Fajriyah, Siska Jauharoh (2017) Pengembangan bahan ajar membaca kritis cerita fabel bermuatan nilai-nilai karakter untuk siswa kelas VII SMP laboratorium / Siska Jauharoh Fajriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fajriyah Siska Jauharoh. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Kritis Cerita Fabel Bermuatan Nilai-nilai Karakter untuk Siswa Kelas VII SMP Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Siti Cholisotul Hamidah M.Pd. Kata kunci pengembangan bahan ajar membaca kritis cerita fabel nilai-nilai karakter. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua permasalahan yang dihadapi oleh siswa SMP yaitu (1) minat baca siswa tergolong sedang. Hal ini dibuktikan dari angket siswa pada studi pendahuluan sebanyak 24 dari 33 siswa yang membaca sekitar 1 6 teks fabel selama belajar cerita fabel sementara itu sekitar 15 17 dari 33 siswa yang terbiasa menanggapi atau menganalisis cerita fabel menggunakan pemikiran kritisnya sedangkan hasil wawancara dengan guru bahasa Indonesia menjelaskan bahwa bahan ajar yang digunakan belum memenuhi kebutuhan siswa dalam membaca kritis. (2) penurunan kualitas moral pada siswa SMP. Hal ini dibuktikan dari observasi saat guru mengajar sebanyak lima siswa tidur saat guru menerangkan materi dan kurangnya sopan santun terhadap guru. Kegiatan membaca kritis dalam bahan ajar ini dipadukan dengan cerita fabel. Cerita fabel dipilih karena dalam teks fabel termuat pesan moral atau nilai-nilai karakter sehingga cerita fabel sangat tepat dipilih sebagai bahan pengembangan bahan ajar. Oleh karena itu upaya dalam mengatasi masalah tersebut dilakukan pengembangan bahan ajar membaca kritis cerita fabel bermuatan nilai-nlai karakter dengan tujuan untuk memudahkan siswa menemukan makna tersurat maupun tersirat dalam cerita menumbuhkan atau meningkatkan pemikiran kritis siswa serta membentuk karakter siswa. Tujuan umum dari penelitian ini yaitu menghasilkan produk berupa bahan ajar membaca kritis cerita fabel bermuatan nilai-nilai karakter untuk siswa kelas VII SMP Laboratorium UM. Tujuan khusus penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar membaca kritis cerita fabel bermuatan nilai-nilai karakter untuk siswa kelas VII SMP Laboratorium UM yang layak dari segi isi sistematika bahasa dan tampilan yang sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi tujuh tahapan yaitu (1) studi pendahuluan (2) tahap perencanaan (3) tahap pengembangan produk (4) tahap uji ahli dan uji praktisi (5) tahap revisi produk awal berdasarkan hasil uji ahli dan praktisi (6) tahap uji lapangan terbatas dan (7) tahap penyempurnaan produk akhir. Uji produk dilakukan dengan melibatkan (1) ahli materi membaca kritis cerita fabel (2) ahli bahan ajar membaca kritis cerita fabel (3) praktisi atau guru bahasa Indonesia dan (4) siswa kelas VII SMP Laboratorium UM. Jenis data penelitian ini adalah data verbal dan data non verbal. Data non verbal berupa skor terhadap uji produk bahan ajar yang telah dituliskan oleh kelompok ahli praktisi dan siswa. Data verbal berupa catatan komentar dan saran yang disampaikan oleh kelompok ahli praktisi dan siswa. Pada penelitian pengembangan ini menggunakan angket penilaian dan pedoman wawancara sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mengumpulkan data non verbal dari angket penilaian (2) mentranskrip data verbal (3) mengidentifikasi mengklasifikasi memaknai dan menyimpulkan data verbal dan (4) menganalisis data dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan. Hasil analisis data telah diperoleh beberapa informasi terkait dengan tujuan penelitian dan pengembangan yakni (1) kelayakan dari segi isi mendapatkan 84 3% dari ahli materi membaca kritis cerita fabel 86 6% dari ahli bahan ajar membaca kritis cerita fabel 75% dari ahli praktisi dan 84 6% dari siswa. Produk tergolong sangat layak dari segi isi dan dapat diimplementasikan. (2) kelayakan dari segi sistematika mendapatkan 100% dari ahli bahan ajar membaca kritis cerita fabel 91 6% dari ahli praktisi dan 85 2% dari siswa. Produk tergolong sangat layak dari segi sistematika dan dapat diimplementasikan. (3) kelayakan dari segi kebahasaan mendapatkan 75% dari ahli bahan ajar membaca kritis cerita fabel 75% dari ahli praktisi dan 91 6% dari siswa. Produk tergolong sangat layak dari segi kebahasaan dan dapat diimplementasikan. (4) kelayakan dari segi tampilan mendapatkan 84 3% dari ahli bahan ajar membaca kritis cerita fabel 84 3% dari ahli praktisi dan 88 2% dari siswa. Produk tergolong sangat layak dari segi tampilan dan dapat diimplementasikan. Simpulan penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar dinilai layak dari segi isi sistematika bahasa dan tampilan dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran membaca kritis cerita fabel. Saran pemanfaatan produk hasil pengembangan ditujukan pada guru siswa sekolah peneliti lain dan pengembangan produk lebih lanjut. Guru disarankan untuk melatih siswa dalam membaca kritis dan memanfaatkan bahan ajar sebagai alternatif pembelajaran membaca kritis cerita fabel dengan optimal sehingga kendala yang dihadapi dapat teratasi. Siswa disarankan untuk memanfaatkan bahan ajar membaca kritis cerita fabel bermuatan nilai-nilai karakter dengan baik siswa juga disarankan berperan aktif dalam pembelajaran sehingga bahan ajar ini dapat membantu dalam menumbuhkan atau meningkatkan pemikiran kritis serta mampu memberikan nilai-nilai karakter yang dapat dicontoh atau diterapkan dalam kehidupan. Sekolah disarankan menggunakan bahan ajar ini sebagai tambahan penyediaan buku teks pelajaran. Peneliti lain disarankan untuk mempertimbangkan dan menjadikan bahan ajar membaca kritis cerita fabel sebagai sumber inspirasi dalam mengembangkan bahan ajar lebih baik. Bahan ajar ini dapat dimanfaatkan bagi pengembang bahan ajar lebih lanjut yaitu dengan mempelajari meneliti dan memanfaatkan produk ini sebagai bahan ajar membaca kritis cerita fabel sehingga peneliti mendapatkan komentar dan saran yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pengembangan produk lebih lanjut. ABSTRACT Fajriyah Siska Jauharoh. 2017. Developing Textbook of Critical Reading in Fables Contained with The Values of Character Builds for Seven Graders in Junior High School Laboratorium UM . Thesis Indonesian of Literature Department. Faculty of Letters. State University of Malang. Advisor. Dr. Hj. Siti Cholisotul Hamidah M.Pd. Keywords developing textbook critical reading fables the values of character building. The background of this research is based on 2 problems which is faced by junior high school students first students dont really like reading. It showed by the questionnaire that given to the students from 33 students only 24 students can read 1 6 able text during the class lesson. Moreover from 33 students only 15 17 students who is accustomed to respond or analyze fable using critical thinking while the results of interviews with Indonesian teachers explained that the teaching materials used have not met the needs of students in critical reading. Second decreasing of moral quality in junior high school students. It shows from the observation when the teacher s teaching about five students sleep when the teacher explained the material and lack of courtesy towards the teacher. Critical Reading activity in this resource is combined with fable. Therefore the effort to solve the problem is the development of teaching material in Critical Reading Material the Fable containing the values of character builds with the aim to help students to find the explicit or implicit meanings in the story to grow or improve student s critical thinking and to establish student s character. The general objective of this research is to produce a product in the form of teaching materials to read critically fable containing values of character build for grade VII students of SMP Laboratorium UM. The specific purpose of this research is to produce a product in the form of learning materials to read critically fable containing character values for grade VII students of SMP Laboratorium UM which are properly in terms of content systematics language and appearance which are suitable with 2013 curriculum. This research uses the Borg and Gall development model which modified into seven stages (1) preliminary study (2) planning stage (3) product development stage (4) expert test stage and practitioner test (5) product revision stage Based on expert test results and practitioners (6) limited field test stages and (7) final product improvement stage. The product test is done by involving (1) the material critic read the fable (2) the expert of reading material criticism of fable (3) the practitioner or Indonesian language teacher and (4) the seventh grade students of SMP Laboratorium UM. The data type of this research is verbal and non-verbal data. Non-verbal data is in the form of scores on the test of teaching material products that have been written by a group of experts practitioners and students. Verbal data is in the form of notes comments and suggestions submitted by groups of experts practitioners and students. In this research development the researcher used questionnaire assessment and interview guidelines as an instrument of data collection. Data analysis is done by (1) collecting non-verbal data from assessment questionnaire (2) transcribing verbal data (3) identifying classifying interpreting and concluding verbal data and (4) analyzing data and formulating analysis conclusions as basis to follow up on developed products. The results of data analysis have obtained some information related to the purpose of research and development those are (1) properness in terms of content get 84 3% from material experts read critically fable 86.6% from expert reading material critical story fable 75% From expert practitioners and 84.6% from students. The product is very proper in terms of content and can be implemented. (2) The systematic feasibility of obtaining 100% of the teaching experts reading critically fable 91.6% of the practitioners experts and 85.2% of the students. The product is properly in terms of systematics and can be implemented. (3) Eligibility in terms of language get 75% of the teaching experts read critically fable 75% of experts practitioners and 91.6% from students. The product is proper in terms of language and can be implemented. (4) Properness in terms of appearance earns 84.3% of the teaching experts reading critically fable 84.3% of the practitioner s experts and 88.2% of the students. The product is very decent in terms of appearance and can be implemented. The conclusion of this development research is that the teaching materials are considered proper in terms of content systematics language and appearance and can be implemented in critical reading learning fable. Utilization suggestion of development product result aimed at teacher student school other researcher and further product development. Teachers are advised to train students in critical reading and utilize teaching materials as an alternative learning to read critical stories with optimal fable so that the constraints faced can be overcome. Students are encouraged to use the teaching material to critically read the story of the fable containing the values of the characters well the students are also advised to play an active role in the learning so that this teaching material help students in growing or increasing critical thinking and able to give the values of characters that can be emulated or applied In daily life. Schools are encouraged to use this resource in addition to providing textbooks. Other researchers are advised to consider and make teaching materials critical of fable as a source of inspiration in developing better teaching materials. This teaching materials can be utilized for the developer of further teaching materials by studying researching and utilizing this product as a learning material to read critical fable so that researchers get comments and suggestions that can be used as consideration for further product development.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9608 |
Actions (login required)
View Item |