Tyas, Ika Elly Nurmaning (2014) Analisis teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 2 Papar tahun pelajaran 2013/2013 / Ika Elly Nurmaning Tyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tyas Ika Elly Nurmaning. 2013. Analisis Teks Pidato Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Papar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Roekhan M.Pd Kata kunci menulis teks pidato menulis teks pidato 12288 12288 12288 12288 Salah satu kompetensi dasar keterampilan menulis yang harus dikuasai oleh siswa SMP adalah menulis teks pidato. Keterampilan menulis teks pidato diajarkan kepada siswa dengan tujuan supaya siswa mampu menulis teks pidato dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menulis teks pidato dilakukan analisis teks pidato siswa. Penelitian ini adalah mendeskripsikan teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 2 Papar pada aspek sistematika isi penggunaan bahasa dan penggunaan ejaan. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah perintah dan petunjuk sedangkan alat bantu yang digunakan berupa panduan analisis. Data penelitian ini berupa teks pidato siswa kelas IX. Data-data tersebut kemudian dianalisis untuk memperoleh deskripsi tentang sistematika isi penggunaan bahasa dan penggunaan ejaan. Sumber data penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Papar yang terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 217 siswa. Dari 217 siswa dapat dikumpulkan 217 teks pidato yang selanjutnya 28 teks pidato untuk dianalisis. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data diperoleh tiga hasil penelitian. Pertama sistematika isi teks pidato meliputi salam pembuka sapaan pendahuluan kedalaman keluasan penggunaan humor simpulan harapan dan salam penutup. Kedua penggunaan bahasa meliputi kesepadanan kelogisan kesatuan dan kepaduan. Ketiga penggunaan ejaan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis teks pidato pada aspek sistematika isi diperoleh sembilan hasil penelitian. Pertama teks pidato bagian salam pembuka dengan penyusunan tepat sebanyak 19 siswa (67%) kurang tepat sebanyak 9 siswa (32%) dan tidak tepat sebanyak 0 siswa (0%). Kedua teks pidato bagian sapaan dengan penyusunan tepat sebanyak 20 siswa (70%) kurang tepat sebanyak 4 siswa (14%) dan tidak tepat sebanyak 4 siswa (14%). Ketiga teks pidato bagian pendahuluan dengan penyusunan tepat sebanyak 8 siswa (28%) kurang tepat 16 siswa (57%) dan tidak tepat sebanyak 4 siswa (14%). Keempat teks pidato bagian kedalaman dengan penyusunan tepat sebanyak 7 siswa (25%) kurang tepat sebanyak 18 siswa (64%) dan tidak tepat sebanyak 3 siswa (10%). Kelima teks pidato bagian keluasan dengan penyusunan sebanyak 3 siswa (10%) kurang tepat sebanyak 14 siswa (50%) dan tidak tepat sebanyak 11 siswa (38%). Keenam teks pidato bagian penggunaan humor dengan penyusunan tepat sebanyak 0 siswa (0%) kurang tepat sebanyak 0 siswa (0%) dan tidak tepat sebanyak 0 siswa (0%). Ketujuh teks pidato yang memiliki bagian simpulan dengan penyusunan tepat sebanyak 3 siswa (10%) kurang tepat sebanyak 13 siswa (46%) dan tidak tepat sebanyak 7 siswa (25%). Kedelapan teks pidato bagian harapan dengan penyusunan tepat sebanyak 4 siswa (14%) kurang tepat sebanyak 10 siswa (35%) dan tidak tepat sebanyak 12 siswa (31%). Kesembilan teks pidato bagian salam penuutup dengan penyusunan tepat sebanyak 5 siswa (17%) kurang tepat sebanyak 17 siswa (60%) dan tidak tepat sebanyak 7 siswa (25%). 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis penggunaan bahasa dalam teks pidato diperoleh empat hasil penelitian. Pertama kesepadanan dengan tepat sebanyak 4 siswa (14%) kurang tepat sebanyak 16 siswa (57%) dan tidak tepat sebanyak 8 siswa (28%). Kedua kelogisan dengan tepat sebanyak 5 siswa (17%) kurang tepat sebanyak 16 siswa (57%) dan tidak tepat sebanyak 7 siswa (25%). Ketiga kesatuan dengan tepat sebanyak 3 siswa (10%) kurang tepat sebanyak 20 siswa (70%) dan tidak tepat sebanyak 5 siswa (17%). Keempat kepaduan yang tepat sebanyak 3 siswa (10%) kurang tepat sebanyak 11 siswa (39%) dan tidak tepat sebanyak 14 siswa (50%). 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis penggunaan ejaan dengan tepat sebanyak 5 siswa (17%) kurang tepat sebanyak 17 siswa (60%) dan tidak tepat sebanyak 6 siswa (21%). 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dikemukakan tiga saran. Pertama bagi guru disarankan melakukan perbaikan pembelajaran menulis teks pidato supaya siswa lebih terampil menulis teks pidato. Kedua bagi peneliti selanjutnya disarankan melakukan penelitian pada aspek lain terkait dengan teks pidato misalnya gaya bahasa dalam teks pidato karangan siswa. Ketiga bagi siswa disarankan lebih giat belajar dan berlatih untuk menulis teks pidato dengan baik dan benar. 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Mar 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9562 |
Actions (login required)
View Item |