Ahasa, Dhela (2018) Konjungsi pada teks eksplanasi karangan siswa kelas IX IS SMA Negeri 1 Tumpang / Dhela Ahasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
iv RINGKASAN Ahasa Dhela. 2018. Konjungsi pada Teks Eksplanasi Karangan Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Pidekso Adi M.Pd. Kata Kunci konjungsi teks eksplanasi. Konjungsi adalah kata atau gabungan kata yang berfungsi untuk menggabungkan bagian-bagian ujaran kata dengan kata frasa dengan frasa klausa dengan klausa atau kalimat dengan kalimat bisa juga antara paragraf dengan paragraf. Selain itu konjungsi juga dapat diartikan sebagai kata tugas yang menghubungkan antarunsur kebahasaan dengan mempertimbangkan logika berpikir guna memaparkan pesan yang jelas. Konjungsi biasa digunakan di beberapa teks salah satunya ialah teks eskplanasi. Teks eksplanasi memiliki ciri yang dapat membedakan dengan teks yang lain. Untuk dapat memahami teks eksplanasi terlebih dahulu mengetahui ciri kebahasaan teks eksplanasi tersebut. Dalam karangan siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Tumpang yaitu teks eksplanasi memerlukan penggunaan konjungsi yang harus tepat. Penggunaan konjungsi yang tepat atau sesuai juga menentukan keformalan suatu teks yang sangat dibutuhkan untuk memperjelas makna atau maksud proposisi atau ide dalam teks tersebut agar mudah dipahami. Pentingnya penelitian ini untuk dilakukan juga didasarkan pada beberapa alasan berikut. Pertama belum ada penelitian tentang penggunaan konjungsi pada teks eksplanasi karangan siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Tumpang. Kemudian yang kedua penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Tumpang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian berupa 93 buah bentuk konjungsi koordinatif dan 48 buah subordinatif yang terdapat dalam karangan siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Tumpang. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menjelaskan terlebih dahulu teks eksplanasi beserta konjungsinya kemudian siswa akan membuat karangan teks eskplanasi berdasarkan pemikiran siswa sendiri. Data diklasifikasikan dan dimasukkan ke dalam tabel sesuai kategori pada wujud konjungsi (intrakalimat dan antarkalimat). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama bentuk konjungsi koordinatif yang ditemukan dalam teks eksplanasi karangan siswa kelas XI IS SMAN 1 Tumpang meliputi konjungi koordinatif antarkalimat dan intrakalimat. Bentuk konjungsi koordinatif antarkalimat meliputi selain itu namun dan dengan tetapi. Sementara itu bentuk konjungsi koordinatif intrakalimat yang ditemukan meliputi dengan dan tetapi yaitu serta. Kedua Bentuk konjungsi koordinatif yang ditemukan dalam teks eksplanasi karangan siswa kelas XI IS SMAN 1 Tumpang meliputi konjungi koordinatif antarkalimat dan intrakalimat. Bentuk konjungsi koordinatif antarkalimat meliputi selain itu namun dan dengan tetapi. Sementara itu bentuk konjungsi koordinatif intrakalimat yang ditemukan meliputi dengan dan tetapi yaitu serta. Ketiga Bentuk konjungsi subordinatif yang ditemukan dalam teks eksplanasi Bentuk konjungsi koordinatif yang ditemukan dalam teks eksplanasi karangan siswa kelas XI IS SMAN 1 Tumpang meliputi konjungi subordinatif antarkalimat dan v intrakalimat. Bentuk konjungsi subordinatif antarkalimat meliputi oleh karena itu agar jika oleh sebab itu. Sementara itu bentuk konjungsi subordinatif intrakalimat meliputi karena seperti sehingga. Keempat Bentuk konjungsi subordinatif yang ditemukan dalam teks eksplanasi Bentuk konjungsi koordinatif yang ditemukan dalam teks eksplanasi karangan siswa kelas XI IS SMAN 1 Tumpang meliputi konjungi subordinatif antarkalimat dan intrakalimat. Bentuk konjungsi subordinatif antarkalimat meliputi oleh karena itu agar jika oleh sebab itu. Sementara itu bentuk konjungsi subordinatif intrakalimat meliputi karena seperti sehingga. Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan dua saran. Pertama saran ditujukan untuk guru. Guru disarankan untuk lebih mengajarkan kepada siswa tentang konjungsi yang terdapat di dalam teks eksplanasi dan cara menggunakan konjungsi khususnya dalam menyusun teks eksplanasi. Bentuk konjungsi yang digunakan oleh siswa merupakan gambaran pengetahuan dan kebiasaan siswa. Pada kenyataannya penggunaan konjungsi tersebut merupakan informasi tentang pengetahuan dan pemahaman siswa kelas XI yang diberikan oleh guru. Kedua saran ditujukan untuk siswa. Siswa hanya akan menggunakan kosakata yang tersimpan dalam benak mereka untuk digunakan dalam merangkai kata-kata. Kosakata yang telah tersimpan tersebut akan tereliasasi dalam bentuk kata-kata sesuai pemahaman siswa. Apabila kosakata yang dibutuhkan untuk mewakili salah satu konsep makna tetapi kosakata tersebut tidak ditemukan maka siswa akan mengambil kosakata yang lain untuk mewakilinya. Oleh karena itu siswa disarankan untuk lebih banyak membaca dan mempelajari tentang bentuk konjungsi tidak hanya pada teks eksplanasi tetapi juga pada teks yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 08 Oct 2019 03:40 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9647 |
Actions (login required)
View Item |