kurang bersemangat untuk belajar (2) SMP Islam As Shodiq Kuwolu Bululawang Malang belum pernah menerapkan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran sejarah di SMP Islam As Shodiq Kuwolu Bululawang Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I dilaksanakan dalam dua kali tindakan (2X40 menit) dan siklus II juga dilakukan dalam dua kali tindakan (2X40 menit). Tahapan pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) pada mata pelajaran sejarah di SMP Islam As Shodiq Bululawang Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa yang memperoleh nilai A pada siklus I hanya 4 siswa sedangkan pada siklus II siswa yang mendapat nilai A berjumlah 8 siswa. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan pada ranah kognitif siswa dengan kriteria nilai A dengan jumlah siswa 12 anak. Pada nilai B terjadi penurunan. Siklus I siswa yang memperoleh nilai B berjumlah 18 siswa. Nilai 4 rata-rata hasil pre tes pada siklus I adalah 48 0 pada post tes siklus I adalah 80 dan pada tes hasil belajar siswa siklus I adalah 83 46. Sedangkan nilai rata-rata hasil pre tes pada siklus I adalah 47 30 pada siklus II adalah 76 92 dan pada tes hasil belajar siswa siklus II adalah 89 23. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share Hasil Belajar. Pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share terdiri dari tiga tahap

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item