Pengembangan bahan ajar menulis teks anekdot dengan gambar meme untuk siswa kelas X SMA / Oktavia Era Iriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis teks anekdot dengan gambar meme untuk siswa kelas X SMA / Oktavia Era Iriana

Iriana, Oktavia Era (2017) Pengembangan bahan ajar menulis teks anekdot dengan gambar meme untuk siswa kelas X SMA / Oktavia Era Iriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Iriana Oktavia Era. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Anekdot dengan Gambar Meme untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Siti Cholisatul Hamidah M. Pd. Kata kunci bahan ajar menulis teks anekdot gambar meme Bahan ajar adalah alat bantu yang digunakan oleh segala pihak yang terlibat dalam pembelajaran agar kompetensi yang diinginkan dapat tercapai secara maksimal. Pentingnya bahan ajar dalam sebuah pembelajaran diperlukan guru sebagai untuk memilih bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswanya. Berdasarkan hasil studi pendahaluan yang dilakukan peneliti melalui wawancara dan angket siswa ditemukan beberapa kelemahan bahan ajar di antaranya bahan ajar yang digunakan dalam mencari ide penulisan teks anekdot kurang memadai. Hal ini dapat menyulitkan siswa dalam proses penulisan teks anekdot. Berdasarkan hasil studi pendahuluan tersebut peneliti berusaha menciptakan sebuah inovasi bahan ajar dengan memanfaatkan gambar meme sebagai alternatif dalam mencari ide penulisan teks anekdot. Tujuan penelitian pengembangan ini dibagi menjadi tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan penelitian secara umum yaitu (1) menghasilkan produk bahan ajar dan (2) melaporkan hasil uji coba produk bahan ajar. Tujuan penelitian secara khusus yaitu (1) menghasilkan deskripsi isi bahan ajar yang relevan dengan kompetensi dasar menulis teks anekdot (2) menghasilkan sistematika penyajian bahan ajar yang sesuai dengan tahapan menulis teks anekdot (3) menghasilkan penggunaan bahasa yang sesuai dengan kaidah komunikatif dan santun untuk siswa kelas X SMA dan (4) menghasilkan tampilan bahan ajar yang menarik dan sesuai untuk siswa kelas X SMA. Berdasarkan hasil uji produk yang telah dilakukan peneliti dengan ahli penulisan teks anekdot ahli bahan ajar praktisi dan lapangan diperoleh beragam skor. Pada aspek isi ahli penulisan teks anekdot mendapatkan skor 96 88%. Ahli bahan ajar mendapatkan skor 79 16%. Praktisi mendapatkan skor 76 04%. Uji lapangan mendapatkan skor 87 6%. Pada aspek sitematika ahli penulisan teks anekdot mendapatkan skor 100%. Ahli bahan ajar mendapatkan skor 65%. Praktisi mendapatkan skor 87 5%. Uji lapangan mendapatkan skor 87 8%. Pada aspek bahasa ahli penulisan teks anekdot mendapatkan skor 100%. Ahli bahan ajar mendapatkan skor 75%. Praktisi mendapatkan skor 81 25%. Uji lapangan mendapatkan skor 89 06%. Pada aspek tampilan ahli bahan ajar mendapatkan skor 68 75%. Praktisi mendaptkan skor 81 25%. Uji lapangan mendapatkan skor 90 62%. Skor yang telah mencapai nilai minimal 75% dikatakan layak implementasi sedangkan skor yang mendapatkan nilai 8804 75% akan mengalami revisi. Selain didapatkan data nonverbal berupa skor peneliti juga memperoleh data verbal berupa komentar dan saran. Berdasarkan komentar dan saran tersebut peneliti akan melakukan revisi terhadap bahan ajar. Hasil pengembangan bahan ajar menulis teks anekdot dengan gambar meme menghasilkan isi bahan ajar yang memuat materi teks anekdot contoh teks anekdot dan latihan sesuai dengan perkembangan siswa. Sistematika bahan ajar ini terdiri atas lima kegitan. Kegiatan pertama adalah mengenal ciri isi struktur dan kebahasaan teks anekdot. Kegiatan kedua adalah mencari ide teks anekdot dengan gambar meme. Kegiatan ketiga adalah menyusun kerangka teks anekdot. Kegiatan keempat adalah menulis teks anekdot. Kegiatan kelima adalah merevisi teks anekdot. Bahasa yang digunakan dalam bahan ajar menggunakan ragam bahasa baku santun interaktif dan komunikatif. Tampilan bahan ajar menggunakan perpaduan warna-warna cerah dan dilengkapi berbagai ilustrasi gambar untuk menambah kemenarikan bahan ajar. Penyebarluasan produk bahan ajar menulis cerpen ini dapat dilakukan dengan cara (1) disajikan dalam seminar ke sesama mahasiswa (2) artikel dari hasil penelitian diunggah ke jurnal online perpustakaan dan (3) produk ini juga bisa disebarluaskan melalui forum MGMP bahasa Indonesia. ABSTRACT Iriana Oktavia Era. 2017. Development of Textbook Writing Anecdotal Text with Meme Images for High School X Students.Thesis Department of Indonesian Literature Faculty of Letters State University of Malang. Advisor Dr. Siti Cholisatul Hamidah M. Pd. Keywords textbook writing anecdotal text meme images Textbook is a tool used by all parties involved in learning so that the desired competence can be achieved maximally. The importance of textbook in a learning required teachers as to choose the textbook that fit the needs of their students. Based on the results of the study done by researchers through interviews and questionnaires of students found some weakness of textbook in between textbook used in searching the idea of writing anecdotal text less adequate. This can make it difficult for students in the process of writing anecdotal text. Based on the results of the preliminary study the researchers tried to create an innovation of textbook by utilizing meme images as an alternative in searching for anecdotal text writing ideas. The purpose of this development study is divided into general and specific objectives. The general objectives of the research are (1) to produce textbook product and (2) to report the result of teaching material product experiment. The objectives of the study are (1) to produce a description of the content of the textbook relevant to the basic competence of writing anecdotal text (2) to produce a systematic presentation of the textbook in accordance with the stages of writing anecdotal text (3) to produce the language according to the rules Communicative and well-mannered unstuck high school students of SMA X and (4) produces interesting and appropriate teaching material for high school students. Based on the results of product tests that have been done by researchers with anecdotal text writing experts materials experts practitioners and field obtained various scores. On the content aspect anecdote text writers scored 96.88%. Expert material scored 79.16%. Practitioners got a score of 76.04%. The field test scored 87.6%. In the aspect of sitematics anecdote text writers get a score of 100%. Expert materials get 65% score. Practitioners scored 87.5%. The field test scored 87.8%. In the language aspect anecdote text writers get a score of 100%. Expert materials get a score of 75%. Practitioners scored 81.25%. The field test scored 89.06%. In the aspect of the display experts of textbook get score of 68.75%. Practitioners got a score of 81.25%. Field test scored 90.62%. A score that has reached a minimum of 75% is considered feasible implementation while a score that gets a value of 8804 75% will be revised. Besides mendaptkan nonverbal data in the form of scores researchers also obtain verbal data in the form of comments and suggestions. Based on these comments and suggestions researchers will make revisions to textbook. The result of developing textbook writing anecdotal text with meme images produces the content of the textbook containing anecdotal text material anecdotal text samples and exercises according to student progress. The systematic of this resource consists of five activities. The first activity is to recognize the characteristics of the content structure and language of anecdotal text. The second activity is looking for anecdot text ideas with meme images. The third activity is to construct an anecdotal text framework. The fourth activity is writing anecdotal text. The fifth activity is revising anecdotal text. The language used in textbook uses a variety of standard languages polite interactive and communicative. Display of textbook using a combination of bright colors and equipped illustrations to enhance the attractiveness of textbook. The dissemination of teaching and learning materials can be done in (1) seminar to fellow students (2) articles from research results uploaded to library online journals and (3) these products can also be disseminated through the Indonesian MGMP forum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9635

Actions (login required)

View Item View Item