Muatan pendidikan lingkungan dalam buku teks bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII / Ana Bariroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Muatan pendidikan lingkungan dalam buku teks bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII / Ana Bariroh

Bariroh, Ana (2018) Muatan pendidikan lingkungan dalam buku teks bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII / Ana Bariroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Bariroh Ana. 2018. Muatan Pendidikan Lingkungan dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd. Kata Kunci pendidikan lingkungan buku teks Bahasa Indonesia kelas VII Pengintegrasian materi pendidikan lingkungan ke dalam mata pelajaran lain merupakan salah satu perwujudan Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter yakni nilai cinta lingkungan dan tanggung jawab untuk senantiasa menjaga lingkungan. Muatan pendidikan lingkungan di dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia masih memiliki sedikit keganjilan pada pandangan beberapa orang karena banyak yang beranggapan bahwa pendidikan lingkungan (environmental education) adalah ilmu lingkungan (ecology). Saat nilai-nilai karakter dan muatan budaya dalam buku teks banyak diteliti penelitian spesifik mengenai muatan materi pendidikan lingkungan dalam buku teks Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2017 belum pernah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini yakni mendeskripsikan bentuk integrasi muatan pendidikan lingkungan dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Edisi Revisi 2017 sebaran integrasi muatan pendidikan lingkungan dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Edisi Revisi 2017 dan konteks yang melatari muatan pendidikan lingkungan dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Edisi Revisi 2017. Hasil penelitian didapatkan dipaparkan sebagi berikut yakni Pertama terdapat 10 bentuk topik muatan pendidikan lingkungan yang muncul dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII. Bentuk topik muatan tersebut yakni tentang ekosistem sumber daya lingkungan daya dukung lingkungan kepedulian partisipasi estetika kearifan lokal etika lingkungan pengambilan keputusan terhadap isu lingkungan dan kebencanaan. Kedua sebaran muatan pendidikan lingkungan yang muncul dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII tersebut Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih karena penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan mengenai muatan pendidikan lingkungan dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Prosedur pengumpulan data penelitian ini menggunakan studi dokumentasi dengan menganalisis isi tertulis dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Dokumen sebagai sumber utama penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/Mts Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Data verbal yang diteliti dalam penelitian ini adalah kata-kata kalimat paragraf teks gambar maupun soal dan evaluasi yang memuat serta berhubungan dengan pendidikan lingkungan dalam buku siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Analisis data dilakukan dengan tahapan meliputi pengklasifikasian data pengeinterpretasian data dan pendeskripsian hasil analisis data yang dibantu oleh tabel panduan analisis data. Data yang terkumpul diolah dalam dua instrumen pendukung berupa tabel pengumpul data dan tabel pengolah data. ii yakni pada bagian pengantar materi pendukung teks sastra teks non sastra tugas dan gambar. Ketiga konteks yang melatari muatan pendidikan lingkungan yang muncul dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII tersebut yakni tertulis secara tersurat tersirat dan tersorot dalam kalimat di bagian-bagian buku teks seperti dalam bagian pengantar materi pendukung teks sastra teks non sastra tugas dan gambar sehingga menentukan makna dari topik muatan pendidikan lingkungan yang dimaksud dan mendorong siswa untuk lebih melek lingkungan dan sadar bahwa perlu melakukan tindakan untuk lebih melestarikan lingkungan. Berdasarkah hasil tersebut terdapat saran yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan. Pertama untuk guru. Buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII untuk SMP/MTs Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud ini sudah memuat sepuluh topik muatan pendidikan lingkungan. Muatan pendidikan lingkungan di dalam buku teks ini tidak menjadi poin utama yang harus ditonjolkan namun berjalan beriringan dengan muatan pendidikan karakter agar tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai guna membentuk pribadi dan akhlak siswa menjadi lebih terbentuk dan terarah. Kedua untuk penulis atau penyusun buku teks. Bila akan memanfaatkan muatan pendidikan lingkungan topik aktual dan faktual sangat disarankan untuk diangkat dan dijadikan bahasan dalam pembelajaran agar siswa menjadi tertarik dengan bahasan yang ada. Ketiga untuk peneliti selanjutnya. Penelitian tentang integrasi antara muatan pendidikan lingkungan dan mata pelajaran Bahasa Indonesia masih sedikit. Selain itu semakin berkembangnya era modern saat ini membuat dunia pendidikan juga ikut berkembang seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu pendidikan lingkungan yang ada di dalam pendidikan karakter bisa digunakan sebagai varian lain untuk dijadikan objek penelitian karena sama pentingnya dengan bentuk pendidikan karakter yang lain. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9650

Actions (login required)

View Item View Item