Pengembangan modul menulis cerita fantasi dengan media gambar seri Petualangan Bambam untuk siswa kelas VII SMP/MTs / Ainul Latifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul menulis cerita fantasi dengan media gambar seri Petualangan Bambam untuk siswa kelas VII SMP/MTs / Ainul Latifah

Latifah, Ainul (2018) Pengembangan modul menulis cerita fantasi dengan media gambar seri Petualangan Bambam untuk siswa kelas VII SMP/MTs / Ainul Latifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Latifah Ainul. 2018. Pengembangan Modul Menulis Cerita Fantasi dengan Sumber Ide Gambar Seri Petualangan Bambam untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. Kata Kunci pengembangan modul menulis cerita fantasi Menulis merupakan kegiatan menuangkan gagasan atau ide dalam bentuk tulisan. Keterampilan menulis dianggap sebagai suatu proses maupun suatu hasil. Salah satu bentuk pembelajaran menulis di SMP adalah pembelajaran menulis cerita fantasi. Dalam Kurikulum 2013 revisi 2016 salah satu kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa kelas VII yakni siswa mampu menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi secara tulis maupun lisan dengan memerhatikan struktur dan penggunaan bahasa. Berdasarkan hasil studi pendahuluan ditemukan akan kesulitan mendapatkan bahan ajar berupa modul yang dapat membantu siswa untuk menemukan ide atau topik untuk dikembangkan menjadi cerita fantasi. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (a) mengembangkan modul menulis cerita fantasi dengan sumber ide gambar seri petualangan Bambam dengan memperhatikan aspek isi kegrafikaan dan kebahasaan dan (b) mendeksripsikan hasil uji kelayakan modul menulis cerita fantasi dengan sumber ide gambar seri petualangan Bambam Sebagai upaya untuk mencapai tujuan di atas peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Akan tetapi peneliti tidak menggunakan semua tahapan pada metode Borg and Gall. Peneliti memvariasikan menjadi tujuh tahap yakni (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) validasi ahli dan praktisi (5) revisi hasil validasi ahli dan praktisi (6) uji coba lapangan (siswa) dan (7) penyempurnaan produk akhir. Penilaian uji coba modul dihasilkan dari tiga aspek yaitu aspek isi kegrafikaan dan kebahasaan. Data dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri atas dua jenis data yaitu data verbal deskriptif dan data numerik. Data verbal tertulis berasal dari saran dan komentar yang terdapat pada lembar angket penilaian. Data numerik diperoleh dari hasil penilaian subjek uji terhadap produk berupa skor yang terdapat dari angket penilaian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket/kuesioner dan pedoman wawancara. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa modul cetak yang berjudul Berfantasi Melalui Gambar Seri Petualangan Bambam yang dikembangkan dari Kompetensi Dasar 3.4 Menelah struktur dan kebahasaan dan 4.4 Menyajian gagasan kreatif. Modul ini menggunakan landasan model pembelajaran pedagogic genre. Isi modul terdiri atas lima unit kegiatan yang masing-masing memiliki sub unit/sub kegiatan. Sub unit/sub kegiatan terdiri atas 1) membangun konteks 2) pemodelan 3) perhatikan contoh 4) mengonstruksi secara terbimbing dan 5) mengonstruksi secara mandiri. Kegrafikaan modul disajikan sesuai dengan standar ISO yakni B5 182 X 257 mm dengan tebal kertas ii 70 gram dan dicetak bolak balik. Margin modul menggunakan margin atas bawah dan kanan 2 cm sementara margin kiri ukuran 4 cm. Modul menggunakan jenis font yang beragam sesuai dengan subtansi. Bahasa yang digunakan adalah ragam bahasa Indonesia formal komunikatif dan tentunya sesuai dengan perkembangan siswa SMP kelas VII agar siswa dapat memahami modul dengan baik. Hasil validasi ahli materi pada aspek isi rata-rata 85% aspek kegrafikaan rata-rata 79 16% dan aspek kebahasaan rata-rata 75%. Hasil validasi ahli penyusunan bahan ajar pada aspek isi rata-rata 71 42% aspek kegrafikaan rata-rata 84 61% dan aspek kebahasaan rata-rata 100%. Selain itu saran meliputi 1) teks berbeda dari latihan dan kegiatan 2) landasan teori menggunakan pedagogic genre 3) memunculkan gambar seri pada latihan mandiri serta gambar seri memuat struktur cerita fantasi dan 4) nomor seri tercantum dalam gambar seri Hasil uji praktisi pada aspek isi rata-rata 97 5% aspek kegrafikaan rata-rata 90% dan aspek kebahasaan rata-rata 100%. Selain itu diperoleh saran dan komentar. Saran meliputi 1) gambar harus mendukung konsep materi dan 2) gambar seri tergambar secara rinci. Hasil uji coba lapangan pada aspek isi rata-rata 83 97% aspek kegrafikaan 86 71% dan aspek kebahasaan rata-rata 87 5%. Selain itu diperoleh komentar meliputi 1) gambar seri lucu dan 2) materi didukung dengan gambar ilustrasi. Berdasarkan hasil validasi dan uji praktisi dilakukan tindak lanjut revisi terhadap modul dengan mengubah model pembelajaran menjadi pedagogic genre mengganti struktur latihan mencantumkan nomor seri pada gambar seri mengganti gambar ilustrasi dan mengubah beberapa gambar seri menjadi lebih rinci. Modul menulis cerita fantasi dengan sumber ide gambar seri petualangan Bambam hanya dapat dimanfaatkan atau digunakan pada sekolah dengan kriteria tertentu misalkan sekolah yang dijadikan penulis sebagai tempat uji coba dan tempat penulis untuk mendapat informasi untuk tahap pra pengembangan. Hal ini disebabkan modul diuji cobakan hanya pada tahap uji coba lapangan kelompok terbatas. Pada guru dan siswa dengan catatan sebagai bahan tambahan untuk pembelajaran menulis cerita fantasi atau bahan berlatih menulis cerita fantasi di rumah. Untuk peneliti lain dapat digunakan sebagai acuan mengembangkan produk yang sama dan juga dapat dilanjutkan pada tahap penelitian pengembangan lebih lanjut. Agar dapat digunakan pada semua sekolah jenjang menengah pertama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9646

Actions (login required)

View Item View Item