Nafi'ah, Wika Nurma Hidayatul (2017) Pengembangan bahan ajar menulis teks biografi bermuatan pendidikan karakter untuk siswa SMP kelas VIII / Wika Nurma Hidayatul Nafi'ah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nafi ah Wika Nurma Hidayatul. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Biografi Bermuatan Pendidikan Karakter untuk Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd. Kata Kunci pengembangan bahan ajar menulis teks biografi pendidikan karakter. Penelitian pengembangan bahan ajar menulis teks biografi bermuatan pendidikan karakter dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan bahwa saat ini terjadi fenomena penurunan kualitas moral pada usia remaja. Hal tersebut menjadi salah satu alasan pemerintah Indonesia mengadakan program pendidikan karakter. Salah satu implementasi pendidikan karakter adalah melalui pembelajaran bahasa Indonesia yaitu melalui kegiatan menulis teks biografi. Teks biografi memuat nilai-nilai karakter yang dimiliki tokoh. Akan tetapi siswa masih mengalami hambatan menulis teks biografi. Siswa kesulitan membuat daftar pertanyaan yang sesuai untuk menggali informasi tokoh yang biografinya akan ditulis. Selain itu siswa masih kesulitan menggunakan kata hubung intrakalimat dan antarkalimat yang sesuai. Salah satu penyebab kesulitan tersebut adalah bahan ajar yang belum sesuai dengan kebutuhan siswa. Bahan ajar yang digunakan masih minim materi. Bahan ajar tersebut belum memudahkan siswa dalam menulis teks biografi. Di samping itu bahan ajar juga belum menekankan pendidikan karakter. Oleh karena itu dibutuhkan bahan ajar yang dapat memudahkan siswa dalam menulis teks biografi serta dapat memberikan pendidikan karakter kepada siswa melalui penanaman nilai-nilai karakter pada tokoh biografi. Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan umum menghasilkan produk berupa bahan ajar menulis teks biografi bermuatan pendidikan karakter untuk siswa SMP kelas VIII sehingga dapat membantu kesulitan siswa. Adapun tujuan khusus penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar menulis teks biografi bermuatan pendidikan karakter untuk siswa SMP kelas VIII yang memenuhi syarat isi kebahasaan sistematika dan tampilan serta layak untuk pembelajaran yang sesuai Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Akan tetapi model penelitian dan pengembangan tersebut diadaptasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi penelitian. Model penelitian dan pengembangan tersebut diadaptasi menjadi tujuh langkah yang meliputi (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji validasi (5) revisi produk awal (6) uji lapangan terbatas dan (7) penyempurnaan produk akhir. Uji validasi dilakukan dengan melibatkan (1) ahli materi menulis teks biografi (2) ahli penyusunan bahan ajar menulis dan (3) praktisi atau guru Bahasa Indonesia. Uji lapangan terbatas dilakukan dengan melibatkan 15 siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang. Jenis data yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini adalah data verbal dan numerik. Data verbal berupa catatan komentar dan saran yang dituliskan oleh subjek uji pada lembar angket dan informasi lisan yang diperoleh dari wawancara. Sementara itu data numerik adalah data berupa skor penilaian dari angket yang diisi oleh validator dan siswa. Berdasarkan hasil uji validasi dengan ahli dan praktisi diperoleh data berikut. Aspek isi bahan ajar mendapat persentase 86% aspek kebahasaan mendapat persentase 92 1% aspek sistematika penyajian mendapat persentase 98 2% dan aspek tampilan mendapat persentase 96 5%. Rata-rata persentase kelayakan bahan ajar menulis teks biografi bermuatan pendidikan karakter secara keseluruhan mencapai 91 8% yang berarti tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan. Adapun berdasarkan uji lapangan terbatas diperoleh data berikut. Aspek isi bahan ajar mendapat persentase 89 3% aspek kebahasaan mendapat persentase 95 8% aspek sistematika penyajian mendapat persentase 90 8% dan aspek tampilan mendapat persentase 96 7%. Rata-rata persentase kelayakan bahan ajar menulis teks biografi bermuatan pendidikan karakter secara keseluruhan mencapai 91 4% yang berarti tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan. Saran pemanfaatan produk hasil pengembangan ditujukan kepada guru siswa peneliti lain dan pengembang produk lebih lanjut. Guru disarankan untuk menerapkan bahan ajar menulis teks biografi bermuatan pendidikan karakter dalam pembelajaran menulis teks biografi secara optimal agar kendala dalam pembelajaran dapat diatasi. Siswa disarankan untuk membaca bahan ajar ini agar dapat menumbuhkembangkan kekreatifan dan kemampuan menulis teks biografi baik secara mandiri atau dengan kehadiran guru. Peneliti dan pengembang bahan ajar lain disarankan untuk mempertimbangkan bahan ajar ini sebagai dasar dalam mengembangkan buku-buku pelejaran mengenai teks biografi dan kaitannya dengan muatan karakter yang saat ini belum banyak tersedia. ABSTRACT Nafi ah Wika Nurma Hidayatul. 2017. Development of Teaching Materials Writing Text of Biography Character Education Content for Students of SMP Year VIII. Sarjana s thesis Department of Indonesian Literature Faculty of Letters State University of Malang. Advisors Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd. Keywords development of teaching materials biography text writing character education. The research about learning material imporvement using character education based biography grounded by preliminary study results that nowadays there is a decrease of moral quality among teenagers. This became one of the reasons the Indonesian government hold a character education program. One of the implementation of character education is through Indonesia language teaching that is by biography writing activity. Biography text contains character values owned by famous figures. However students are still experiencing barriers to writing biography texts. Students find it difficult to make a list of appropriate questions to dig up information of the person whose biography will be written. In addition students still have difficulty using appropriate intrasentences and intersentences words. One of the causes of the difficulty is the teaching materials that have not been in accordance with the needs of students. The teaching materials used are still minimal. The teaching materials have not made it easier for students to write biography texts. In addition teaching materials also have not emphasized character education. Therefore there is a need for teaching material that can facilitate students in writing biography texts and can provide character education for students through the inculcation of character values on biography figures. This research and development has the general purpose producing the product in the form of teaching materials to write biography text containing character education for students of SMP Year VIII so that it can cope the students difficulties. The specific purpose of this research and improvement is to produce teaching materials to write biography text containing character education for students of SMP Year VIII which meet adequacies in terms of content language systematic and appearance that are appropriate for Curriculum of 2013 This study uses a research and development model of Borg and Gall. However the research and development model is adapted according to the needs and conditions of the study. The research and development model is adapted into seven steps. First preliminary study. Second planning. Third product draft buillding. Fourth validation test. Fifth revision of initial product. Sixth limited field test. Seventh refinement of the final product. Validation test is done by involving (1) material experts of biography text writing (2) writing materials experts and (3) practitioners or teachers of Indonesian language. A limited field trial was conducted involving 15 students of grade 8 Junior High School 9 Malang. The types of data were obtained from this research and development are verbal and numerical data. Verbal data in the form of notes comments and suggestions written by the test subjects on the questionnaire and oral information obtained from the interview. Meanwhile numerical data is data in the form of scoring scores from questionnaires filled by validators and students. Based on validation test results with experts and practitioners are obtained these following data. Aspects of teaching materials content gets 86% percentage linguistic aspect gets 92.1% percentage presentation systematic aspect gets 98.2% percentage and aspect of display gets 96.5% percentage. The average percentage of eligibility of teaching materials to write biography text containing character education as a whole reaches 91.8% which means it is classified as very feasible and can be implemented. Whereas based on limited field test results the following data. Aspects of the content of the teaching materials get 89.3% percentage linguistic aspect got 95.8% percentage presentation systematic aspect got 90.8% percentage and display aspect got 96.7% percentage. The average percentage of eligibility of teaching materials to write biographical text containing character education as a whole reaches 91.4% which means it is quite feasible and can be implemented. Suggestion of utilization of product of development result aimed to teacher student other researcher and product developer further. Teachers are encouraged to apply teaching materials to write biographical text containing character education in learning to write biography text optimally so that obstacles in learning can be overcome. Students are encouraged to read these instructional materials in order to foster creativity and biographical writing skill either independently or with teacher attendance. Researchers and other resource developers are advised to consider this resource as the basis for developing pitch books on biography texts which contain education program that is currently not much available.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9618 |
Actions (login required)
View Item |