Teks anekdot karya siswa kelas X SMK Negeri 2 Malang tahun pelajaran 2016/2017 / Feti Nur Aini

Aini, Feti Nur (2017) Teks anekdot karya siswa kelas X SMK Negeri 2 Malang tahun pelajaran 2016/2017 / Feti Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aini, Feti Nur. 2017. Teks Anekdot Karya Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd. Kata Kunci: menulis, teks anekdot, kelas x Kurikulum yang digunakan pada saat ini adalah Kurikulum 2013. Pada Kurikulum 2013 terdapat kompetensi-kompetensi dasar yang memuat 4 keterampilan berbahasa. Salah satu keterampilan berbahasa yang terdapat dalam Kurikulum 2013 adalah menulis. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang mengacu pada Kurikulum 2013 menekankan pembelajaran berbasis teks. Pada jenjang sekolah menengah atas, yakni kelas X terdapat berbagai macam teks yang dipelajari, salah satunya adalah teks anekdot. Teks anekdot mempunyai tiga aspek penting, yaitu struktur isi, ciri kebahasaan, dan isi. Tiga aspek tersebut yang akan menentukan kekreatifan siswa dalam menulis teks anekdot. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan teks anekdot karya siswa kelas X SMK Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa dokumen teks anekdot karya siswa kelas X SMK Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2016/2017. Data dalam penelitian ini bersumber dari siswa kelas X jurusan Perawat Sosial SMK Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pengumpulan data dan instrumen analisis data. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis. Kegiatan analisis data dimulai sejak tahap pengumpulan data, tahap kodifikasi data, tahap reduksi data sampai tahap memasukkan data ke dalam tabel analisis data. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, teks anekdot dikaji dari kelengkapan struktur isinya ditemukan dua pola struktur/urutan, yaitu (1) lengkap (judul-abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda), (2) tidak lengkap: (a) (judul-orientasi-krisis-reaksi-koda), (b) (judul-orientasi-krisis-reaksi), (c) (orientasi-krisis-reaksi-koda), dan (d) (judul-orientasi-krisis). Struktur isi teks anekdot terdiri dari 6 unsur yaitu: (a) judul, (b) abstraksi, (c) orientasi, (d) krisis, (e) reaksi, dan (f) koda. Pada unsur yang pertama judul, ditemukan tiga variasi makna judul, yaitu makna lugas, makna simbolik berisi kritikan/sindiran, dan makna lugas berisi kritikan/sindiran. Pada unsur yang kedua abstraksi ditemukan dua variasi gambaran umum, yaitu gambaran umum peristiwa dan gambaran umum tokoh utama. Pada unsur yang ketiga yaitu orientasi, ditemukan sembilan variasi pengenalan, yaitu (1) pengenalan latar suasana, (2) pengenalan latar belakang konflik, (3) pengenalan latar suasana dan tempat, (4) pengenalan latar tempat dan latar belakang konflik, (5) pengenalan tokoh dan latar belakang konflik, (6) pengenalan latar tempat, waktu, dan konflik, (7) pengenalan latar suasana, tempat, dan latar belakang konflik, (8) pengenalan tokoh, latar tempat dan latar belakang konflik, dan yang terakhir (9) pengenalan tokoh, latar suasana, tempat, dan latar belakang konflik. Pada unsur keempat krisis ditemuakan dua variasi permasalahan isi yaitu, konflik, dan konflik berisi kritikan/sindiran. Pada unsur kelima yaitu reaksi ditemukan lima variasi respon, yaitu (1) respon berupa spontanitas, (2) respon berupa tanggapan, (3) respon berupa penyelesaian masalah serta unsur humor, (4) respon berupa tanggapan serta unsur humor, dan (5) respon berupa tanggapan, unsur humor, serta kritikan/sindiran. Pada unsur yang terakhir koda ditemukan lima variasi penutup, yaitu (1) penutup berupa tindakan, (2) penutup berupa ekspresi, (3) penutup berupa tindakan dan ekspresi, dan (4) penutup berupa tindakan dan penyelesaian masalah. Kedua, teks anekdot dikaji dari ciri kebahasaannya mempunyai dua unsur kebahasaan, yaitu (1) kata yang menunjukkan cerita masa lalu/masa lampau dan (2) kalimat/kata seru. Pada unsur kebahasaan yang pertama terdapat empat variasi kata yang menunjukkan cerita masa lalu/masa lampau, yaitu (1) suatu hari, (2) pada suatu hari, (3) di suatu desa, dan (4) kemarin. Pada unsur kebahasaan yang kedua terdapat dua variasi kalimat/kata seru berdasarkan tujuan penegasannya, yaitu (1) kalimat/kata seru untuk menegaskan permasalahan/konflik, dan (2) kalimat/kata seru untuk menegaskan ekspresi. Ketiga, teks anekdot dikaji dari isinya mempunyai tiga unsur isi, yaitu (1) unsur humor/kelucuan, (2) unsur kritikan/sindiran, dan (3) unsur peristiwa. Pada unsur isi yang pertama yaitu humor/kelucuan terdapat empat variasi dalam menuangkan unsur humor di dalam teks, yaitu (1) dituangkan dengan cerita ketidakpahaman tokoh, (2) dituangkan dengan cerita tindakan tokoh yang apa adanya, (3) dituangkan dengan cerita reaksi tokoh menganggap sama dua hal yang berbeda, dan (4) dituangkan dengan cerita ekspresi yang berlebihan. Pada unsur isi yang kedua terdapat tiga variasi kritikan/sindiran berdasarkan sasaran, yaitu (1) kritikan/sindiran terhadap tindakan, (2) kritikan/sindiran terhadap kebijakan, dan (3) kritikan/sindiran terhadap kondisi. Pada unsur isi yang ketiga terdapat tiga jenis peristiwa berdasakan keberpengaruhannya yaitu, (1) fungsional, (2) kaitan, dan (3) acuan. Pertama, saran bagi guru Bahasa Indonesia, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai materi tambahan bagi siswa untuk lebih mengenal teks anekdot dan guru lebih memperhatikan penyampaian materi teks anekdot yang mencakup 3 aspek (struktur isi, ciri kebahasaan, dan isi), supaya siswa lebih kreatif lagi dalam menyusun teks anekdot. Kedua, kepada calon peneliti selanjutnya dapat memanfaatkan hasil penelitian seperti yang dipaparkan pada simpulan di atas untuk meneliti 3 aspek penting (struktur isi, ciri kebahasaan, dan isi) dengan subjek lain, atau membandingkan karangan teks anekdot siswa SMK dan siswa SMA dengan tujuan mengetahui perbandingan karangan siswa yang berlatar belakang jurusan berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9634

Actions (login required)

View Item View Item