Malagwar, Oktafina (2014) Unsur intrinsik puisi bebas karya siswa kelas VIII-B SMP Laboratorium Universityas Negeri Malang tahun ajaran 2013/2014 / Oktafina Malagwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Malagwar Oktofina. 2014. Unsur intrinsik Puisi Bebas Karya Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negari Malang. Pembimbing Dr. Roekhan M.Pd. Kata kunci unsur intrinsik puisi puisi bebas 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan unsur intrinsik puisi bebas karya siswa kelas VIII B SMP Laboratorium Malang ecara operasional diantaranya adalah mendeskripsikan penggunaan bunyi puisi mendeskripsikan penggunaan diksi puisi mendeskripsikan penggunaan tema puisi dan mendeskripsikan penggunaan amanat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Data yang dipaparkan berupa 20 puisi karya siswa sebagai sampel dari 39 puisi siswa kelas VIII B SMP Laboratorium Malang. 12288 12288 12288 12288 Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tugas menulis puisi dan Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tabel analisis data. Analisis data dilakukan dengan analisis struktural dan semiotik. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kecermatan ketekukan keajegan membaca dan pemeriksaan melalui diskusi dengan guru dan teman sejawa. 12288 12288 12288 12288 Disimpulkan bahwa unsur intrinsik bunyi diksi tema dan amanat puisi karya siswa kelas VII B SMP Laboratorium Malang saling berkaitan. Kriteria ketuntasan membuat puisi adalah (1) tema Sekolah frekuensi 15 ketuntasan belajar 38% (2) tema Doa frekuensi 13 ketuntasan belajar 33% (3) tema Cendrawasi frekwensi 8 ketuntasan belajar 21% tema Kasih sayang ibu frekwensi 2 ketuntasan belajar 5 % dan tema Cinta frekwensi 1 ketuntasan belajar 3%. Berdasarkan kesimpulan di atas diketahui bahwa puisi karya siswa kelas VIII B SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang kurang variatif dalam penggunaan manipulasi bunyi konsonansi rima konsonan rima vokal kata sifat dan privat simbol. Oleh karena itu guru harus menggunakan model atau contoh materi dan metode pembelajaran yang juga variatif khususnya dalam aspek yang kurang sehingga proses belajar sungguh-sungguh menjadi sarana bagi siswa untuk daya imajinasi dan kreativitasnya. Dengan demikian tema dan amanat pada puisi karya siswa kelas VIII B SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang juga variatif. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan tingkat pendidikan dapat memperkaya literatur bagi pembelajaran puisi siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Nov 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9570 |
Actions (login required)
View Item |