Fitriyanto, Ahmad Hamim (2017) Pengembangan bahan ajar teks hikayat dengan strategi pemodelan bagi siswa SMA kelas X / Ahmad Hamim Fitriyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fitriyanto Ahmad Hamim. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Teks Hikayat dengan Strategi Pemodelan bagi Siswa SMA Kelas X. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas NegeriMalang. Pembimbing Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata Kunci teks hikayat bahan ajar strategi pemodelan Bahan ajar merupakan segala bahan yang disusun secara sistematis sesuai dengan kompetensi dasar dalam kurikulum untuk memudahkan pendidik dan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam kurikulum teks hikayat menjadi salah satu teks yang harus dipelajari oleh siswa. Teks hikayat merupakan salah satu prosa fiksi yang di dalamnya mengandung kesaktian tokoh alur berbingkai bersifat istanasentris dan unsur fantasi. Strategi pemodelan adalah strategi yang mengutamakan pemodelan (pemberian contoh) dalam suatu pembelajaran. Bahan ajar teks hikayat dengan strategi pemodelan disusun dengan mempertimbangkan empat komponen utama yang meliputi (1) deskripsi isi (2) sistematika penyajian (3) penggunaan bahasa dan (4) tampilan. Terdapat dua tujuan penelitian meliputi (1) menghasilkan produk berupa bahan ajar teks hikayat dengan strategi pemodelan dan (2) melaporkan hasil uji produk berupa bahan ajar teks hikayat dengan strategi pemodelan. Desan uji coba dalam penelitian dan pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi. Model pengembangan tersebut meliputi (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji ahli uji pratisi dan revisi (5) uji lapangan dan revisi dan (6) diseminasi. Uji produk dilakukan dengan melibatan ahli sastra Melayu ahli pembelajaran sastra Melayu ahli desain tampilan pratisi pembelajaran dan subje lapangan terbatas (siswa SMA kelas X) Hasil uji produk dengan melibatkan ahli sastra Melayu dari aspek relevansi materi diperoleh persentase 87% (implementasi) 91 67% (implementasi) untuk aspek kelengapan materi 75% (implementasi dengan revisi kecil) untuk aspek kedalaman materi 85% (implementasi) untuk keakuratan materi 81 21% (implementasi dengan revisi kecil) untuk materi pendukung pembelajaran. Tidak terdapat komentar dan saran dari ahli sastra Melayu. Hasil uji produk dengan melibatkan ahli pembelajaran sastra Melayu dari aspek isi diperoleh persentase 100% (implementasi) 87 5% (implementasi) untuk aspek sistematika 100% (implementasi) untuk aspek kebahasaan dan 85 7% (implementasi) untuk tampilan. Komentar dan saran yang diberikan oleh ahli pembelajaran sastra Melayu untuk mengubah sistematika menambah keterangan dalam isi dan menyesuaikan tampilan dengan siswa SMA. Hasil uji produk dengan melibatkan ahli desain tampilan dari aspek ukuran bahan ajar diperoleh persentase 75% (implementasi dnegan revisi kecil) 60% (tidak implementasi karena revisi besar) untuk aspek desain kulit buku dan 68 75% (tidak implementasi karena revisi besar). Komentar dan saran perbaikan dari ahli desain tampilan untuk menghilangkan bleed pada garis tepi buku mengubah ukuran dan jenis fontasi dan menyamakan ilustrasi dalam buku serta mengubah letak sumber ilustrasi. Hasil uji produk dengan melibatkan praktisi dari aspek isi diperoleh 89 58% (implementasi) 100% (implementasi) untuk aspek sistematika 87 5% (implementasi) untuk aspek bahasa dan 87 5% (implementasi) untuk aspek tampilan. Tidak terdapat komentar dan saran perbaikan dari praktisi terkait bahan ajar. Hasil uji produk dengan melibatkan subjek lapangan terbatas dari aspek minat diperoleh persentase 90 62% (implementasi) 88% (implementasi) untuk aspek isi 88 75% (implementasi) untuk aspek sistematika 88 75% (implementasi) untuk aspek bahasa dan 96 25% (implementasi) untuk aspek tampilan. Tidak terdapat komentar dan saran dari subjek lapangan terbatas terkait bahan ajar. Hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar teks hikayat dengan strategi pemodelan menghasilkan produk bahan ajar Bahasa Indonesia Apresiasi untuk Menjelajah Khazanah Teks Hikayat dengan kelayakan pada aspek isi sistematika dan bahasa. Namun harus dilakuakn revisi terhadap tampilan bahan ajar. Bahan ajar yang dikembangkan berisi tentang hakikat teks hikayat unsur intrinsik karakteristik ciri bahasa isi nilai yang terkandung dalam teks hikayat teknik menceritakan kembali teks hikayat dan perbandingan antara teks hikayat dan teks cerpen. Selain itu terdapat latihan-latihan dan refleksi yang mengikutinya. Kemudian terdapat pula ilustrasi dan konsep desain yang menarik dalam bahan ajar ini. Sistematika yang disajikan urut dan memudahkan siswa. Bahasa Indonesia ragam formal komunikatif yang digunakan mampu dipahami siswa dengan mudah. Diseminasi dapat dilakukan dengan menyebarluaskan produk bahan ajar dan skripsi di internet. Hal tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan kesangkilan dan kemangkusan terhadap bahan ajar Menjelajah Teks Hikayat. Penyebarluasan produk dapat dilakukan dengan mengadakan seminar tentang sastra Melayu klasik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9631 |
Actions (login required)
View Item |