Nilai pendidikan karakter pada tokoh perempuan dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer / Shofi Pratiwi

Pratiwi, Shofi (2017) Nilai pendidikan karakter pada tokoh perempuan dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer / Shofi Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Pratiwi, Shofi. 2017. Nilai Pendidikan Karakter pada Tokoh Perempuan dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer. Jurusan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd, (II) Musthofa Kamal, S.Pd,. M.Sn. Kata kunci: novel, perempuan, dan nilai pendidikan karakter. Pada kenyataannya, dewasa ini masih ditemukan fenomena dimana perempuan dipandang sebelah mata dan dinilai sebagai mahluk kelas dua setelah laki-laki oleh berbagai kalangan. Hal tersebut karena di Indonesia masih didominasi oleh budaya patriaki, yang artinya kekuasaan dan keputusan masih ditentukan oleh laki-laki. Pendidikan karakter idealnya tidak hanya diterapkan di lingkungan sekolah dan masyarakat, tetapi lingkungan keluarga menjadi pondasi awal dibentuknya karakter anak, terutama peran seorang ibu. Berawal dari tangantangan perempuanlah karakter seorang anak dapat dibentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter pada tokoh perempuan dalam novel Bumi Manusia. Novel Bumi Manusia menyajikan cerita realistik yang menggambarkan peristiwa pada jaman kolonialisme yang berisi nilai pendidikan karakter yang ada dalam masyarakat. Novel Bumi Manusia cenderung menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini adalah unit-unit teks yang mengandung nilai pendidikan karakter dalam novel Bumi Manusia. Sumber data penelitian ini adalah novel Bumi Manusia. Pada penelitian ini, peneliti bertindak sebagai human instrument yang bertugas mengumpulkan dan mengolah data. Selain itu, terdapat pula instrument pendukung yaitu, pedoman pengumpulan data. Prosedur pengumpulan dan analisis data dilakukan dengan tahapan berikut: (1) membaca secara seksama novel Bumi Manusia; (2) mengidentifikasi kutipan novel yang mengandung nilai karakter; (3) mengklasifikasi dan mengkode data berupa kutipan sesuai dengan nilai pendidikan karakter. Pengecekan keabsahan data dengan tahap berikut; (1) membaca secara berulang-ulang, (2) identifikasi secara seksama, (3) menelusuri kembali teori yang digunakan, dan (4) melakukan pengecekan sejawat. Hasil penelitian ini meliputi, nilai pendidikan karakter yang terkait dengan nilai ketuhanan, individu, dan sosial. Pertama, nilai pendidikan karakter yang terkait dengan nilai ketuhanan, yaitu tawakal dengan memohon dan meminta hanya kepada Allah sebagai Sang pencipta. Kedua, nilai pendidikan karakter yang terkait dengan nilai individu , meliputi (1) kerja keras mempertahankan harga diri dan untuk memenuhi kebutuhan keluarga, (2) bertanggungjawab terhadap keluarga, menjaga dan mendidik anak, (3) bersahabat/ komunikatif denganii sesama, (4) mandiri tidak bergantung kepada suami maupun orang lain, (5) terbuka terhadap orang baru, (6) tegas dalam menentukan sikap akan kehidupannya, (7) visioner terhadap hal baru, (8) teguh dalam mempertahankan harga dirinya, (9) percaya diri meskipun menghadapi orang yang lebih tinggi jabatan atau pendidikannya, (10) cinta ilmu dan berkemauan keras dalam mempelajari ilmu yang belum diketahui, (11) ulet dalam menyikapi permasalahan, (12) bergaya hidup sehat dengan memulai kebiasaan yang baik dan menciptakan hidup yang sehat, (13) ceria dalam menjalankan pekerjaan, dan (14) sabar menghadapi setiap ujian hidup. Ketiga, nilai pendidikan karakter yang terkait dengan nilai sosial, meliputi (1) peduli sosial terhadap lingkungan sekitar tempat tinggal, (2) menghargai keberagaman/ toleransi terhadap orang yang berbeda agama, suku maupun adat yang berbeda, (3) menghargai karya/ prestasi dengan memuji karya orang lain dan mengapresiasi prestasi tersebut, (4) santun terhadap orang yang lebih muda maupun yang lebih tua, dan (5) adil dengan tidak sewenang-wenang dalam menentukan masa depan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9548

Actions (login required)

View Item View Item