Anggita, Faradiba Sofia (2017) Analisis teknik penokohan cerpen karya siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Malang / Faradiba Sofia Anggita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Anggita Faradiba Sofia. 2017. Analisis Teknik Penokohan pada Cerpen Karya Siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Hj. Ida Lestari M.Si. Kata Kunci Cerpen teknik penokohan langsung teknik penokohan tidak langsung Salah satu jenis teks yang diajarkan untuk mengembangkan keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA berdasarkan Kurikulum 2013 adalah menyusun teks cerpen. Pada jenjang pendidikan sebelumnya teks cerpen ini juga telah diajarkan pada kelas VIII SMP/MTS. Hal ini didasari atas pertimbangan bahwa teks cerpen perlu diajarkan secara berkesinambungan. Selain itu teks ini merupakan salah satu jenis teks yang membutuhkan proses kreativitas yang tinggi hal itu disebabkan dalam penulisan cerpen dibutuhkan ide perasaan maupun pikiran kreatif untuk menghasilkan cerpen yang menarik bagi pembaca. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti laksanakan di SMA Negeri 5 Malang khususnya di kelas XI IPS2 ditemukan bahwa tidak semua siswa dapat menguasai dan memvariasikan teknik penokohan teks cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dua fokus penelitian. Pertama teknik penokohan secara langsung/analitik yakni tuturan pengarang. Kedua teknik penokohan secara tidak langsung/dramatik yang meliputi penampilan tokoh cakapan tingkah laku pikiran dan perasaan arus kesadaan reaksi tokoh reaksi tokoh lain dan pelukisan latar dalam cerpen karya siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kajian teks yang merupakan salah satu jenis dari penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 5 Malang. Sumber data dalam penelitian ini berupa teks cerpen karya siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Malang. Data penelitian ini berupa penggalan cerpen karya siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Malang yang menunjukkan teknik penokohan. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi cerpen karya siswa yang sudah ada sebagai tugas dari guru bahasa Indonesia. Instrumen yang digunakan terdiri atas instrumen kunci dan pelengkap. Peneliti menjadi instrumen kunci penelitian ini. Instrumen pelengkap berupa pedoman kodifikasi data dan pedoman analisis data. Data dianalisis dengan prosedur (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi tahap persiapan pelaksanaan dan penyelesaian. Dalam menentukan keabsahan temuan peneliti melakukan diskusi dengan dosen pembimbing dan teman sejawat. Hasil penelitian ini berupa deskripsi tentang teknik penokohan secara langsung dan tidak langsung. Berdasarkan analisis data diperoleh dua hasil sebagai berikut. Pertama teknik penokohan secara langsung/analitik yakni tuturan pengarang. Tuturan pengarang merupakan tuturan langsung dari pengarang untuk mendiskripsikan watak dan sifat tokoh dalam cerpen. Selain itu terdapat tuturan pengarang yang menunjukan pelukisan fisik tokoh. Kedua teknik penokohan secara tidak langsung. teknik penokohan secara tdak langsung merupakan teknik dimana penulis menggunakan tingkah laku dan peristiwa dalam cerita untuk menggambarkan tokoh. Teknik penokohan ridak langsung dalam cerpen siswa yang paling banyak digunakan adalah cakapan cara kedua yang banyak digunakan adalah pikiran dan perasaan tokoh dan cara ketiga yang juga banyak digunakan dalam cerpen siswa adalah tingkah laku. Saran penelitian ditujukan kepada siswa guru dan peneliti selanjutnya. Bagi siswa disarankan untuk memperbanyak refrensi terkait teknik penokohan cerpen sehingga pengetahuan tentang teknik penokohan /cara melukiskan watak tokoh lebih bervariasi sehingga dapat menghasilkan karya cerpen yang lebih menarik. Bagi guru mata pelajaran disarankan untuk memberikan penjelasan lebih dalam mengenai teknik penokohan secara langsung dan tidak langsung serta teknik-teknik lain yang bisa digunkan dalam menggambarkan watak tokoh sehingga siswa memiliki banyak wawasan terkait teknik penokohan saat menulis cerpen agar hasilnya lebih baik dan menarik. Kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian pada aspek lain terkait dengan teks cerpen dan menjadikan penelitian ini sebagai masukan dalam melakukan penelitian lain terkait teknik penokohan ABSTRAK Anggita Faradiba Sofia. 2017. Analysis of Characterization Techniques on Short Stories Written by 2nd Year Students of SMA Negeri 5 Malang. Thesis Indonesian Literature Department Faculty of Letters State University of Malang. Supervisor Dra. Hj. Ida Lestari M.Si. Keywords short story direct techniques indirect techniques. Writing short stories is a form of language and literature learning skill that must be mastered by learners because writing short stories is a creative process that is not easy to be done. In order towriteshort stories that appeal to the reader it requires ideas feelings and creative thoughts. Writing short stories became one of the important aspects in language lessons. It becomes an activity to train the learners in pouring ideas feelings in a writing and can develop the creativity of learners. By making writing short stories as a lesson in school it can give the potential students the right guidance to improve their skill. There are two elements that construct the short story or fictional prose the intrinsic and extrinsic elements. The intrinsic elements of the short story include themes characters and characterizations plot background point of view language style and message. The extrinsic element of the short story is related to the elements outside from the literary work such as the background of the author and embedded cultural values. The character is one of the important elements because it can show the psychological and human characters. The literary works mirror the life and has a role of bringing a story and message. There are two techniques to display the characteristics characters attitude and nature which are direct techniques and indirect techniques. This study aims to describe the technique of characterization directly/ analytic and indirectly/dramatic that is contained in the short stories written by students of XI Social SMA Negeri 5 Malang. This research is a text study research which is a type of qualitative research. The research was conducted in SMA Negeri 5 Malang. The data source in this research is short story texts. The data of this research is in a form of quotation of short stories by the students of class XI SMA Negeri 5 Malang which show the characteristics and characters traits. The data collection procedure is done by interviewing teachers and documenting short stories of existing students works as assignments from Indonesian language teachers. Instruments in this study are researchers themselves. Data collection instruments in the form of student worksheets (LKS) cepen work of students who have been created. Data analysis in this research is done three things (1) data reduction (2) presentation of data and (3) drawing conclusion after that is analyzingthe technique of characterization directly and indirectly with specified guidance. Checking the validity of data findings by repeating carefully discussions with peers and discussions with experts or mentors. The research stages in this research include (1) preparation stage (2) implementation stage and (3) reporting stage. The result of this research is the description of the characterization techniques directly and indirectly. Based on the research resultstwo conclusions are obtained as follows. First the direct / analytic characterization technique is divided into two techniques which are (1) direct speech from authors who are often used because the authors directly describe the character traits and (2) the physical representation. Second the most usedindirect characterization technique in short stories of students iscakepan the second most is the thoughts and feelings of the characters and the third most is the students short story is the behavior. Research suggestions are directed to students teachers and further researchers. For students it is advisable to read more short stories with their theories and practice writing short stories so that the knowledge of how to depict the character of the characters more and more varied and can combine or vary the characterization techniques so that the writing becomes better and interesting. For the subject teachers it is advisable to give a deeper explanation of the characterization techniques directly and indirectly and other techniques that can be used in describing the character of the character so that students have many insights related to characterization techniques when writing short stories for better and interesting results. for the next researcher it is suggested to do research that can improve the quality of short story based on technique of characterization so that students become trained in determining characters characteristics with various technique besides it is suggested to do research on other aspect related to text in deep
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |