Peningkatan kemampuan menulis teks biografi tokoh inspirasi menggunakan model project based learning pada siswa kelas X-IPS 2 SMAN 1 Bangil / Suci Wicah Yanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis teks biografi tokoh inspirasi menggunakan model project based learning pada siswa kelas X-IPS 2 SMAN 1 Bangil / Suci Wicah Yanti

Yanti, Suci Wicah (2017) Peningkatan kemampuan menulis teks biografi tokoh inspirasi menggunakan model project based learning pada siswa kelas X-IPS 2 SMAN 1 Bangil / Suci Wicah Yanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yanti Suci Wicah. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Biografi Tokoh Inspirasi Menggunakan Model Project Based Learning pada Siswa Kelas X-IPS 2 SMAN 1 Bangil. Skripsi Program S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Pidekso Adi M.Pd. Kata Kunci menulis teks biografi model project based learning Pembelajaran menulis teks biografi merupakan salah satu kompetensi dasar yang ada dalam Kurikulum 2013 jenjang SMA yang harus dikuasai oleh siswa kelas X. Tujuannya agar siswa dapat mengenal memahami dan menulis teks biografi dengan memerhatikan isi dan ciri bahasa teks biografi. Namun pada kenyataannya kemampuan menulis teks biografi siswa masih rendah. Rendahnya nilai siswa tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi menulis teks biografi. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks biografi. Salah satu model yang digunakan dalam pembelajaran menulis teks biografi yaitu model project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses belajar dan hasil menulis teks biografi menggunakan model project based learning pada siswa kelas X-IPS 2 SMAN 1 Bangil. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Pada setiap siklusnya dilaksanakan berdasarkan tahapan penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IPS 2 SMAN 1 Bangil yang berjumlah 36 siswa. Data penelitian meliputi data proses dan hasil. Data penelitian diperoleh melalui wawancara observasi angket dokumentasi dan tes. Analisis data proses pembelajaran dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif sedangkan hasil belajar dianalisis dengan cara mengumpulkan hasil menulis teks biografi menggunakan model project based learning mengoreksi dan menentukan skor berdasarkan rubrik penilaian. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa penggunaan model project based learning dapat meningkatkan proses dan hasil menulis teks biografi siswa. Pada peningkatan proses siswa telah mampu melaksanakan proses pramenulis menulis dan pascamenulis dengan baik. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil proses tahapan menulis siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata tahapan proses menulis adalah 81 47 dan masih ada beberapa yang belum mencapai KKM (78 00). Pada siklus II Nilai rata-rata proses tahap menulis siswa adalah 89 89 dan semua siswa sudah mencapai KKM (78 00). Selain itu pada peningkatan proses juga dilihat dari sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Siswa telah mengikuti pembelajaran dengan dengan disiplin aktif bertanya dan mengeluarkan pendapat siswa tidak menjiplak pekerjaan teman tepat waktu dalam mengumpulkan tugas dan percaya diri dalam menampilkan karya. Berdasarkan sikap siswa tersebut diketahui bahwa hampir seluruh siswa telah memberikan respon positif selama mengikuti pembelajaran. Respon siswa didapatkan dari angket yang berisi pernyataan terkait dengan proses pembelajaran menulis teks biografi menggunakan model project based learning. Hasil menulis teks biografi siswa X-IPS 2 mengalami peningkatan setelah menggunakan model project based learning. Peningkatan hasil menulis teks biografi menggunakan model project based learning dapat dilihat dari tiga aspek yaitu (1) struktur biografi (2) kaidah kebahasaan biografi (3) kemampuan berbahasa. Pada studi pendahuluan diketahui nilai rata-rata dari hasil menulis teks biografi siswa kelas X-IPS 2 adalah 70 39. Pada hasil menulis teks biografi studi pendahuluan terdapat sebanyak 11 siswa atau 30 56% memperoleh nilai di atas KKM (78 00) dan sebanyak 25 siswa atau 69 44% siswa masih memperoleh nilai di bawah KKM. Pada hasil menulis teks biografi siklus I sebanyak 63 89% atau 23 siswa sudah mencapai KKM dan sebanyak 36 11% atau 13 siswa dinyatakan belum mencapai KKM. Nilai rata-rata dari hasil menulis teks biografi pada siklus I adalah 78 67. Pada siklus II nilai rata-rata hasil menulis teks biografi adalah 89 92 dan seluruh siswa kelas X-IPS 2 SMAN 1 Bangil sudah mampu mencapai KKM (78 00). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model project based learning dapat meningkatkkan proses dan hasil dalam pembelajaran menulis teks biografi. Pada hasil penelitian ini disarankan pada guru agar dapat memilih model pembelajaran dengan tepat. Selain itu dapat menerapkan hasil penemuan ini sebagai inovasi pembelajaran bahasa Indonesia yang dapat menciptakan kreativitas siswa dalam menulis teks biografi. Selain itu bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan dan mengembangkan model project based learning menjadi lebih bervariasi pada pembelajaran menulis teks biografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9594

Actions (login required)

View Item View Item