Kosakata dan istilah pada bacaan bertema dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA / Dini Setyawidi Pramesti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kosakata dan istilah pada bacaan bertema dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA / Dini Setyawidi Pramesti

Pramesti, Dini Setyawidi (2017) Kosakata dan istilah pada bacaan bertema dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMA / Dini Setyawidi Pramesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pramesti Dini Setyawidi. 2017. Kosakata dan Istilah pada Bacaan Bertema dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. Kata Kunci kosakata istilah bacaan Pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan genre pedagogi yang memiliki 4 prosedur. Prosedur pembelajaran bahasa Indonesia ini diwadahi dalam buku teks yang memiliki empat bagian pula yakni (1) membangun konteks (2) pemodelan dan dekontruksi (3) prakontruksi dan (4) kontruksi. Buku teks pelajaran bahasa Indonesia yang berpedoman pada kurikulum 2013 akan memiliki 4 bagian tersebut. Setiap buku teks pelajaran mengandung bahan belajar yang dapat memberikan kemampuan kepada siswa sesuai dengan tujuan yang ditetapkan dalam kurikulum. Dalam buku pelajaran bahasa Indonesia setiap materi ajar terdapat bahan bacaan berupa teks yang dijadikan bahan mencapai kompetensi dasar. Penggunaan bahan bacaan dalam buku teks kelas X berpangkal pada suatu tema. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh deskripsi tentang kosakata dan istilah pada bacaan bertema dalam buku teks pelajaran kelas X SMA. Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan disusun menggunakan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah buku teks pelajaran Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X SMA. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan analisis teks. Data yang terkumpul berupa kosakata dan istilah pada bacaan bertema yang dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama kosakata pada bacaan bertema dalam buku teks berupa bentuk derivasi zero afiksasi kompisisi dan abrevasi. Jumlah bentuk derivasi zero sangat dominan. Ditinjau dari sumbernya kosakata pada bacaan bertema dalam buku teks bersumber dari sumber dalam dan sumber luar yang cara penyerapannya berupa adopsi adaptasi penghibridaan dan terjemahan. Kosakata dikelompokkan menjadi delapan tema yakni biologi kimia perlalulintasan ekonomi sosial politik dan hukum Kedua penggunaan istilah berupa bentuk dasar berafiks dan majemuk. Sedangkan berdasarkan sumbernya istilah pada bacaan bertema dalam buku teks berasal dari sumber dalam dan sumber luar yang penyerapannya menggunakan cara adopsi adaptasi dan penghibridaan. Sumber adaptasi lebih dominan dari pada sumber dalam adopsi dan penghibridaan. Istilah pada bacaan bertema dalam buku teks dikelompokkan menjadi lima tema yakni biologi kimia fisika ekonomi dan politik. Saran penelitian ini disampaikan kepada guru dan peneliti lain. Kepada guru disarankan agar memanfaatkan penelitian ini sebagai sumber pengetahuan baru mengenai kosakata dan istilah pada bacaan bertema dalam buku teks pelajaran kelas X SMA. Kepada peneliti lain disarankan agar melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang kosakata dan istilah pada bacaan bertema dalam buku teks pelajaran dan menambah sumber acuan dalam bidang sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9624

Actions (login required)

View Item View Item