Lesmana, Rina (2017) Kemampuan menulis teks biografi menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Malang / Rina Lesmana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lesmana Rina. 2017. Kemampuan Menulis Teks Biografi Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Malang. Skripsi. Jurusan Sasta Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata Kunci kemampuan menulis teks biografi model pembelajaran think talk write. Kemampuan menulis adalah kemampuan yang bersifat aktif dan produktif di dalam menghasilkan tulisan yang diperoleh melalui proses pembelajaran dan latihan secara terus-menerus Pada penelitian ini difokuskan kepada kemampuan menulis teks biografi. Teks biografi merupakan suatu karya tulis yang mengisahkan seorang tokoh peristiwa dan masalah yang dialami tokoh yang ditulis oleh orang lain. Melalui kegiatan menulis teks biografi siswa dapat mendokumentasikan suatu kisah hidup seorang tokoh dalam bentuk tulisan dan hasil tulisan dapat memberikan suatu informasi kepada pembaca mengenai perjalanan hidup seseorang. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) yaitu model pembelajaran yang dirancang untuk mendorong siswa dalam berpikir untuk memecahkan masalah secara berkelompok dan berdiskusi kemudian menuliskan hasil diskusi ke dalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografi menggunakan model pembelajaran think talk write pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Malang dari dua aspek yakni aspek ciri struktur dan aspek ciri kebahasaan teks. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan desktiptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Malang tahun dan sampel yang dipilih adalah siswa kelas VIII-B VIII-F dan VIII-I SMP Negeri 15 Malang tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 75 siswa. Sumber data merupakan hasil karya siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simpel random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui dua teknik yaitu (1) tes uraian dan (2) rubrik penilaian. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yakni (1) persiapan (2) pengkodean (3) penilaian. Berdasarkan hasil temuan penelitian dan pembahasan terhadap kemampuan menulis teks biografi menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Malang (1) kemampuan siswa menulis teks biografi dilihat dari aspek ciri struktur sebanyak 46 siswa dari 75 berhasil menulis struktur teks biografi (2) kemampuan siswa menulis teks biografi dilihat dari aspek ciri kebahasaan sebanyak 44 siswa dari 75 siswa belum berhasil menulis ciri kebahasaan teks biografi. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang berlaku di SMP Negeri 15 Malang yaitu 70. Jika dilihat dari jumlah siswa tersebut lebih dominan siswa yang mampu menulis teks biografi dilihat dari aspek ciri struktur teks dan ciri kebahasaan teks. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Malang mampu menulis teks biografi. Saran penelitian diajukan kepada tiga pihak yakni (1) guru (2) siswa dan (3) peneliti lain. ABSTRACT Lesmana Rina. 2017. The Ability of Writing Biography Text by Using Think Talk Write (TTW) Method on VIII Grade of Junior High School 15 Malang. Thesis. Departmen of Indonesian and Literature Indonesia Faculty of Literature State University of Malang. Advisor Dr. Nita Widiati M.Pd. Keywords writing skill biography text think talk write method. The ability of writing is an active and productive ability in producing writing obtained through continuous learning and training. In this study focused on the ability to write biography texts. The text of a biography is a paper that tells of a character event and problem experienced by a character written by someone else. Through the activities of writing biography texts students can document a character s life story in the form of writing and the results of writing can provide information to the reader about the journey of one s life. The learning method used is the Think Talk Write (TTW) learning model which is a learning model designed to encourage students in thinking to solve problems in groups and discuss and then write the results of the discussion into the form of writing. The purpose of this study is to describe the ability to write biographical text using the model of think talk write learning in the students of class VIII Grade of Junior Hight School 15 Malang from two aspects namely aspects of structure and aspects of language linguistic features. The approach used in this research is quantitative descriptive approach. The population in this research is the students of class VIII Grade of Junior Hight School 15 Malang year and the selected sample is the students of class VIII-B VIII-F and VIII-I SMP Negeri 15 Malang academic year 2016/2017 with total 75 students. The data source is the work of the students. The sampling technique using simple random sampling. The data were collected through two techniques namely (1) description test and (2) assessment rubric. Data analysis is done through three stages namely (1) preparation (2) coding (3) assessment. Based on the findings of research and discussion on the ability to write biographical text using Think Talk Write (TTW) learning model in grade VIII students of Grade of Junior Hight School 15 Malang (1) students ability to write biographical text seen from structural features aspects as much as 46 students from 75 managed to write structure Biographical texts (2) students ability to write biographical texts viewed from aspects of language as much as 44 students from 75 students have not succeeded in writing the characteristic of biography text. Minimum Exhaustiveness Criteria (KKM) applicable in Junior High School 15 Malang is 70. If seen from the number of students more dominant students who are able to write biographical text seen from the aspects of the structure of text and the characteristics of language text. Thus it can be concluded that the students of grade VIII Grade of Junior Hight School 15 Malang are able to write biographical texts. The research suggestion is submitted to three parties namely (1) teachers (2) students and (3) other researchers.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9620 |
Actions (login required)
View Item |