Rifa'i, Muhammad Ma'ruf (2017) Pengembangan media diorama untuk pembelajaran menulis teks eksplanasi kelas VIII SMP / Muhammad Ma'ruf Rifa'i. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rifa i Muhammad Ma ruf. 2017. Pengembangan Media Diorama untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Kelas VIII SMP. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. Kata Kunci pengembangan media diorama menulis teks eksplanasi Media pembelajaran sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran media berfungsi sebagai alat untuk membantu guru dan memudahkan siswa dalam belajar. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah diorama. Penelitian dan pengembangan media diorama untuk pembelajaran menulis teks eksplanasi dilatarbelakangi oleh hasil analisis kebutuhan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan di SMP Negeri 21 Malang ditemukan bahwa dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi guru hanya menggunakan sumber belajar dari pemerintah. Media pembelajaran yang digunakan guru selama ini hanya berupa video yang diambil dari internet. Dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi belum ada media konvensional yang menarik bagi siswa. Oleh karena itu perlu adanya media konvensional yang dapat memudahkan siswa dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Pengembangan media diorama yang dilengkapi dengan buku panduan untuk guru memiliki tujuan yang dibagi menjadi dua yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk media diorama yang dilengkapi buku panduan untuk guru untuk pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP sebagai media pembelajaran. Tujuan khusus penelitian dan pengembangan ini adalah mengahsilkan produk media diorama yang dilengkapi buku panduan untuk guru untuk pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP yang memenuhi syarat kelayakan isi sistematika penyajian tampilan dan bahasa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian milik Borg dan Gall. Tidak semua model penelitian Borg dan Gall diterapkan dalam penelitian ini melainkan diadaptasi sesuai dengan kebutuhan. Model penelitian dan pengembangan tersebut diadaptasi menjadi enam langkah yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji validasi (5) penyempurnaan produk dan (6) diseminasi. Uji produk media pembelajaran ini dilakukan dengan melibatkan tiga subjek yaitu ahli media pembelajaran ahli materi pembelajaran dan praktisi. Data yang diperoleh dalam penelitian dan pengembangan ini adalah data verbal dan numerik. Data verbal berupa catatan komentar dan saran perbaikan dari subjek uji yang ditulis pada lembar angket. Selain itu data verbal juga didapat dari hasil wawancara. Data numerik dalam penelitian dan pengembangan ini berupa skor yang didapat dari pengisian angket oleh subjek uji. Berdasarkan hasil uji produk yang dilakukan oleh ahli dan praktisi diperoleh data yang dibagi ke dalam empat aspek yaitu isi sistematika penyajian tampilan dan bahasa. Hasil uji produk berdasarkan aspek isi memperoleh persentase 88 1%. Hasil uji produk berdasarkan aspek sistematika penyajian memperoleh persentase 90 3%. Hasil uji produk berdasarkan aspek tampilan memperoleh persentase 91 7. Hasil uji produk berdasarkan aspek bahasa memperoleh persentase 91 7. Rata-rata hasil uji produk untuk mengetahui kelayakan media diorama secara keseluruhan memperoleh persentase 90 45%. Hal ini menunjukkan bahwa produk media diorama sangat layak untuk diimplementasikan. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media diorama yang dilengkapi dengan buku panduan untuk guru. Media diorama ini digunakan untuk pembelajaran menuilis teks eksplanasi kelas VIII SMP. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa produk tergolong sangat layak dan siap diimplementasikan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Saran pemanfaatan produk hasil penelitian dan pengembangan ini ditujukan kepada guru siswa dan peneliti lebih lanjut. Guru disarankan untuk memanfaatkan media diorama dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi secara kreatif dan inovatif dengan mempersiapkan media pendukung memanfaatkan lingkungan sekolah dan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk melaksanakan pembelajaran. Bagi siswa diharapkan memanfaatkan produk media diorama sebagai rangsangan untuk memunculkan dan mengembangkan ide serta merangkainya menjadi teks ekspalnasi secara utuh. Bagi peneliti lebih lanjut disarankan untuk mempertimbangkan penelitian dan pengembangan ini sebagai landasan praktis dan teoretis untuk mengembangkan produk media pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. ABSTRACT Rifa i Muhammad Ma ruf. 2017. Development of Diorama Media for Textual Writing Text of Class VIII Junior High School. Thesis Department of Indonesian Literature Faculty of Letters State University of Malang. Advisor Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. Keywords media development dioramas writing explanatory texts Learning media is necessary in the learning process. In the learning activities the media serves as a tool to help teachers and facilitate students in learning. One of the media that can be used in learning is diorama. Research and development of diorama media for writing explanatory text learning is motivated by requirement analysis. Based on the results of need analysis that was conducted in SMP Negeri 21 Malang it was found that in learning writing explanatory text teachers only use the source of learning from the government. Learning media that is used by teachers so far is only a video that is taken from the internet. In learning explanatory text writing there is not any conventional media that appeal to the students. Therefore the need for a conventional media that can help students in writing explanatory text. The development of diorama media that is equipped by guide book for the teacher has purposes that are divided into two which are the general purpose and the special purpose. The general purpose of this research and development is to produce a diorama media that is equipped by a guide book for teachers and a media to help students in class VIII of junior high school to learn how to write explanation text that meets the criteria of content systematic presentation display and language. This research and development use Borg and Gall s research model. Borg and Gall s research model is not all applied in this study but is adapted according to the need. The research and development model is adapted into six steps namely (1) preliminary study (2) planning (3) development of product draft (4) validation test (5) product improvement and (6) dissemination. The test of learning media product is done by involving three subjects namely learning media experts learning material experts and practitioners. The data that are obtained in this research and development are verbal and numerical data. The verbal data are in the form of notes comments and suggestions of improvement of test subjects which are written on the questionnaire. In addition the verbal data is also obtained from interviews. Numerical data in research and development is a score which is obtained from the questionnaire by the test subject. Based on the results of product tests conducted by experts and practitioners the data have been obtained and are divided into four aspects namely content systematic presentation display and language. The test results of product based on the content aspect obtain 88.1% in the percentage. The test result of the product based on the systematic aspect is 90.3%. The test result of the product based on the display aspect obtain a percentage of 91.7. The test result of the product based on the language aspect obtain a percentage of 91.7. The average product test results to determine the feasibility of diorama media as a whole earns 90.45% in the percentage. This shows that diorama media product is very feasible to be implemented. This research and development resulted in the product of diorama media equipped with teacher manual. This diorama media is used for learning explanation text of class VIII junior high school. Based on the results of research conducted it can be concluded that the product is classified as very feasible and ready implemented in explanatory text writing study. Suggestion of product utilization result of research and development is addressed to teacher student and further researcher. Teachers are encouraged to utilize the diorama media in creative and innovative writing of explanatory text writing by preparing supporting media utilizing school environment and everything needed to implement learning. As for the students it is expected to utilize diorama media product as a stimulus to create and develop ideas and assemble it into full expansion text. For further researchers it is advisable to consider this research and development as a practical and theoretical basis to develope more creative and innovative learning media products.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9629 |
Actions (login required)
View Item |