Implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Malang / Sri Niatus Sholehah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Malang / Sri Niatus Sholehah

Sholehah, Sri Niatus (2017) Implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Malang / Sri Niatus Sholehah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sholehah Sri Niatus. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Pembimbing (I) Dr. H. Imam Agus Basuki M. Pd. (II) Dr. Hj.Titik Harsiati M. Pd. Kata Kunci kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia Kurikulum 2013 merupakan upaya penyempurnaan kurikulum sebelumnya untuk mewujudkan sistem pendidikan nasional yang kompetitif dan relevan dengan perkembangan zaman. Aspek yang mengalami perubahan salah satunya yaitu adanya penambahan bobot dan dihilangkannya beberapa mata pelajaran yang kurang sesuai. Mata pelajaran Bahasa Indonesia dijadikan sebagai alat komunikasi sehingga proses pembelajaran bahasa Indonesia memliki peranan penting dimana kemampuan berbahasa menjadi alat komunikasi untuk menumbuhkan sikap identitas bangsa Indonesia yang berilmu dan bermartabat. Dilihat dari persiapannya mulai dari sarana prasarana fasilitas dan tenaga guru sudah cukup siap mengimplementasikan Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Malang yang terdiri dari (1) tahap perencanaan (2) tahap pelaksanaan (3) tahap penilaian dan (4) kendala penerapan Kurikulum 2013. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder yang berupa informasi baik lisan dan tulisan mengenai situasi kondisi yang ada di lapangan. Data tersebut diperoleh melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia kelas VIII D SMP Negeri 1 Malang. Penelitian ini dilakukan antara bulan maret 2015 di SMP Negeri 1 Malang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara metode dokumentasi dan metode observasi selanjutnya dianalisis dengan tiga prosedur yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi yakni menggabungkan teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa SMP Negeri 1 Malang telah menerapkan Kurikulum 2013 pada perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan tahap penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan guru menyusun rencana pembelajaran sesuai Kurikulum 2013 dengan berpedoman pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru telah menggunakan pendekatan saintifik yang terdiri dari kegiatan mengamati menanya mengeksplorasi mengasosiasi mengkomunikasikan sesuai dengan karakteristik Kurikulum 2103. Tahap penilaian guru melakukan penilaian auntentik dengan menilai sikap berdasarkan observasi reflektif antar peserta didik dan jurnal. Penilaian autentik selanjutnya dilakukan dengan menilai aspek psikomotor dalam bentuk penugasan tugasii protofolio tugas menulis dan rubrik. Kendala tersulit yang ditemukan adalah kurangnya antusias peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran dan kurangnya kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga menyebabkan ketidak sesuaian kegiatan pelaksanaan pembelajaran dengan RPP. Saran yang diberikan untuk mengatasi beberapa kendala tersebut yaitu menngoptimalkan implementasi Kurikulum 2013 dengan melakukan program-program penyuluhan sosialisasi serta melakukan pengembangan RPP. Guru disarankan agar menerapkan segala kreasi dan inovasi yang dimiliki dalam pelaksanaan pembelajaran guna menciptakan pembelajaran yang aktif di kelas karena guru merupakan bahan pembelajaran reflektif bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9547

Actions (login required)

View Item View Item