Pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis cara kerja otak SMA kelas X / Afra Daniswara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis cara kerja otak SMA kelas X / Afra Daniswara

Daniswara, Afra (2017) Pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis cara kerja otak SMA kelas X / Afra Daniswara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afra Daniswara. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Berbasis Cara Kerja Otak dan Asosiasi Kelas X SMA. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Roekhan M.Pd. (II) Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata Kunci bahan ajar cara kerja otak asosiasi. Salah satu tujuan pembelajaran sastra adalah mengembangkan kompetensi siswa dalam menulis puisi. Menulis puisi merupakan kegiatan sastra yang dapat melatih kepekaan emosi kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berimajinasi yang dituangkan dalam bentuk simbol tulisan. Sudah banyak materi ajar menulis puisi yang telah disusun. Materi ini bisa berbentuk buku ajar dan buku rujukan. Di sisi lain ilmu pengetahuan terus berkembang termasuk ilmu tentang cara kerja otak dan asosiasi. Silabus skenario media evaluasi dan materi pembelajaran menulis puisi hendaknya dirancang sesuai dengan kerja otak. Sayangnya sepanjang pengetahuan peneliti belum ada materi pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan cara kerja otak. Penelitian ini hendak mengembangkan materi pebelajaran menulis puisi berbasis kerja otak. Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran menulis puisi berbasis kerja otak (asosiasi) untuk siswa SMA. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran menulis puisi berbasis kerja otak (asosiasi) untuk siswa SMA yang efektif dari segi (1) isi (2) bahasa dan (3) tampilan. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan (R D) Borg dan Gall yang dimodifikasi. Prosedur atau langkah-langkah penelitian dilakukan lima tahap (1) kajian teoritik (2) perencanaan (3) penyusunan produk (4) uji lapangan dan revisi (5) produk akhir. Pengembangan bahan ajar diberi judul Buku Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Kerja Otak. Buku ini disusun atas (1) sampul luar (2) identitas di dalam buku (3) kata pengantar (4) kegiatan pendahuluan (5) kegiatan inti (6) kegiatan penutup (7) daftar pustaka dan (8) riwayat hidup. Kegiatan pembelajaran puisi diuraikan atas bagian (1) kegiatan pendahuluan (2) kegiatan inti dan (3) kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan dalam buku ini diberi judul Menu Pembuka Lembar Menyapa . Kegiatan pendahuluan disusun dengan tujuan untuk menyiapkan siswa dalam menulis puisi. Kegiatan inti pembelajaran menulis puisi merupakan kegiatan untuk membimbing dan mengembangkan kemampuan menulis puisi. Kegiatan inti dilakukan dengan mengikuti cara kerja otak dan asosiasi. Cara kerja otak diwujudkan dalam tahap-tahap pembelajaran menulis puisi yaitu (1) persiapan (2) akuisisi (3) elaborasi (4) formasi memori dan (5) integrasi fungsional. Asosiasi digunakan untuk model menulis puisi. Model yang dikembangkan meliputi model (1) similarity (kesamaan bentuk atau kata berirama) (2) figure/ground (pertentangan bentuk atau lawan kata) (3) clousure (pasangan bentuk) (4) similarity (bentuk yang mirip) (5) proximity (kedekatan makna). Kegiatan penutup berupa kegiatan untuk memberi kesempatan kepada siswa mengembangkan kemampuan menulis puisi dengan mengerjakan latihan. Uji produk dilakukan pada ahli pembelajaran menulis puisi praktisi pembelajaran menulis puisi dan siswa SMA. Dari hasil ujicoba segi isi materi dapat disimpulkan bahwa materi pembelajaran menulis puisi berbasis kerja otak dan asosiasi untuk siswa SMA dapat dikatakan layak. Hal ini didasarkan pada nilai rata rata dari uji ahli sebesar 3 1 uji praktisi sebesar 3 8 dan uji siswa sebesar 3 5. Dari segi bahasa materi pembelajaran menulis puisi berbasis kerja otak dan asosiasi untuk siswa SMA dapat dikatakan layak. Hal ini didasarkan pada nilai rata rata dari uji ahli sebesar 3 1 uji praktisi sebesar 3 3 dan uji siswa sebesar 3 4. Dari segi isi tampilan materi pembelajaran menulis puisi berbasis kerja otak dan asosiasi untuk siswa SMA dapat dikatakan layak. Hal ini didasarkan pada nilai rata rata dari uji ahli sebesar 3 4 uji praktisi sebesar 3 1 dan uji siswa sebesar 3 4. Ada beberapa saran yang bisa diberikan berdasarkan hasil penelitian ini. Pertama saran kepada guru bahasa Indonesia di SMA. Dalam membelajarkan menulis puisi guru bahasa Indonesia di SMA bisa menggunakan cara kerja otak dan asosiasi. Kedua saran untuk peneliti lain. Peneliti lain bisa menggunakan cara kerja otak dan asosiasi untuk mengembangkan bahan ajar cerita (cerpen anak cerita pendek novel) dan drama. Dalam mengembangkan bahan ajar peneliti lain bisa mengambil pelajaran dari hasil yang telah dilakukan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9546

Actions (login required)

View Item View Item