Korelasi penggunaan strategi literasi informasi dan kemampuan menulis karya ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang / Ika Diandra Khadijah - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi penggunaan strategi literasi informasi dan kemampuan menulis karya ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang / Ika Diandra Khadijah

Khadijah, Ika Diandra (2017) Korelasi penggunaan strategi literasi informasi dan kemampuan menulis karya ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang / Ika Diandra Khadijah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khadijah Ika Diandra. 2017. Korelasi Penggunaan Strategi Literasi Informasi dan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Malang. S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd 83 halaman. Kata Kunci Strategi Literasi Informasi Karya Ilmiah Korelasi Diperkenalkannya menulis karya ilmiah sejak sekolah menengah atas (SMA) termasuk di SMA Negeri 2 Malang dapat menunjang pembelajaran sehari-hari sehingga dapat menunjang keberhasilan siswa dalam membuat karya ilmiah ketika melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Namun pengenalan karya ilmiah saja tidaklah cukup jika tidak ditunjang dengan literasi yang berkualitas. Untuk itu perlunya mempelajari bagaimana mencari informasi yang tepat untuk menunjang karya ilmiah siswa maka siswa harus menguasai literasi informasi. Dalam melakukan penelitian siswa melewati berbagai macam proses literasi informasi dimulai dari memilih topik mengakses sumber informasi memilih mengolah mempresentasikan dan mengevaluasi informasi. Untuk itu penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan menulis karya ilmiah siswa mengetahui penggunaan strategi literasi informasi siswa dan mengetahui hubungan strategi literasi informasi dengan kemampuan menulis karya ilmiah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Malang dengan mengambil sampel sebanyak 50 siswa yang terdiri dari kelas XI program MIPA program IPS dan program Bahasa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) skor penggunaan kemampuan literasi informasi dan (2) skor hasil karya tulis ilmiah. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu melalui angket dan tes. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) penilaian acuan patokan skala lima dan (2) program SPSS 16.0 for Windows dengan dua uji analisis yaitu (1) uji prasyarat dan (2) uji korelasional. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa siswa SMA Negeri 2 Malang banyak memperoleh sumber informasi literasi dari internet dan buku referensi.. Hasil skor rata-rata kemampuan menulis karya ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang adalah 71 89% dengan kategori cukup. Hasil skor menggunakan strategi literasi informasi siswa adalah 62 8% dengan kategori cukup. Korelasi antara penggunaan strategi literasi informasi dan kemampuan siswa dalam menulis karya ilmiah dapat diketahui setelah pengamatan dan pengumpulan data skor hasil makalah siswa dan skor penggunaan strategi literasi informasi siswa yang kemudian diteliti dan dinilai. Dari ragam data yang didapat dari teknik pengumpulan data ini kemudian didapatkan hasil untuk dianalisis. Hasil dari analisis data menunjukkan adanya hubungan positif antara menggunakan strategi literasi informasi dan kemampuan siswa dalam menulis karya ilmiah dengan signifikansi rhitung 0 553 0 230 rtabel. Berdasarkan penelitian tersebut peneliti menyarankan kepada (1) guru (2) pembina KIR dan (3) peneliti lain. Pertama kepada guru diharapkan mampu meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah siswa sesuai dengan kaidah yang benar dan meningkatkan literasi informasi siswa dengan mencontohkan cara-cara penggunaan literasi informasi mulai dari mengetahui kebutuhan informasi mendapatkan menggunakan mengevaluasi menganalisis menggunakan dan mengomunikasikan informasi secara baik serta meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah dan penggunaan literasi informasi siswa agar nilainya meningkat karena hubungan strategi literasi informasi siswa masih termasuk dalam kategori cukup. Kedua kepada pembina KIR supaya menambah mengajarkan cara berliterasi informasi yang baik agar hasil karya ilmiah siswa lebih baik lagi. Selain itu pembina KIR dapat meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah siswa pada aspek menulis kajian pustaka menulis pembahasan dan daftar rujukan karena siswa masih memperoleh nilai dengan kategori cukup pada aspek tersebut. Ketiga kepada peneliti lain diharapkan pembelajaran literasi informasi.dapat dikaji ulang lebih lanjut mengingat perkembangan teknologi internet yang memudahkan mendapatkan informasi cenderung membuat siswa menyampingkan penelitian penelitan terdahulu dan kurang memperhatikan kaidah-kaidah dalam penulisan literasi informasi yang benar dalam pembuatan karya ilmiah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9628

Actions (login required)

View Item View Item