Al-a'laa, Notara Ratu Jelyta Draydhie (2017) Pengembangan media pembelajaran menyimak cerita wayang untuk SMP kelas IX KTSP berbasis multimedia interaktif / Notara Ratu Jelyta Draydhie Al-a'laa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Al-a laa Notara Ratu Jelyta Draydhie. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Menyimak Cerita Wayang untuk SMP Kelas IX KTSP Berbasis Multimedia Interaktif. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Suyono M.Pd Kata Kunci pengembangan media pembelajaran menyimak cerita wayang pembelajaran menyimak multimedia interaktif Menemukan pesan dari cerita wayang merupakan salah satu kompetensi dasar KTSP mata pelajaran bahasa Jawa kota Malang yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas IX tingkat SMP/MTs. Kompetensi ini termasuk dalam aspek mendengarkan dan mengerucut pada kegiatan menyimak. Kegiatan menyimak cerita wayang ini dapat meningkatkan tingkat pemahaman peserta didik terhadap isi pesan yang terkandung dalam cerita wayang dan merealisasikan terhadap kehidupan sehari-hari mereka. Akan tetapi hal tersebut belum tercapai dikarenakan adanya beberapa hambatan. Hambatan tersebut antara lain yaitu dari faktor internal dan faktor eksternal. Hambatan faktor internal adalah hambatan yang datang dari diri peserta didik sendiri sedangkan hambatan faktor eksternal adalah hambatan yang terkait dengan fasilitas pembelajaran yaitu media pembelejaran dan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru. Berkaitan dengan hal tersebut perlu adanya pengembangan media pembelajaran menyimak cerita wayang yang dapat mengatasi beberapa hambatan. Hal ini dimaksudkan untuk memfasilitasi dan mendukung proses pembelajaran menyimak cerita wayang di tingkat SMP/MTs. Adapun beberapa hal yang mendasari pentingnya pengembangan media pembelajaran yakni kebutuhan peserta didik dan tuntutan guru untuk dapat memfasilitasi peserta didik menguasai kompetensi sesuai tuntutan kurikulum dengan menyajikan proses belajar yang berkualitas dengan memperhatikan karakteristik peserta didik tingkat SMP kelas IX. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran menyimak cerita wayang kelas IX SMP KTSP berbasis multimedia interaktif. Tujuan umum tersebut dapat dirinci menjadi beberapa tujuan khusus yaitu (1) menghasilkan media pembelajaran bahasa Jawa menyimak cerita wayang untuk SMP kelas IX KTSP berbasis multimedia interaktif disertai dengan penyajian materi (2) menghasilkan media pembelajaran bahasa Jawa menyimak cerita wayang untuk SMP kelas IX KTSP berbasis multimedia interaktif disertai dengan penyajian tampilan yang interaktif dan (3) menghasilkan media pembelajaran bahasa Jawa menyimak cerita wayang untuk SMP kelas IX KTSP berbasis multimedia interaktif disertai dengan penyajian bahasa komunikatif. Dalam penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall. Dari model pengembangan tersebut terdapat 5 tahapan prosedur penelitian pengembangan yaitu (1) tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) uji coba dan (5) revisi. Produk hasil penelitian dan pengembangan ini diuji coba kepada ahli materi menyimak cerita wayang ahli media pembelajaran praktisi (guru Jawa) dan kelompok kecil peserta didik yang beranggotakan 10 siswa dengan membagikan angket. Berdasarkan data hasil uji validasi produk yakni diklasifikasikan berdasarkan kelayakan isi media pembelajaran kelayakan komponen/ sajian media pembelajaran kelayakan bahasa media pembelajaran dan kelayakan tampilan media pembelajaran. Klasifikasi tersebut simpulan dari hasil uji coba ahli praktisi dan lapangan. Berikut adalah hasil rekapitulasi dari beberapa klasifikasi hasil uji validasi produk media. Kelayakan isi memperoleh presntase rata-rata 83%. Kelayakan komponen/ sajian media pembelajarn memperoleh presentase rata-rata 88%. Kelayakan bahasa media pembelajaran memperoleh presentase rata-rata 84%. Kelayakan tampilan media pembelajaran memperoleh presentase rat-rata 82%. Media pembelajaran yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini diberi judul Nyemak Crita Pewayangan. Media pembelajaran ini terdiri atas 6 bagian. Bagian 1 memuat kalimat pembuka standar kompetensi kompetensi dasar dan indikator. Bagian 2 memuat tokoh wayang asal usul crita wayang dan jinise basa. Bagian 3 memuat larah-larahane nemtokake pesen crita pawayangan audio cerita wayang berjudul Resi Durna lan Duryudana video wayang kulit berjudul Karna dadi Senapati dan video cerita wayang orang berjudul Rembugan Baratayuda. Bagian 4 memuat 3 bagian soal sesuai judul cerita wayang pada bagian 3. Bagian 5 memuat kamus bahasa Jawa dan atau bahasa Kawi . Bagian 6 memuat profil pengembang. Adapun beberapa saran pemanfaatan produk yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini yakni ditujukan pada pihak-pihak yang berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran menyimak cerita wayang guru agar dapat memanfaatkan media pembelajaran secara optimal peserta didik agar memanfaatkan produk untuk menemukan isi pesan cerita wayang secara mandiri dan diseminasi produk agar disebarluaskan melalui jurnal penelitian forum MGMP Kota/ Kabupaten Malang serta media sosial.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9636 |
Actions (login required)
View Item |