Karakteristik teks cerita fantasi karya siswa kelas VII SMP <BR>Negeri 9 Malang / Arida Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik teks cerita fantasi karya siswa kelas VII SMP <BR>Negeri 9 Malang / Arida Novita Sari

Sari, Arida Novita (2017) Karakteristik teks cerita fantasi karya siswa kelas VII SMP <BR>Negeri 9 Malang / Arida Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Arida Novita. Karakteristik Teks Cerita Fantasi Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Univeristas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H. Suparno. Kata kunci teks cerita fantasi struktur ciri kebahasaan Salah stau pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP adalah menulis teks cerita fantasi. Teks cerita fantasi merupakan cerita yang dikembangkan dengan menghadirkan sebuah dunia lain di samping dunia realitas. Struktur teks cerita fantasi terdiri atas orientasi komplikasi rangkaian peristiwa resolusi dan koda. Adapun ciri kebahasaan teks cerita fantasi adalah kata ganti konjungsi kata kerja atau verba kata sifat atau adjektif dan kata keterangan atau adverbia. Fokus penelitian ini adalah (1) karakteristik struktur teks cerita fantasi dan (2) karakteristik kebahasaan teks cerita fantasi SMP Negeri 9 Malang. Cerita fantasi memiliki unsur kebaharuan sehingga menimalisir kejenuhan siswa di samping tema fulturistis dan magic. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian ini adalah analisis teks karena dalam penelitian ini mendeskripsikan teks cerita fantasi karya siswa. Data penelitian ini adalah data verbal dan unsur-unsur pembentuk teks. Sumber data penelitian ini adalah teks cerita fantasi karya siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan yakni 1) membaca keseluruhan teks cerita fantasi karya siswa 2) mengidentifikasi dan mencatat data sesuai dengan aspek yang dikaji 3) memberi kode dan 4) memberi catatan analisis sesuai dengan panduan identifikasi data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas dua intrumen yakni 1) panduan indentifikasi data dan 2) format penampungan data dan analisis data. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yakni reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Karateristik teks cerita fantasi terdiri atas struktur dan bagian-bagian struktur. Pada struktur ditemukan dua variasi pola penulisan yang digunakan oleh siswa yakni a) menulis lengkap dengan empat bagian struktur dan b) menulis lengkap dengan lima bagian struktur. Bagian-bagian struktur teks cerita fantasi dapat dijelaskan (1) orientasi ditemukan empat variasi pola penulisan melipuri a) tokoh latar tempat dan waktu b) tokoh sifat tokoh kelebihan tokoh dan latar tempat c) waktu dan tokoh dan d) tokoh disertai sifat dan hobi tokoh. (2) Komplikasi ditemukan dua variasi pola penulisan meliputi a) penyampaian langsung dan b) penyampaian tidak langsung. (3) rangkaian peristiwa ditemukan empat variasi pola penulisan meliputi a) dua tahapan peristiwa sebelum mencapai klimaks b) tiga tahapan peristiwa sebelum mencapai klimaks c) empat tahapan peristiwa sebelum mencapai klimaks dan d) lima tahapan peristiwa sebelum mencapai klimaks. (4) Resolusi ditemukan dua variasi pola penulisan meliputi a) akhir tuntas dan penyelesaian masalah terprediksi dan b) akhir penyelesaian tidak tuntas dan penyelesaian tidak terprediksi. (5) Koda ditemukan dua pola variasi penulisan a) berdasarkan penyampaiannya ditulis degan cara nasihat dan sindiran dan b) berdasarkan bentuknya narasi dan dialog. Temuan struktur dan bagian-bagian struktur merupakan temuan sesuai dengan teori. Karakteristik ciri kebahasaan teks cerita fantasi yang digunakan adalah kata ganti konjungsi kata kerja atau verba kata sifat atau adjektif dan kata keterangan atau adverbia. Pada kata ganti ditemukan tiga bentuk kata ganti yakni pertama tunggal (aku saya) dan pertama jamak (kami kita) kedua tunggal (Anda kamu) dan kedua jamak (kalian) ketiga tunggal (dia ia) dan ketiga jamak (mereka). Dilihat dari situasinya siswa cenderung menggunakan situasi tidak formal daripada semi formal. Situasi formal digunakan pada kata ganti aku kamu kita kami kalian ia dan dia sedangkan semiformal Anda. Pada konjungsi siswa menggunakan konjungsi intrakalimat dan antarkalimat. Konjungsi intrakalimat yang cenderung digunakan oleh siswa adalah dan dan lalu sedangkan konjungsi antarkalimat yang cenderung digunakan adalah setelah itu dan kemudian. Pada kata kerja atau verba yang digunakan oleh siswa adalah kata kerja aktif. Pada kata sifat ditemukan empat kata sifat berdasarkan makna yang dirujuk yakni kata sifat watak keadaan penilaian dan umu. Pada kata keterangan atau adverbia ditemukan lima kata keterangan berdasarkan makna yang dirujuk meliputi kata keterangan waktu cara frekuensi tempat dan tujuan.Temuan ciri kebahasaan tersebut merupakan temuan yang sesuai dengan teori. Selain itu ditemukan ciri kebahasaan yang tidak sesuai dengan teori yang menunjukkan identitas teks cerita fantasi. Ciri kebahasaan tersebut berupa pernyataan fantasi yang meliputi pernyataan tokoh sakti nama tokoh khayal nama benda ajaib nama latar tempat fantasi dan latar sezaman. Berdasarkan hasil penelitian saran bagi peneliti lain adalah dapat meneliti teks cerita fantasi dari segi lain misalnya meneliti kosa kata fantasi pada karya siswa atau pada teks lainnya dan dapat mengembangkan media pembelajaran menulis teks cerita fantasi. Bagi guru bahasa Indonesia dapat mengembangkan variasi contoh dan laitihan menulis teks cerita fantasi. Pada ciri kebahasaan pernyataan-pernyataan fantasi guru dapat memberikan contoh secara lisan. Hal ini diperlukan agar teks cerita fantasi karya siswa lebih memunculkan karakteristik ciri kebahasaan teks cerita fantasi. ABSTRAK Sari Arida Novita. Fantasy Story Text Characteristics of Student Class VII SMP Negeri 9 Malang. Thesis Department of Indonesian Literature Faculty of Letters University of Malang. Supervisor Dr. H. Suparno. Keywords fantasy story text structure characteristic of language One of the stages of learning English VII grade SMP is writing a fantasy story text. The text of the fantasy story is a story developed by presenting a different world beside the world of reality. The text structure of fantasy stories consists of orientation complications series of events resolutions and codes. The characteristics of the language of the fantasy story text are pronouns conjunctions verbs or verbs adjectives or adjectives and adverbs or adverbs. The focus of this study were (1) the characteristics of the text structure of fantasy stories and (2) the characteristics of the linguistic text fanta story SMP Negeri 9 Malang. Kebaharuan fantasy story has elements that minimize saturation of the students in addition to the theme fulturistis and magic. This research is a descriptive qualitative research. This type of research is text analysis because in this study describe the text of fantasy story of student s work. The data of this research are verbal data and text forming elements. The data source of this research is the text of the fantasy story of the students work. Collecting data in this study conducted by several stages namely 1) read the entire text of fantasy stories of student work 2) identify and record data according to the aspects studied 3) members i code and 4) provide analytical records in accordance with guidance data identification. The instrument used in this study consists of two instruments namely 1) data identification guide and 2) data collection and data analysis format. Data analysis is done by three stages namely data reduction data presentation and conclusion. ABSTRAK Characteristics of fantasy story text consists of structures and parts of the structure. In the structure of the variation found two y ang writing pattern used by students namely a) write complete with four parts of structure and b) write complete with five parts of the structure. Parts of the text structure of fantasy stories can be explained (1) orientation was found four variations writing pattern melipuri a) character setting the place and time b) character the nature of the characters the excess characters and the background of the place c) time and character and d) characters accompanied by the nature and hobbies of the characters. (2) Complications found two variations of writing patterns include a) direct delivery and b) indirect delivery. (3) a series of events found four variations of writing patterns including a) two stages of events before climax b) three stages of events before reaching climax c) four stages of events before reaching climax and d) five stages of events before reaching climax. (4) Resolution found two variations of writing pattern including a) the end and completion of predicted problems and b) the end of completion is incomplete and the settlement is unpredictable. (5) Koda found two patterns of writing variation a) based on its delivery written by way of counsel and satire and b) based on the form of narration and dialogue. The findings of structure and parts of the structure are the findings according to the theory. Characteristics of the linguistic features of fantasy story text used are pronouns conjunctions verbs or verbs adjectives or adjectives and adverbs or adverbs. In the pronoun are found three forms of pronouns namely first singular (me me) and first plural (us we) both single (you you) and both plural (you) the third single (he he) and the third plural (they). Judging from the situation students tend to use informal situations rather than semi-formal. Formal situations used on the pronoun I you we us you he and he whereas your semi-formal. In conjunction students use conjunctions intrakalimat and antarkalimat. Intrakalimat conjunctions that tend to be used by the student is and and then whereas antarkalimat conjunctions that tend to be used after that and then. In verbs or verbs used by students is an active verb. The adjectives find four adjectives based on the intended meaning ie the adjectives of character state judgment and age. At the adverb or adverbial found five adverbs based on the meanings referred to include adverbs of time manner frequency place and purpose. The findings of these linguistic features are the findings that fit the theory. In addition there is a feature of language that is incompatible with the theory that shows the fantasy texts of the story. The linguistic traits fantasy form of statements that include statement magic figure the name of an imaginary character a magical object name the name of the place fantasy background and the background of its contemporaries. Based on the results of research suggestions for other researchers is able to examine the fantasy story text from other aspects such as researching fantasy vocabulary on the work of students or in other texts and can develop a medium of learning to write fantasy story text. For Indonesian teachers they can develop variations of examples and litihan writing fantasy story texts. In the linguistic traits the fantasy statements of teachers can give oral examples. This is necessary for the text of fantasy stories of students work to give rise to the characteristic characteristics of the language of fantasy story text.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9617

Actions (login required)

View Item View Item