Kajian nilai moral sosial dalam Serat Wulang Reh sebagai bahan ajar siswa kelas VII SMP Malang / Umu Nur Afia

Afia, Umu Nur (2017) Kajian nilai moral sosial dalam Serat Wulang Reh sebagai bahan ajar siswa kelas VII SMP Malang / Umu Nur Afia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afia, Umu Nur. 2017. Kajian Nilai Moral Sosial dalam Serat Wulang Reh sebagai Bahan Ajar Siswa Kelas VII SMP Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. H. A. Syukur Ghazali M.Pd. Kata Kunci: nilai moral sosial, macapat, Serat Wulang Reh Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan wujud-wujud nilai moral sosial yang terkandung dalam tembang macapat untuk diinternalisasikan kepada siswa kelas VII SMP. Tembang macapat merupakan penggolongan dari kesusastraan tulis yang memiliki banyak jenis. Tembang macapat pada penelitian ini diambil dari Serat Wulang Reh. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa nilai moral dengan wujud kata-kata yang menunjukkan nilai moral sosial dalam tembang macapat. Sumber data penelitian ini adalah tembang yang terdapat dalam Serat Wulang Reh. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Supaya diperoleh temuan yang dapat dipercaya keabsahannya, maka peneliti perlu meninjau kembali kredibilitas data yang telah diperoleh menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data berupa ketekunan pengamatan. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, penyelesaian. Hasil penelitian meliputi, wujud nilai moral sosial berdasarkan hubungan manusia dengan manusia yang terkandung dalam tembang macapat yang ada pada Serat Wulang Reh meliputi, (a) jujur ditemukan pada tembang gambuh khususnya pada bait kedua dan keenam belas, (b) kerja keras ditemukan pada tembang kinanthi bait pertama, durma bait pertama, dan sinom bait ketujuh belas, (c) sopan ditemukan pada tembang kinanthi bait kedelapan, pangkur bait pertama dan ketujuh, maskumambang bait kelima, durma bait ketujuh, wirangrong bait pertama dan keenam, pucung bait ketiga belas, mijil bait pertama, dan girisa bait ketujuh, (d) sabar ditemukan pada tembang durma bait pertama, wirangrong bait keenam, mijil bait pertama, dan sinom bait ketujuh belas, (e) adil ditemukan pada tembang pucung khususnya pada bait ketujuh dan kedelapan, (f) patuh pada peraturan sosial terdapat pada tembang pangkur khususnya pada bait pertama, (g) bertanggungjawab terdapat pada tembang kinanthi bait kedua, pangkur bait pertama, maskumambang bait kelima, wirangrong bait keenam, pucung bait kedelapan, mijil bait pertama, dan asmaradana bait kedua puluh dua. Nilai moral sosial berdasarkan hubungan manusia dengan alam juga ditemukan pada tembang-tembang tersebut. Selain itu, pada penelitian ini ditemukan 21 bait tembang yang sesuai digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9633

Actions (login required)

View Item View Item