Analisis pelaksanaan promosi jabatan pada pegawai di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Lombok Timur / Baiq Gina Fatimatuzzahra

Fatimatuzzahra, Baiq Gina (2019) Analisis pelaksanaan promosi jabatan pada pegawai di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Lombok Timur / Baiq Gina Fatimatuzzahra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatimatuzzahra, Baiq Gina. 2019. Analisis Pelaksanaan Promosi Jabatan pada Pegawai di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten LombokTimur, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M. (II) Handri Dian Wahyudi, S.Pd., M.Sc. Kata Kunci: promosi jabatan, bappeda, lombok timur Promosi jabatan adalah upaya pemindahan karyawan dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain yang tingkatannya lebih tinggi baik dalam hal pembayaran, tanggung jawab dan atau level. Pemberian promosi jabatan dilakukan atas pertimbangan berbagai faktor di antaranya termasuk kepangkatan, tingkat pendidikan, kinerja, seleksi (wawancara dan psikotest). Peneliti menyadari bahwa penelitian sebelumnya belum menyentuh kendala dari pelaksanaan promosi jabatan secara objektif sehingga tidak dapat menempatkan pegawai yang tepat pada jabatan tertentu. Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman terhadap pelaksanaan promosi jabatan yang ditinjau dari segi kepangkatan, masa kerja, tingkat pendidikan, kinerja, seleksi, serta praktik secara keseluruhan atas faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam keputusan promosi jabatan tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dalam bentuk rekaman hasil wawancara, dokumen organisasi, dan foto. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini yaitu berupa pedoman wawancara dan peneliti sendiri. Narasumber utama yakni Kepala Bappeda Bapak Achmad Dewanto dan Mantan Kepala Bappeda Lalu Khalid Tarmizi Kabupaten Lombok Timur. Narasumber pendukung adalah seluruh Kepala Bidang (Kabid) dan Sekretaris di Bappeda Kabupaten Lombok Timur. Sekretaris yakni Bapak Anwar Pahri, Kabid Ekonomi Bapak Muhammad Afwan, Kabid Fisik dan Prasarana Bapak Lalu Akhmad Ramdana, Kabid Litbang Bapak Deden Barliahadi, dan Kabid Sosial Budaya yaitu Ibu Maryani. Triangulasi dilakukan untuk menjaga keabsahan data. Kegiatan analisis data dimulai dengan penelaahan data, klasifikasi data, dan evaluasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan promosi jabatan di Bappeda Kabupaten Lombok Timur masih belum berjalan secara optimal yang disebabkan oleh keterbatasan kualitas SDM serta adanya aturan tentang otonomi daerah yang memberikan kewenangan bagi Bupati selaku pimpinan daerah untuk melakukan pemindahan pegawai, hal tersebut mengakibatkan terbukanya celah bagi terjadinya kepentingan-kepentingan tertentu sehingga pelaksanaan promosi yang diharapkan dapat bersifat adil dan bijaksana menjadi tidak dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/96571

Actions (login required)

View Item View Item