Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Klinik Sima Husada Kabupaten Blitar (studi pada pasien Klinik Sima Husada Kabupaten Blitar) / Yusuf Arif Nugraha

Nugraha, Yusuf Arif (2019) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Klinik Sima Husada Kabupaten Blitar (studi pada pasien Klinik Sima Husada Kabupaten Blitar) / Yusuf Arif Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugraha, Yusuf Arif. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Klinik Sima Husada Kabupaten Blitar (Studi pada Pasien Klinik Sima Husada Kabupaten Blitar). Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Aniek Indrwati, S.Si., M.M. (II) Handri Dian Wahyudi, S.pd., S.E., M.Sc. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen Pelayan merupakan sebuah kunci keberhasilan dalam berbagai usaha atau progam kegiatan yang bersifat jasa. Tujuan dari suatu bisnis adalah menciptakan kepuasan dari konsumen. Adanya kualitas pelayanan yang baik dalam perusahaan akan menciptakan kepuasan bagi konsumennya. Tingginya tingkat pesaingan menuntut perusahaan jasa kesehatan untuk selalu konsisten dalam memberikan pelayanan, terutama kuantitas dan kualitas pelayanan dalam upaya memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal inilah yang menjadikan alasan perusahaan jasa berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas pelayanan mereka. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Klinik Sima Husada Kabupaten Blitar. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Klinik Sima Husada yang melakukan check up kesehatan sebanyak 750 pasien. Sampel penelitian sebanyak 90 pasien, ditentukan dengan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner/angket dan dokumentasi. Analisi data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil pengujian variabel Pengaruh Bukti Fisik terhadap Kepuasan Konsumen Klinik Sima Husada diketahuni nilai Sig. sebesar 0,001 < 0,05; (2) Hasil pengujian variabel Pengaruh kehandalan terhadap Kepuasan Konsumen Klinik Sima Husada diketahuni nilai Sig. sebesar 0,014 < 0,05; (3) Hasil pengujian variabel Pengaruh Daya Tanggap terhadap Kepuasan Konsumen Klinik Sima Husada diketahuni nilai Sig. sebesar 0,035 < 0,05; (4) Hasil pengujian variabel Pengaruh Jaminan terhadap Kepuasan Konsumen Klinik Sima Husada diketahuni nilai Sig. sebesar 0,035 < 0,05; (5) Hasil pengujian variabel Pengaruh Empati terhadap Kepuasan Konsumen Klinik Sima Husada diketahuni nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05; (6) Hasil pengujian variabel Kulitas Layanan (bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati) terhadap Kepuasan Konsumen Klinik Sima Husada diketahuni nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05. Kesimpulan: (1) Varibel bukti fisik berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Klinik Shima Husada; (2) Varibel kehandalan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Klinik Shima Husada; (3) Varibel ketanggapan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Klinik Shima Husada; (4) Varibel jaminan & kepastian berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Klinik Shima Husada; (5) Varibel empati berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Klinik Shima Husada; (6) Kualitas layanan (Bukti Fisik, Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan, dan Empati) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Klinik Shima Husada

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/96569

Actions (login required)

View Item View Item