Kemampuan membaca cepat dan pemahaman literal teks deskripsi mahasiswa program in-country tingkat menengah tahun 2018 / Ferisma Yudha Afanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan membaca cepat dan pemahaman literal teks deskripsi mahasiswa program in-country tingkat menengah tahun 2018 / Ferisma Yudha Afanda

Afanda, Ferisma Yudha (2019) Kemampuan membaca cepat dan pemahaman literal teks deskripsi mahasiswa program in-country tingkat menengah tahun 2018 / Ferisma Yudha Afanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Afanda Ferisma Yudha. 2018. Kemampuan Membaca Cepat dan Pemahaman Literal Teks Deskripsi Mahasiswa Program In-Country Tingkat Menengah Tahun 2018. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Suparno. Kata Kunci Kosakata Membaca cepat Perbendaharaan kata. Keberadaan bahasa Indonesia yang mulai berkembang pesat ditandai dengan tingkat minat penutur asing yang cukup tinggi dalam mempelajari bahasa Indonesia. Hal tersebut membuat banyak instansi mulai bergerak dalam bidang kebahasaan salah satunya adalah BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) yang merupakan salah satu institusi di bawah naungan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. BIPA di Universitas Negeri Malang memiliki sebuah program yang bernama In-Country. Program In-Country yang diadakan Universitas Negeri Malang tersebut bekerja sama dengan Universitas Walailak Thailand. Mahasiswa program In-Country dalam mempelajari bahasa Indonesia dapat menggunakan suatu teknik atau metode agar lebih mudah dalam menerima atau memahami kosakata bahasa Indonesia. Salah satu teknik yang dapat diaplikasikan untuk proses pemahaman kosakata terhadap mahasiswa program In-country yaitu menggunakan teknik membaca cepat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model penerapan teknik membaca cepat dan kemampuan pemahaman literal mahasiswa in-country serta mendeskripsikan kosakata yang diperoleh dari pemahaman teks bacaan. Pada penelitian ini teknik membaca cepat dilakukan sebagai salah satu cara untuk mempermudah proses belajar yang dilakukan mahasiswa asing program In-Country. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif ini memberikan penjelasan deskriptif mengenai data-data yang diperoleh dari mahasiswa program In-Country dari Universitas Walaillak Thailand Selatan. Penjelasan deskriptif yang dimaksud pada penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan teknik membaca cepat dan kemampuan pemahaman literal mahasiswa In-Country serta mendeskripsikan kosakata yang diperoleh dari pemahaman isi bacaan. Pada penelitian ini dilakukan selama dua kali pembelajaran yaitu pembelajaran 1 dan pembelajaran 2. Pada setiap pembelajaran mahasiswa asing program In-Country yang telah diberikan sebuah teks yang berkisar 500 kata untuk dibaca menggunakan teknik membaca cepat dan menjawab latihan soal sebagai bentuk pemahaman isi teks. Hasil penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama mahasiswa asing program In-Country mengalami peningkatan dalam membaca cepat yang telah dilakukan pada pembelajaran 1 dan 2 meskipun peningkatan tersebut tidak diperoleh oleh semua mahasiswa . Kedua mahasiswa asing program In-Country memperoleh peningkatan pemahaman literal yang diperoleh dari pemahaman isi bacaan yang dilakukan selama dua kali pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan jika mahasiswa asing program In- Country mengalami perkembangan dalam hal pemahaman kosakata yang dilakukan dengan menggunakan teknik membaca cepat meskipun masih ada yang tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh peneliti. Hal tersebut vi dikarenakan mahasiswa program In-Country belum terbiasa membaca menggunakan teknik membaca cepat dan jika teknik tersebut diajarkan atau dilatihkan kepada para mahasiswa asing program In-Country secara terus-menerus maka akan sangat efisien dalam proses pemahaman kosakata bahasa Indonesia. Karena pada dasarnya teknik membaca cepat bukan hanya sekadar membaca sebuah teks tetapi juga harus mampu memahami isi teks yang dibaca agar dapat menjawab latihan soal yang berhubungan dengan isi teks tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9652

Actions (login required)

View Item View Item