Himmah, Siti Faiqotul (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif teknik stad untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII di SMP Sriwedari Malang / Siti Faiqotul Himmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Himmah Siti Faiqotul. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII Di Smp Sriwedari Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof . Dr. H. Punaji Setyosari M.Ed (II) Eka Pramono Adi S. IP. M.Si Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif STAD Motivasi Hasil Belajar Upaya peningkatan kualitas pendidikan terus menerus dilakukan baik secara konvensional maupun inovatif. Hal tersebut lebih terfokus lagi setelah diamanatkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan. STAD Student Team Achievement Division merupakan pendekatan pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran kelompok pembelajaran yang paling sederhana dan merupakan pembelajaran kooperatif yang cocok digunakan oleh guru yang baru mulai menggunakan pembelajaran kooperatif. Pada pembelajaran ini siswa ditempatkan dalam tim belajar beranggotakan empat-lima orang yang merupakan campuran menurut tingkat kinerjannya jenis kelamin dan suku sehingga siswa lebih termotivasi belajar dan hasil belajarnya akan meningkat. Penelitian ini bertujuan (1) untuk memaparkan penerapan model pembelajaran tipe STAD dalam meningkatkan motivasi belajar ekonomi siswa kelas VIII di SMP Sriwedari Malang (2) untuk memaparkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII di SMP Sriwedari Malang Untuk mencapai maksud tersebut maka pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas PTK yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dan siklus II ditempuh selama empat pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Tindakan yang diberikan pada siklus I dan siklus II berupa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar angket motivasi belajar siswa lembar observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian penerapan pembelajaran kooperatif model STAD adalah sebagai berikut (1) penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perolehan jumlah siswa yang menjawab sangat setuju dan setuju penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar jumlahnya lebih banyak dibanding dengan yang menjawab kurang setuju tidak setuju dan sangat tidak setuju(2) pembelajaran dengan implementasi model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Sriwedari Malang tahun ajaran 2009-2010 yakni sebelum diberi tindakan rata-rata kelas 52 76 % setelah diberi tindakan pada siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 73 43 %. Demikian juga pada siklus II terdapat peningkatan sebelum diberi tindakan rata-rata kelas 77 81 % setelah diberi tindakan pada siklus II rata-rata kelas meningkat yakni menjadi 92 22%. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti mengajukan saran (1) bagi sekolah hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam upaya memperbaiki penerapan strategi pembelajaran di SMP Sriwedari Malang. Karena pembelajaran kooperatif tipe STAD telah terbukti dapat meningkatkan motivasi siswa dan hasil belajar siswa. (2) bagi guru karena pembelajaran STAD telah terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan diharapkan guru hendaknya lebih memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran sehingga peningkatan aktivitas siswa dapat meningkatkan hasil belajar.(3) bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran karena aktivitas siswa sangat penting dalam pembelajaran Ekonomi dengan jalan diskusi.(4) bagi peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian dengan pendekatan model pembelajaran STAD secara lebih lanjut. Misalnya pada sampel yang lebih luas jenjang pendidikan yang berbeda atau materi yang lain sehingga pembelajaran dengan model pembelajaran STAD dapat diakui sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 May 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/96 |
Actions (login required)
View Item |