Penanda kohesi gramatikal dalam geguritan karya guru bahasa Jawa SMP se-KOta Malang tahun 2012 / Yazidil Bashori - Repositori Universitas Negeri Malang

Penanda kohesi gramatikal dalam geguritan karya guru bahasa Jawa SMP se-KOta Malang tahun 2012 / Yazidil Bashori

Bashori, Yazidil (2017) Penanda kohesi gramatikal dalam geguritan karya guru bahasa Jawa SMP se-KOta Malang tahun 2012 / Yazidil Bashori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bashori Yazidil. 2017. Penanda Kohesi Gramatikal dalam Geguritan Karya Guru Bahasa Jawa SMP se-Kota Malang Tahun 2012. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd Kata kunci Kohesi gramatikal dan geguritan Pada wacana tulis agar hubungan antarbagian dalam teks tercapai maka peran penanda kohesi sangat diperlukan. Penanda kohesi tersebut dapat berupa kohesi gramatikal dan kohesi leksikal. Namun dalam penelitian ini hanya berfokus pada penanda kohesi gramatikal dalam geguritan karya guru SMP se-Kota Malang tahun 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penanda kohesi gramatikal berupa referensi substitusi dan konjungsi dalam geguritan karya guru bahasa Jawa SMP se-Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah geguritan karya guru Bahasa Jawa SMP se-Kota Malang tahun 2012. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks geguritan yang berupa larik dalam bait geguritan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Studi dokumen digunakan untuk memperoleh data awal mengetahui piranti wacana dalam geguritan karya guru langkah-langkah yang digunakan dalam melakukan studi dokumen (1) mengumpulkan data berupa geguritan karya guru (2) membaca serta mencermati geguritan karya guru. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis melalui tahapan reduksi identifikasi deskripsi dan simpulan data. Teknik penarikan kesimpulan menggunakan teknik penarikan kesimpulan induktif. Berdasarkan hasil analisis data geguritan diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian. Pertama dalam aspek penggunaan referensi dalam geguritan karya guru terlihat penggunaan referensi yakni berupa referensi personal dan referensi demonstratif. Tetapi penggunaan referensi persona lah yang paling mendominasi dalam geguritan guru. Dari segi makna makna referensial yang paling banyak ditemukan pada aspek referensi pronomina persona. Kedua dalam geguritan karya guru guru juga menggunakan penanda gramtikal berupa substitusi. Jenis substitusi yang digunakan yakni substitusi nomina persona dan substitusi pronomina non persona. Dari kedua jenis substitusi ini mayoritas yang paling banyak ditemukan adalah substitusi pronomina persona. Substitusi ini dalam geguritan guru berfungsi untuk menggantikan nama orang bisa juga bukan nama orang. Pada aspek ini juga ditemukan banyak sekali jenis makna berupa makna referensial. Ketiga konjungsi yang paling banyak digunakan dan sering muncul pada geguritan yaitu konjungsi pertentangan. Penggunaan konjungsi ini sangat penting karena geguritan karya guru secara umum bila dicermati dari isinya isinya memang mengandung pertentangan. Pada aspek konjungsi ini jenis makna yang paling banyak ditemukan yaitu makna leksikal dan gramatikal. ABSTRACT Bashori Yazidil. 2017. Gramamtical Cohesion Marker in Geguritan Masterpiece of Javanese Teachers of Junior High School in Malang Year 2012. Thesis Study Program of Literature Education of Indonesian and Regional Language. Faculty of Literature. State University of Malang. Counselor Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd Keywords Grammatical cohesion and geguritan In the written discourse so that the relationship between sections in the text is achieved then the role of cohesion marker is needed. Such cohesion markers may be grammatical cohesion and lexical cohesion. However in this study only focuses on the markers of grammatical cohesion in the geguritan works of junior high school teachers in Malang city in 2012. The purpose of this study is to describe the markers of grammatical cohesion in the form of references substitutions and conjunctions in the geguritan works of Javanese teachers of SMP throughout Malang. This study used descriptive qualitative method. The object of this research is the geguritan of the Javanese language teacher of Junior High School in Malang city in 2012. The data source used in this research is the text of geguritan in the form of the line in the stance of geguritan. Data collection technique in this research is documentation technique. Document studies were used to obtain preliminary data on discourse tools in teacher work steps used in conducting document studies (1) to collect data in the form of teacher s disturbance (2) to read and to observe teacher s geguritan. The data that has been collected is then processed and analyzed through the steps of reduction identification description and data conclusions. The conclusion withdrawal technique using inductive drawing technique. Based on the results of data analysis geguritan obtained three conclusions research results. First in the aspect of the use of references in the teacher s work the use of references is in the form of personal references and demonstrative references. But the use of persona reference is the most dominant in teacher geguritan. In terms of meaning the most referential meanings are found in the reference aspects of pronouns persona. Secondly in teacher work teachers also use grammatical markers in the form of substitutions. The type of substitution used is substitution of noun persona and non-persona pronoun substitution. Of the two types of substitutions the majority of the most common are substitution of pronouns persona. This substitution in teacher geguritan serves to replace the name of the person can also not the name of the person. In this aspect also found many kinds of meaning in the form of referential meaning. Third the most commonly used conjunction and often appearing in geguritan is the conjunction of conflict. The use of this conjunction is very important because of the general teacher s geguritan when examined from its contents its contents do contain contradictions. In this aspect of conjunction the most common type of meaning is the lexical and grammatical meaning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9597

Actions (login required)

View Item View Item