Savitri, Prisma Pratista Marta (2017) Pembelajaran memproduksi teks negosiasi pada siswa kelas X PJ A dan X PB A SMK PGRI 3 Malang / Prisma Pratista Marta Savitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Savitri Prisma Pratista Marta. 2017. Pembelajaran Memproduksi Teks Negosiasi pada Siswa Kelas X PJ A dan X PB A SMK PGRI 3 Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Martutik M.Pd. (2) Dr. Pidekso Adi M.Pd. Kata Kunci pembelajaran menulis teks negosiasi Pembelajaran yang direncanakan dengan baik tentu akan melahirkan kualitas siswa yang baik pula begitupun sebaliknya. Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X berbasis Kurikulum 2013 terdapat teks negosiasi yang perlu dipelajari siswa utamanya bagi siswa kejuruan. Berkaitan dengan teks negosiasi tersebut perlu adanya pembahasan mengenai kegiatan pembelajaran memproduksi teks negosiasi pada siswa kelas X SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara nyata tentang kegiatan perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran memproduksi teks negosiasi pada siswa kelas X PJ A dan X PB A SMK PGRI 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Kehadiran peneliti di lapangan mutlak diperlukan karena peneliti berperan sebagai instrumen utama sekaligus pengumpul data. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 3 Malang. Data perencanaan pembelajaran berupa komponen RPP. Data pelaksanaan pembelajaran berupa aktivitas siswa aktivitas guru interaksi antara guru dengan siswa dan interaksi antara siswa dengan siswa. Data penilaian pembelajaran berupa perangkat penilaian dan skor hasil karangan siswa. Sumber data penelitian meliputi (1) RPP guru (2) kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa di kelas dan (3) karangan siswa. Instrumen penelitian berupa panduan wawancara panduan analisis dokumen panduan observasi pelaksanaan dan panduan analisis penilaian pembelajaran. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tahap (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data dan (4) penyimpulan data. Data penelitian yang telah dianalisis kemudian diperiksa dengan teknik triangulasi data dengan sumber metode dan teori. Hasil analisis perencanaan pembelajaran diuraikan sebagai berikut. RPP disusun sendiri oleh guru di awal semester. Komponen RPP meliputi identitas RPP kompetensi inti kompetensi dasar dan indikator tujuan pembelajaran materi pembelajaran pendekatan dan metode pembelajaran media dan sumber belajar langkah-langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Adanya upaya menumbuhkan nilai sikap KI-1 (sikap spiritual) dan KI-2 (sikap sosial) serta pencapaian KI-4 (keterampilan). Kegiatan pembelajaran yang dirancang guru menerapkan pendekatan saintifik. Alokasi waktu yang dicantumkan guru berdasarkan ketentuan sekolah yaitu 40 menit setiap satu kali tatap muka. Hasil analisis pelaksanaan pembelajaran menunjukkan adanya aktivitas guru dan siswa yang terbagi atas tiga tahap kegiatan yaitu pendahuluan inti dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan aktivitas yang dilakukan yaitu salam menanyakan kabar siswa dan menanyakan kesiapan siswa untuk memulai pembelajaran. Pada kegiatan inti aktivitas yang dilakukan yaitu penugasanii membuat teks negosiasi (mencoba dan menalar) dan mengomunikasikan teks negosiasi yang telah dibuat. Pada kegiatan penutup aktivitas yang dilakukan yaitu memberikan penilaian secara lisan dengan berpedoman pada rubrik penilaian menyampaikan kegiatan tindak lanjut dan salam. Hasil analisis penilaian pembelajaran menunjukkan bahwa guru melakukan penilaian sikap dan penilaian keterampilan menggunakan berbagai teknik penilaian. Penilaian sikap dilakukan guru selama di kelas dengan menandai nama siswa yang aktif selama pembelajaran. Penilaian keterampilan belum sepenuhnya dilaksanakan di kelas dan belum dapat dipastikan dilakukan guru dengan berpedoman pada rubrik penilaian atau tidak karena guru hanya memberikan tanda tangan pada karangan siswa tanpa adanya skor dan catatan. Hasil penilaian karangan siswa menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh siswa masih di bawah KKM sekolah yakni 76 dengan rincian hanya ada 10 dari 61 siswa mampu meraih nilai sempurna. Simpulan dari penelitian ini dibagi berdasarkan fokus penelitian. Pertama komponen RPP yang disusun guru masih berpedoman pada Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 karena masih mencantumkan KI dan antar komponen RPP yang disusun guru belum sepenuhnya saling berkaitan karena dalam indikator dan tujuan pembelajaran terdapat kegiatan menyunting yang seharusnya dilaksanakan pada kompetensi selanjutnya. Kedua pendekatan saintifik belum terlaksana dengan maksimal selama pembelajaran karena guru belum sepenuhnya mampu menyesuaikan pembelajaran yang dirancang dengan kondisi siswa. Ketiga penilaian pembelajaran dilakukan guru dengan menggunakan berbagai teknik penilaian namun dalam pelaksanaannya guru belum memanfaatkan rubrik penilaian yang dicantumkan dalam RPP. Simpulan akhir dari seluruh kegiatan perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran memproduksi teks negosiasi yang dilakukan guru di kelas X PJ A dan X PB A dikatakan belum maksimal dan belum berhasil. Berdasarkan hasil penelitian terdapat tiga saran yang disampaikan yakni kepada (1) guru Bahasa Indonesia SMK PGRI 3 Malang pada kegiatan perencanaan guru disarankan agar lebih meningkatkan kemampuan dalam menyusun RPP dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang berlaku sehingga menghasilkan RPP yang sistematis dan operasional. Pada kegiatan pelaksanaan guru disarankan agar lebih variatif dalam menentukan pendekatan pembelajaran yang digunakan sehingga dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam belajar. Pada kegiatan penilaian guru disarankan agar lebih bervariasi lagi dalam menggunakan teknik penilaian dan memanfaatkan rubrik penilaian yag dicantumkan dalam RPP ketika pelaksanaan pembelajaran (2) untuk peneliti lain penelitian ini diharapkan dapat menjadi pijakan bagi peneliti lain untuk mengembangkan fokus penelitian dengan adanya penggunaan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif karena masih dalam tahap merekam kegiatan pembelajaran berupa perencanaan pelaksanaan dan penilaian dan (3) untuk siswa diharapkan agar lebih giat lagi dalam belajar memahami teks negosiasi dan lebih sering berlatih menulis teks negosiasi dengan memerhatikan kaidah bahasa dan penggunaan tanda baca sesuai ejaan bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |