Analisis konfiks dalam karangan cerkak siswa kelas VII dan VIII SMPN 16 malang / Kiki Yuni Murtiyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis konfiks dalam karangan cerkak siswa kelas VII dan VIII SMPN 16 malang / Kiki Yuni Murtiyastuti

Murtiyastuti, Kiki Yuni (2017) Analisis konfiks dalam karangan cerkak siswa kelas VII dan VIII SMPN 16 malang / Kiki Yuni Murtiyastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Murtiyastuti Kiki Yuni. 2017. Analisis Konfiks dalam Karangan Cerkak Bahasa Jawa Siswa Kelas VII dan VIII SMPN 16 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Abdul Syukur Ghazali M.Pd. Kata Kunci afiksasi cerkak karangan bahasa Jawa Analisis konfiks dalam karangan cerkak pada siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 16 Malang merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan konfiks dalam karangan cerkak bahasa Jawa siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 16 Malang yang mefokuskan pada dua aspek yang meliputi (1) penggunaan konfiks dan (2) penyebab kesalahan/penyimpangan pada konfiks . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan penggunaan konfiks dilihat dari segi jenis bentuk makna serta penyebab kesalahan yang ada dalam proses afiksasi bahasa Jawa dalam karangan cerkak. Sumber data penelitian berupa karangan cerkak bahasa Jawa siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 16 Malang sedangkan data dalam penelitian berupa kata yang terdapat dalam karangan cerkak bahasa Jawa siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 16 Malang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan siswa menggunakan berbagai jenis konfiks beserta variasi-variasinya. Ketepatan dalam penggunaan konfiks yang dapat ditemukan meliputi konfiks N-/-i konfiks N-/-ake konfiks di-/-i konfiks di-/-ake konfiks ka-/-an konfiks ke-/-an konfiks dak-/-ake dankonfiks paN-/-an.Konfiks yang tidak tepat meliputi konfiks N-/-i konfiks N-/-ake konfiks di-/-i konfiks di-/-ake konfiks ke-/-an konfiks paN-/-an konfiks tak-/-i dan konfiks tak-/-ake. Wujudketidaktepatan/ penyimpangan dalam penggunaan konfiksmeliputi 5 jenis yaitu (1) Menentukan bentuk asal (2) Penulisan klitika yang tidak tepat (3) Fonem yang luluh dalam proses afiksasi tidak diluluhkan (4) Kurang afiks (5) Penggunaan afiks yang tidak tepat. Selanjutnya faktor penyebab terjadinya kesalahan/ penyimpangan yaitu (1) Materi pembelajaran (2) Proses pembelajaran (3) Dialek. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan beberapa saran yang berguna bagi guru bahasa Jawa dan penelitian lanjutan. Pertama saran berikan kepada pengajar Guru Bahasa Jawa. Selama proses pembuatan siswa juga kesulitan dalam membuat karangan cerkak bahasa Jawa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memotivasi guru agar lebih inovatif dalam mengajarkan bahasa Jawa kepada siswa dengan menggunakan strategi dan teknik pembelajaran yang inovatif serta media pembelajaran yang menarik sehingga dapat membantu siswa dalam menambah pembendaharaan kata dalam menulis bahasa Jawa yang baik dan benar serta dapat memberikan kesadaran terhadap siswa untuk lebih giat dalam mempelajari bahasa daerahnya. Kedua kepada calon peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih lanjut melakukan penelitian tentang afiks bahasa Jawa dengan subjek siswa SMP namun dengan daerah yang berbeda sehingga peneliti selanjutnya bisa mengetahui macam-macam variasi afiks dari daerah tersebut selain itu peneliti juga bisa menggunakan jenis karangan yang berbeda agar dapat mengetahui bagaimana hasil karya siswa SMP terutama dalam penggunaan afiks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9602

Actions (login required)

View Item View Item