Pengembangan bahan ajar menulis naskah drama sebagai penunjang ekstrakurikuler teater berbasis aplikasi flipbook untuk siswa SMA / Nina Ayu Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis naskah drama sebagai penunjang ekstrakurikuler teater berbasis aplikasi flipbook untuk siswa SMA / Nina Ayu Agustin

Agustin, Nina Ayu (2017) Pengembangan bahan ajar menulis naskah drama sebagai penunjang ekstrakurikuler teater berbasis aplikasi flipbook untuk siswa SMA / Nina Ayu Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustin Nina Ayu. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Naskah Drama sebagai Penunjang Ekstrakurikuler Teater Berbasis Aplikasi Flipbook untuk Siswa SMA Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata kunci bahan ajar menulis naskah drama ekstrakurikuler Bahan ajar merupakan sarana pembelajaran yang berisi materi latihan metode dan evaluasi sesuai dengan kurikulum yang berlaku untuk mencapai kompetensi yang diinginkan. Bahan ajar digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran. Bahan ajar juga diperlukan saat kegiatan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler terdapat di sekolah sebagai kegiatan untuk mengasah potensi dan bakat siswa. Ekstrakurikuler teater termasuk yang banyak diminati karena memiliki beberapa aspek yang berbeda. Menulis naskah drama dapat dipelajari dalam ekstrakurikuler ini. Oleh karena itu bahan ajar ini dibuat untuk membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Karena belum ada panduan menulis naskah drama yang dapat menjadi pedoman bagi guru ataupun siswa dalam menulis naskah drama. Tujuan penelitian ini untuk memberikan kemudahan siswa dan guru dalam proses pembelajaran menulis naskah drama. Penelitian ini menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran yang layak dari segi isi bahasa sistematika pemanfaatan software dan tampilan. Metode penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan hasil adaptasi dari metode Borg dan Gall. Metode tersebut diadaptasi menjadi empat tahap prosedur penelitian yaitu (1) tahap prapengembangan (2) tahap pengembangan (3) tahap uji coba dan revisi prosuk dan (4) tahap penyempurnaan produk akhir. Proses pengujian produk dilaksanakan dengan melibatkan (1) ahli sastra (2) ahli pembelajaran sastra (3) ahli media (4) praktisi yaitu pengajar ekstrakurikuler teater dan (5) ujicoba terbatas terhadap 5 siswa SMA yang mengikuti ekstrakurikuler teater. Hasil uji coba produk berdasarkan kelayakan isi mendapat skor sebesar 79% berdasarkan kesesuaian sistematika bahan ajar mendapat skor sebesar 100% berdasarkan pemanfaatan software mendapat skor 70%. berdasarkan kelayakan bahasa mendapat skor 84 15% dan berdasarkan kelayakan tampilan mendapat skor 74 3%. Berdasarkan hasil uji coba produk penelitian dan pengembangan ini termasuk dalam kriteria layak dan dapat diimplementasikan. Akan tetapi ada beberapa catatan atau saran perbaikan terhadap bahan ajar yang diberikan oleh ahli sastra ahli pembelajaran sastra ahli media dan praktisi (pengajar ekstrakurikuler teater). Sedangkan hasil uji coba terbatas yang melibatkan 5 siswa SMA ekstrakurikuler teater dimaksudkan untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar yang diterapkan dalam pembelajaran menulis naskah drama. Hasil penelitian dan pengembangan ini masuk dalam kriteria layak. Kriteria tersebut dikatakan layak karena hasil uji coba produk menunjukkan skor dalam kualifikasi layak dan dapat diimplementasikan. Pemanfaatan produk yang dilakukan peneliti adalah memberikan saran bagi pengajar ekstrakurikuler teater agar memanfaatkan bahan ajar ini sebagai salah satu alternatif pembelajaran menulis naskah drama. Siswa disarankan untuk memanfaatkan produk ini sebagai sumber belajar. Bahan ajar ini juga dapat digunakan secara mandiri ketika berada di luar sekolah sehingga siswa dapat memperlajari materi yang berada dalam bahan ajar ini secara mandiri atau berkelompok. Bagi peneliti lain produk yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai salah satu referensi untuk dapat menghasilkan bahan ajar yang lebih inovatif lagi. Penyebarluasan produk dapat dilakukan melalui jurnal pendidikan dan forum MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9630

Actions (login required)

View Item View Item