Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif menulis karangan narasi dan deskripsi untuk siswa SMP / Aviasa Ragil Bima Nugraha

Nugraha, Aviasa Ragil Bima (2018) Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif menulis karangan narasi dan deskripsi untuk siswa SMP / Aviasa Ragil Bima Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugraha, Aviasa Ragil Bima. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Menulis Karangan Narasi dan Deskripsi untuk Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Martutik, M.Pd. Kata Kunci: media pembelajaran, menulis karangan, multimedia interaktif Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu unsur konkret yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sejalan dengan itu, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah masalah prestasi belajar. Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan prestasi belajar mengalami kegagalan dalam bidang akademik. Faktor-faktor tersebut antara lain faktor yang berada dalam diri siswa maupun faktor yang berada di luar diri siswa. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam mewujudkan sekolah yang efektif, kreatif, dan produktif. Dengan memanfaatkan media, siswa dapat belajar secara mandiri. Tujuan pengembangan bahan ajar ini adalah mengembangkan isi media pembelajaran menulis karangan berbasis multimedia interaktif pada siswa SMP serta untuk mengetahui tingkat kelayakan dan kemenarikan media pembelajaran menulis karangan berbasis multimedia interaktif pada siswa SMP. Penelitian pengembangan ini akan menghasilkan produk berupa CD interaktif berbasis Powerpoint Show, yang dapat dioperasikan dengan menggunakan PC tanpa memperhatikan prosesor PC, OS windows, dan resolusi yang digunakan serta hanya membutuhkan sarana pendukung berupa software Microsoft Office Powerpoint (minimal 2007), CD Room, dan mouse. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Sadiman, dkk (2003:98). Model desain penelitian dan pengembangan Sadiman dirumuskan dalam langkah-langkah sebagai berikut (1) analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, (2) merumuskan tujuan interuksional, (3) pengembangan materi pembelajaran, (4) pengembangan alat evaluasi media, (5) penyusunan naskah media, (6) produksi media, (7) uji coba media, dan (8) revisi media. Uji coba produk ini dilakukan dengan melakukan uji ahli media, ahli materi, praktisi dan siswa. Tujuannya untuk mendapatkan masukan penilaian sebagai langkah pijakan untuk melakukan perbaikan/revisi terhadap kualitas media pembelajaran. Hasil uji media pembelajaran menulis karangan pada aspek kesesuian isi media pembelajaran memperoleh skor rata-rata sebesar 75 %, berarti tergolong layak dan dapat diimplementasikan. Hasil uji media pembelajaran menulis karangan pada kemenarikan media pembelajaran memperoleh skor rata-rata sebesar 75 %, berarti tergolong layak dan dapat diimplementasikan. Media pembelajaran menulis karangan ini menjadi salah satu alternatif sumber belajar menulis karangan. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan, guru disarankan menggunakan media pembelajaran ini dan siswa dapat menggunakan media pembelajaran ini secara mandiri. Pengembangan media pembelajaran ini dapat dijadikan pertimbangan dan sumber inspirasi dalam mengembangkan media pembelajaran menulis karangan yang lebih baik lagi. Selanjutnya, produk pengembangan dapat disebarluaskan melalui jurnal penelitian dan forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9648

Actions (login required)

View Item View Item