Suhendra, Alan (2018) Analisis tema dan citraan dalam puisi siswa 'Sekolah Alam' Mi Al Ikhlas kelas VI tahun 2016/2017 / Alan Suhendra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Suhendra Alan. 2018. Analisis Tema dan Citraan dalam Puisi Siswa Sekolah Alam Mi Al Ikhlas Kelas Vi Tahun 2016/2017. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd Kata Kunci analisis tema citraan puisi sastra anak Sastra anak adalah sastra yang dapat ditanggapi dan dipahami secara emosional psikologis oleh anak. Pada umumnya sastra anak berawal dari fakta yang konkret dan mudah diimajinasikan. Sastra anak dibatasi oleh pengalaman dan pengetahuan anak. Pengalaman dan pengetahuan anak dapat dipahami oleh dunia yang sesuai dengan perkembangan emosi dan kejiwaannya. Sastra anak adalah sastra yang mereka baca dengan karakteristik berbagai ragam tema dan format. Sastra anak berkisah tentang kehidupan baik manusia binatang tumbuhan maupun yang lain. Puisi merupakan karya sastra yang memiliki kriteria (a) bahasa dipadatkan (b) dipersingkat (c) diberi irama dengan bunyi dan (d) dimasukkan pilihan kata-kata kias (imajinatif). Walaupun singkat dan padat setiap kata memiliki kekuatan pengucapan. Karena itu kata-kata yang bermakna konotasi atau makna tambahan dibuat dengan bahasa figuratif. Puisi mengandung bahasa konotatif karena terdapat banyak makna kias dan lambang (majas). Puisi selalu dipengarui oleh latar belakang penyair. Penentuan tema puisi yang ditulis penyair bersifat khusus objektif dan lugas. Pikiran atau perasaan menimbulkan pokok pikiran yang disebut dengan tema puisi. Pikiran atau perasaan dipengaruhi diri penyair sehingga menjadi dasar cerita yang digunakan untuk menciptakan sebuah puisi. Selain itu puisi menggunakan citraan yang berupa gambaran-gambaran gagasan penyair. Gagasan tersebut dihasilkan oleh penangkapan panca indera yaitu mata syaraf pengelihatan dan daerah-daerah otak yang berhubungan. Berdasarkan latar belakang di atas secara umum fokus penelitian ini yaitu Tema dan Citraan Puisi Siswa Sekolah Alam MI Al Ikhlas Kelas VI Tahun 2016/2017 . Secara khusus fokus penelitian ini yaitu (1) tema dan (2) citraan dalam puisi siswa kelas VI MI Al Ikhlas tahun 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian kualitatif berupaya mendeskripsikan makna data atau fenomena yang dapat ditangkap oleh peneliti dengan menunjukkan bukti-buktinya. Pendekatan ini dipilih karena peneliti berusaha memaparkan secara deskriptif tema dan citraan dalam puisi karya siswa sekolah alam. Sumber data penelitian ini adalah puisi-puisi siswa sekolah alam MI Al Ikhlas Kepanjen. Data diperoleh dari siswa kelas VI tanpa memberikan tindakan tertentu untuk menghindari interferensi. Data penelitian ini merupakan hasil tabulasi analisis tema dan citraan puisi siswa sekolah alam MI Al ikhlas Kepanjen. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi wawancara guru pengambilan data wawancara siswa (random sampling) tabulasi data ii kodifikasi data analisis data uji keabsahan data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah isi puisi siswa sekolah alam MI Al Ikhlas. Analisis data merupakan upaya yang dilakukan untuk mengungkapkan proses pengorganisasian dan pengurutan tema dan citraan yang terdapat pada puisi siswa sekolah alam MI Al Ikhlas. Hasil kegiatan tersebut adalah pola kategori yang sesuai uraian yang digunakan sebagai bahan penarikan kesimpulan tentang tema dan citraan. Tahap selanjutnya yaitu klasifikasi dan analisis berdasarkan fokus penelitian. Berdasarkan pelaksanaan tahapan tersebut dipaparkan hasil dan temuan penelitian yang mencakup tema dan citraan. Dari ketiga tema yang disebutkan Burhan (2005) ditemukan dua tema yaitu (1) Orang tua dan Guru (2) Binatang dan Lingkungan Alam. Akan tetapi dalam penelitian ini juga ditemukan tema Persahabatan . Tema yang paling banyak ditemukan yaitu Orang tua dan Guru dan Binatang dan Lingkungan Alam . Dari kelima citraan yang disebutkan Burhan (2005) ditemukan empat citraan yaitu (1) Pengelihatan (2) Perabaan (3) Pencecapan dan (4) Gerak. Akan tetapi dalam penelitian ini juga ditemukan citraan Perasaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9645 |
Actions (login required)
View Item |